Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tokoh & Inspirasi

Tofan dan Gerakan 1000 Buku

Ditulis Oleh anakuntad.com

Moh. Tofan Saputra, mahasiswa pada jurusan perikanan FAPETKAN UNTAD menginisasi lahirnya gerakan 1000 Buku untuk anak-anak kawasan pesisir. Tofan dan team kemudian mendirikan Rumah Bahari Gemilang (Rubalang) sebagai tempat lahirnya gerakan tersebut. Donate Your Book atau Gerakan 1000 Buku adalah sebagian kecil program yang dicanangkan oleh Rubalang. Program-program unggulan lain diantaranya, Rumah Baca, Bahari Infocenter, Rubalang Scholarship, Sosiopreneurship dan Parenting Child. Kelima program ini khususnya diprioritaskan buat anak-anak dan remaja dipesisir di desa Lero, Kec. Sindue, Kab. Donggala. Maklum di daerah ini tingkat putus sekolah anak sangat tinggi.

Dengan memanfaatkan kesempatan yang tersedia, Tofan kemudian memasukkan gagasannya tersebut dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh DIKTI. Bersama teamnya Tofan menulis Proposal PKM untuk bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. DIKTI yang melihat ide tersebut pun tertarik untuk mengimplementasikan gagasannya. Proposal PKMnya yang judul “RUMAH BAHARI GEMILANG: Solusi Pendidikan Untuk Anak Pesisir Berbasis Multiple Intelligence di Desa Lero Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala” pada akhirnya lolos dan dinyatakan layak untuk di danai. Namanya tercatut dalam daftar 7.307 Proposal PKM yang layak didanai tahun 2014.

Kini Tofan tengah menggalang buku untuk mengimplementasikan gagasannya tersebut. Deadline pengumpulan bukunya sampai 10 Februari 2014 dan akan launching di hari ke 15 bulan febrari tahun ini. DIKTI saja mengapresiasi idenya, masa kita tidak? Mari kita bantu Tofan dan teamnya dengan cara menyumbangkan sebagian buku layak baca yang kita miliki. Bukunya dapat berupa buku tulis, buku agama, buku cerita, buku pelajaran, komik dan majalah, serta berbagai perlengkapan sekolah.

Sebab, “turut mencerdaskan bangsa” adalah tugas kita semua. Dan mendidik adalah tugas bagi setiap orang terdidik. 🙂

Tofan dapat dihubungi disini >> https://www.facebook.com/moh.tofansaputra  (CP: 085341164845)

Tentang Penulis

anakuntad.com