PEKAN RAYA FISIKA 2013: FISIKA FMIPA MEMBANGUN PERAN SAINTIS LEWAT SEMINAR NASIONAL

0 0
Read Time:2 Minute, 3 Second

Berangkat dari perkembangan dan peran saintis terhadap ilmu pengetahuan Fakultas MIPA FISIKA sukses adakan Seminar Nasional yang merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan PEKAN RAYA FISIKA 2013. Bertempat di gedung Auditorium Teknik Untad, kegiatan ini berlangsung pada hari selasa, 08 oktober 2013.

Dengan mengangkat tema “Peran Saintis Pada Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam” kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Universitas Prof.Ir.ZAinuddin, Ph.D. dalam sambutannya yang hangat beliau menyampaikan tentang pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan di bidang saintis ini “Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam, secara khusus Sulawesi Tengah yang juga begitu kaya akan sumber daya alam, namun dalam pengembangannya masih sangat kurang, sehingga kami mengaharapkan adanya saintis-saintis yang akan berperan dalam memberikan konstribusinya”ujarnya.

Seminar Nasional ini menghadirkan tiga nara sumber pilihan terbaik yakni : Prof.Satria Bijaksana Ph.d yang merupakan dosen ITB MIPA yang ahli dibidang geofisika, Dr.Musfirah C.F.Toana M.Si. merupakan dosen fakultas Mipa Untad dan sedang mengabdikan dirinya di Universitas Indonesia, Nara Sumber ketiga tidak kalah penting yaitu Kepala Dinas Sumber Daya Manusia Ir.Bambang Sunaryo. Partisipasi yang sangat baik terlihat dari jumlah peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Tadulako, dosen-dosen, dan juga siswa- siswi SMA.

Prof.Satrio Bijaksana Ph.d menjadi nara sumber pertama pada seminar ini, dengan tema materi “Perkembangan ilmu geofisika dalam eksplorasi sumber daya alam dan energy” dengan nuansa keakraban beliau menjelaskan tentang pembentukan Sulawesi, bagaimana cara memanfaatkan tantangan menjadi sebuah kesempatan, dan yang tidak kalah penting adalah penanaman karakter untuk bisa melakukan sesuatu untuk Indonesia.

“pada dasarnya Titanium dioksida hanya berupa batuan, dimana memiliki struktur-struktur atom yang iliminit, pengolahannya bisa dilakukan secara ekstrasi yaitu dengan menggunakan asam sulfat dan asam klorida. Sulawesi Tengah bisa mengambil peran untuk memanfaatkan material ini karena memiliki banyak manfaat” jelas Dr.Musfiraaaah C.F.Toana M.Si yang membawakan materi tentang “peranan Ilmu Material pada Ekraksi Bahan Alam Titanium Dioksida dan Besi”. Beliau juga memaparkan manfaat dari zat ini yang digunakan sebagai nanoteknologi.

Tidak kalah penting dari kedua materi tersebut adalah bahwa Sulawesi Tengah harus mampu menjawab tantangan yang ada sebagai salah satu sumber daya alam yang baik. Ir.Bambang Sunaryo mengulas dengan lugas bahwa provinsi SULTENG mempunyai banyak peluang untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada, menurut data yang ada bahwa Morowali, Banggai, dan Tojo una-una adalah penghasil nikel terbaik di Indonesia, dan ini merupakan wilayah Sulawesi tengah yang patut diapresiasi dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Hsd

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *