Komunitas anakUntad : Masih Berbagi, Tetap Menginspirasi

IMG_4818Pada tanggal 06 Desember 2014 lalu Komunitas anakUntad telah melaksanakan kegiatan “tadulako menginspirasi”. Apa itu Tadulako Menginspirasi?, Yups Tadulako Menginspirasi merupakan ajang apreasiasi mahasiswa berprestasi dan menjadi wadah bagi para mahasiswa berprestasi tersebut untuk berbagi ide, motivasi dan karyanya. Tujuan digelarnya event ini adalah untuk memotivasi seluruh mahasiswa Universitas Tadulako yang haus akan inspirasi. Tahun ini adalah kali kedua digelarnya Tadulako Menginspirasi
Event yang mengusung tema “dari Tadulako untuk Indonesia” ini dihelat di Auditorium Universitas Tadulako. Begitu besar antusias dari para mahasiswa Untad untuk mengikuti Tadulako Menginspirasi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang menghadiri acara ini sekitar 1069 mahasiswa .
Mengawali kegaitan ini, para tim Pelangi menyuguhkan sebuah penampilan Drama. Setelah itu kegiatan dibuka secara resmi oleh Bapak Asmadi Weri,SH, MH, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Tadulako.
Salah satu rangkaian awal kegiatan Tadulako Menginspirasi ini adalah “Launching Komunitas anakUntad” sebuah komunitas yang didirikan sejak bulan Juli 2013 lalu. Satrio Amrullah sebagai founder Komunitas anakUntad dalam sambutannya menyatakan bahwa hadirnya Komunitas anakUntad ini diawali dengan sebuah aksi membangun sebuah website anakuntad.com. “Alasannya karena website adalah jembatan informasi dunia. Sehingga tidak perlu ribuan mahasiswa di kampus lain berkunjung ke Untad hanya untuk mengabari Untad kepada mereka melainkan cukup mempublikasikan informasi dalam website dan jutaan mahsiswa di luar sana tahu tentang Untad,”jelas Satrio.
Ada empat agenda utama dalam kegiatan Tadulako Mengisnpirasi yakni speakup dan talk show dari 10 inspirator, opportunities gallery walk, dan Untad Heroes Award.
10 mahasiswa yang menjadi inspirator di ajang Tadulako mengisnpirasi ini adalah :
1. Nurhafizah (Runner Up Social Enterpreneur Project Group Nusantara Leadership Camp 2014 Malaysia, Mawapres Utama Universitas Tadulako 2014)
2. Lisa Marina Putri Tahoro (Finalis Putri Indonesia 2014 )
3. Moh. Adhan Rusdin (Peraih Medali Emas Pencak Silat Belgium Open Championship Belgia 2013 & Sea Games Myanmar 2013)
4. Rika Marina (Delegasi Indonesia Asian Medical Students’ Conference 2012, Seoul, Korea Selatan. Participant International Student’s Program held in Toyohashi University, Japan, 2014)
5. Afrianti (Ketua Koalisi Pemuda Hijau Sulteng, Best Presenter Global Youth Meet India 2014)
6. Rafani Tuahuns (Ketua UPIM Untad, Finalis MTQ Mahasiswa Nasional 2013)
7. Sukri (Finalis OSN Pertamina 2014, Founder Rumah Kalkulus)
8. Jefrianto (Duta Sulawesi Tengah di Indonesian Youth Conference 2012, Penulis Aktif, Penggasa Gerakan Tadulako Menulis)
9. Oprizal Lasaip (Finalis Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2014 Palangkaraya, Seniman)
10. Andi Rizky Hardiansyah (Finalis Indonesian Scholars International Convention London 2013, Founder Anoa Studio)

Andi Rizky Hardiansyah mengawali agenda Speak Up dengan mengusung tema “Creat Your Own”. Setelah itu diselingi dengan penampilan dari Stand Up Comedy Untad kemudian dilanjutkan dengan Talkshow yang pertama dengan menghadirkan pembicara yakni mahasiswa asal Fakultas Ekonomi,Nurhafizah dan Oprizal Lasaip dari Prodi Bahasa Indonesia FKIP. Dalam talk show ini Nurhafizah berbagi informasi seputar mahasiswa berprestasi mulai dari pengalamannya, tahap – tahap seleksi mawapres hingga hal – hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi mahasiswa berprestasi.Info seputar PEKSIMINAS pun termasuk dalam isi talk show ini ,disampaikan oleh Oprizal Lasaip yang baru saja mengikuti ajang PEKSIMINAS 2014, untuk Kategori Cerpen yang berjudul “Striptis Mistikus”.
Agar para peserta tadulako menginspirasi ini tidak merasa jenuh, maka kegiatan ini di isi dengan beragam hiburan seperti Dance Bollywood yang ditampilkan oleh Bollywood Dosty Community, RACENTA, PSM , Nyanyian Accoustic yang dibawakan oleh Anggota sanggar dan Seni Tirani FKIP.
Sembari menanti waktu Istirahat, para peserta Tadulako Menginspirasi dipersilahkan untuk mengunjungi Stand Opportunities Gallery Walk. Stand tersebut diisi oleh para alumni berbagai event nasional seperti ON MIPA, PIMNAS, OSN PERTAMINA, PEKSIMINAS, POMNAS, MTQ-M, NUDC. Selain itu, dalam stand ini juga dihadiri oleh mahasiswa penerima beasiswa seperti GenBI, Permadanidiksi & Beswan Djarum. Satu hal yang berbeda untuk stand Opportunities Gallery walk dari tahun sebelumnya adalah hadirnya tim Social Project yakni RUBALANG dan Sahabat Pulau Palu.
Setelah istirahat acara kembali dilanjutkan dengan penampilan dari salah satu Keynote Speaker yakni Jefrianto. Mengusung tema “SCRIBO ERGO SUM, SAYA MENUIS MAKA SAYA ADA”secara lugas Jefri berbagi motivasi seputar dunia kepenulisan. Dalam penyampaiannya, Jefri juga sempat menampilkan beberapa karyanya baik di tingkat lokal maupun nasional salah satunya adalah karya nasional yang diterbitkan di majalah ASASI dengan judul tulisannya yaitu Perjuangan Hidup Wanita Perkasa Setelah Prahara 1965.

Penampilan dari tim Sorinjhi Kempo dan Costume Play menjadi transisi program talk show berikutnya. Untuk talk show kedua menghadirkan tiga orang mahasiswa yakni Sukri, Rafani Tuahuns dan Ryka Marina. Talk show yang mengusung tema “Great Inside Either Outside” membahas tips menjadi mahasiswa yang sukses dari sisi akademik dan organisasi.
Prestasi yang diraih oleh mahasiswa Universitas Tadulako begitu luar biasa. Salah satunya adalah tim OTORITER yang baru saja mendapat predikat ke-5 di ajang Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014. Tim yang rencananya akan bertolak ke Filiphina tahun 2015 mendatang ini pun turut hadir dalam kegiatan Tadalako menginspirasi dengan membawa Mobil Hemat Energi.
Masih dari Fakultas Teknik, tim Robotech turut memeriahkan kegiatan Tadulako mengisnpirasi 2014 dengan menampilkan sebuah karya berupa Robot Menari.
Afrianti menjadi keynote speker terakhir di acara Tadulako mengisnpirasi 2014. Mahasiswi yang pernah menjadi The Best Presenter Global Youth di India ini menyampaikan ide dan karnyanya dengan format speak up.
Tadulako Menginspirasi 2014 diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa paling kontributif versi Komunitas anakUntad. Sepuluh mahasiswa yang merupakan inspirator tadulako menginspirasi 2014 menjadi nominasi Untad Heroes Award. Akhirnya, terpilihlah Andi Rizky Hardiansyah sebagai penerima gelar Untad Heroes 2014.
Demikianlah informasi seputar Tadulako Menginspirasi 2014. Nantikan kejutan Tadulako Menginspirasi tahun depan yaa 🙂


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *