HIMA PPKN MORALITY REFLEKSI HARI KESAKTIAN PANCASILA

Tepat pada hari selasa (1/10) Himpunan Mahasiswa PPKN Morality Untad melakukan aksi damai di depan gerbang UNTAD, aksi cinta terhadap Hari Kesaktian Pancasila. Di ketuai oleh Bayu Rifaldi yang merupakan Mahasiswa prodi PPKN, kegiatan ini berlangsung dengan baik, di mulai pukul 07:30 WITA. Dengan menyebarkan brosur yang bertuliskan “PANCASILA RUMAH KITA, Kesaktian Pancasila 1 oktober” ini diharapkan mahasiswa Untad menyadari arti penting dari Pancasila itu sendiri. Bahwa tugas mahasiswa tidak hanya menjadi seorang pelajar di kampusnya, akan tetapi juga bisa membangun nasionalisme dikalangan insan pendidikan di seluruh Indonesia dan menjadikan pancasila sebagai pribadi bangsa. Dengan membaca brosur tersebut refleksi terhadap hari kesaktian pancasila akan tercipta dengan kesadaran yang lahir dari nilai-nila yang luhur.

Kegiatan aksi damai ini mengangkat tema “ Membangun Karakter Bangsa yang Cerdas, Kreatiff, dan Dinamis Guna Terbentuknya Bangsa yang Berdasarkan Pancasila”. Mengutip untaian kalimat Soekarno Hatta yang juga tertera dalam brosur HIMA PPKN MORALITY bahwa “ pancasila adalah salah satu Weltanscahuung. Satu dasar falsafah, pancasila adalah satu alat pemersatu bangsa yang juga pada hakikatnya mempersatukan dalam perjuangan melenyapkan segala penyakit yang telah dilawan berpuluh puluh tahun terutama imperialism. Perjuangan satu bangsa, perjuangan melawan imperialsm, perjuangan mencapai kemerdekaan, perjuangan suatu bangsa, perjuangan yang membawa corak-corak sendiri. Tidak ada bangsa yang cara berjuangnya sama. Tiap-tiap bangsa mempunyai cara berjuang sendiri. Oleh karena itu pada hakikatnya bangsa sebagai individu mempunyai kepribadian sendiri. Kepribadian yang terwujud dalam berbagai hal, dalam kebudayaan, perekonomian, wataknya, dan sebagainya”.

Tidak hanya itu dengan memperlihatkan spanduk yang bertuliskan “Dalam Rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Mari Kita Wujudkan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa” menjadi salah satu media untuk menarik perhatian mahasiswa Untad untuk turut peduli terhadap hari penting ini, hari dimana pancasila dibangun dalam perbedaan dan dipertahankan juga karena perbedaan.

Ditemui awak media Nasran salah satu anggota HIMA PPKN Morality berharap dengan kegiatan aksi damai ini bisa menjadi refleksi untuk bangsa Indonesia “Dengan momentum hari kesaktian pancasila kita jadikan sebagai tonggak kemajuan bangsa dan Negara RI”, Tutupnya.Hsd


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *