Grand design anakUntad = Komunitas Mahasiswa dan Alumni Universitas Tadulako

Komunitas ini pada awalnya bernama anakUntad.com dengan tag line “komunitas mahasiswa, dosen, staff dan alumni Universitas Tadulako”, yaitu sebuah komunitas kreatif lintas jurusan dan fakultas yang memiliki tujuan menggaungkan Untad ke tingkat nasional. Seiring berjalannya waktu banyak dari mahasiswa yang menganggap anakUntad.com hanyalah sebuah media seperti halnya mediatadulako.com dan untad.ac.id. Karena itu, dengan ini komunitas “anakUntad.com” kemudian bertransformasi menjadi komunitas “anakUntad”. Tag line-nya pub berubah dari “komunitas mahasiswa, dosen, staff dan alumni Universitas Tadulako” berubah menjadi “komunitas mahasiswa dan alumni Universitas Tadulako”. Berubahnya tag line ini dikarenakan anakUntad memiliki gerakan yang berbasis pada mahasiswa dan alumni Untad yang tidak lain merupakan stakeholder utama Kampus.

Walau demikian, anakUntad.com tidak serta-merta hilang, anakUntad.com tetap ada namun dengan visi yang berbeda. Kini dengan wajah anakUntad yang baru maka anakUntad.com fokus sebagai media aspirasi dan kreativitas mahasiswa. Bisa dibilang anakUntad.com adalah media milik anakUntad. Namun tidak hanya sampai disitu, kedepan anakUntad akan memiliki banyak bidang/anak-anak komunitas yang dirincikan sebagai berikut:

1. anakUntad.com = merupakan media independent bagi seluruh civitas Untad untuk berbagi informasi, aspirasi dan berbagai kreativitas mahasiswa Untad lainnya. Media ini akan berbasis pada website www.anakuntad.com. media anakUntad.com hadir dengan paradigma baru, yaitu “Our Campus, Our Responsibility” bahwa kewajiban memosting informasi adalah kewajiban kita semua, bukan admin. Untuk mengetahui lebih jauh tentang anakUntad.com silahkan berkunjung ke websitenya.
2. anakUntad Accessories = merupakan sebuah wirausaha yang di galakkan oleh anakUntad dengan visi untuk menjadi pusat oleh-oleh khas Untad. anakUntad Accessories akan memproduksi dan menjual berbagai aksesoris seperti; pin, gantungan kunci, stiker, polpen, plakat, slayer, kaos, dll. Hadirnya anakUntad Accessories juga tidak lain merupakan gerakan kampanye anakUntad untuk membangun harapan, mentalitas serta karakter mahasiswa Untad untuk lebih giat berkarya dan berprestasi melalui pesan-pesan yang didesain semenarik mungkin dalam dan kemasan aksesoris tersebut.

3. anakUntad Advertising = sama halnya dengan anakUntad Accessories, anak Untad advertising juga badan wirausaha anakUntad yang bergerak dalam bidang percetakan. Visi anakUntad advertising ialah menjadi pusat Percetakan seluruh civitas Universitas Tadulako. Seperti percetakan buku, baliho, spanduk, poster, majalah, sertifikat, dll. Dengan demikian seluruh aliran ekonomi civitas akademika untad akan terus berputar, oleh, dari dan untuk anak Untad sendiri.

4. anakUntad Animation = merupakan bidang komunitas anakUntad yang bergerak dalam bidang kartunis, animasi dan game. anakUntad Animation nantinya akan menerbitkan komik dan membuat tokoh anakUntad yang akan terbit /edisi. Komik yang dibuat nantinya juga akan dicetak dan di terbitkan dan diperjual-belikan oleh anakUntad Advertising. Selanjutnya tokoh anakUntad tadi akan dibuat dalam versi animasi dan game anakUntad.

5. anakUntad Phtograph = merupakan bagian dari anakUntad yang bergerak dalam bidang fotografi. anakUntad Photograph hadir untuk mengabadikan seluruh aktivitas kampus Untad dalam citra fotografi. Seluruh hasil fotografi nantinya akan dapat di publish sendiri dalam website anakUntad.com bersama-sama dengan anakUntad Accessories, Advertising, Animation, dll. Sehingga anakUntad.com dapat memenuhi visinya sebagai wadah kreativitas anak-anak Untad nantinya.

6. anakUntad Pictures = berbeda dengan anakUntad Photograph, anakUntad Pictures bergerak dalam bidang perfilman. anakUntad Pictures nantinya akan melahirkan berbagai film pendek maupun film dokumenter tentang Untad. anakUntad Pictures nantinya juga dapat menjadi pusat order bagi birokrasi maupun lembaga dalam membuat video profil institusinya. Penyampaian pesan-pesan moral melalui film pendek untuk memotivasi mahasiswa Untad juga dapat dilakukan oleh anakUntad Pictures.

7. anakUntad OpenSource = merupakan bagian dari anakUntad yang bergerak dalam bidang IT dan pemograman. anakUntad OpenSource dapat menjadi komunitas bagi para programer untad untuk melahirkan berbagai karyanya seperti aplikasi, dll. Semua hasil-hasil anakUntad OpenSource dapat di diskusikan dan dipublikasikan dalam website anakUntad.com

8. anakUntad Foundation = merupakan bagian dari anakUntad yang bergerak dalam bidang Sosial dan pengembangan SDM. anakUntad Foundation kurang lebih semacam yayasan yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi. anakUntad Foundation juga dapat berperan aktif dalam melakukan aksi-aksi peningkatan SDM mahasiswa Untad. Dana anakUntad Foundation nantinya diperoleh dari sebagian keuntungan anakUntad Accessories dan anakUntad Advertising serta donasi teman-teman mahasiswa, dosen, staff dan birokrasi kampus, serta tidak menutup kemungkinan adanya donasi dari pihak luar. Dengan demikian seluruh aktivitas anakUntad hasilnya akan kembali untuk anak-anak Untad itu sendiri.

Demikianlah grand design anakUntad. Mari bersama-sama mewujudkan mimpi ini dalam 3 TAHUN kedepan! anakUntad akan terus berkomitmen menjadi komunitas mahasiswa dan alumni yang besar dan terus tumbuh mengikuti kebutuhan anak Untad.

Ayo bergabung bersama kami, turut mengambil aksi nyata. Menggaungkan Alamamater ke tingkat nasional. Dengan karya, aksi dan prestasi.

Untuk saran, masukan dan pertanyaan, hubungi kami di:
Email : anakuntad@gmail.com
Website : www.anakuntad.com
Official Fanspage FB: anakUntad.com

Best Regards
-anakUntad-


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *