10 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum dan Saat KKN

Bulan Januari adalah bulan yang sibuk bagi para mahasiswa semester “menengah”. Di saat mahasiswa lainnya tengah menikmati “liburan” usai menghadapi ujian semester, mahasiswa semester “menengah” harus bersiap-siap melaksanakan salah satu kegiatan wajib yang disebut KKN.

KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Selama kurang lebih 2 bulan (3 bulan untuk mahasiswa FKIP), kamu akan terjun langsung dalam kehidupan masyarakat dan berproses bersama mereka. Untuk menghadapi lingkungan baru, masyarakat baru, dan segala sesuatu yang baru, tentunya kamu butuh persiapan.

Nah, bagi kamu yang akan mengikuti KKN tahun ini, berikut ini hal – hal yang perlu kamu persiapkan sebelum turun KKN;

1. Berusaha Mengubah Kebiasaan Buruk di Kost/Rumah

Mungkin sebagian di antara kalian ada yang nge-kost atau anak rumahan. Tentunya kita punya kebiasaan masing–masing dalam mengatur diri dan tempat tinggal. Nah, kamu yang mungkin selama ini punya kebiasaan buruk seperti bangun telat, malas bersih–bersih rumah, dan kebiasaan buruk lainnya, sebaiknya mulai meninggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Mengapa? Karena pada saat KKN nanti, kamu bakalan tinggal bersama teman–teman KKN yang lain dalam satu posko. Malu dong, kalau kamu sukanya bangun telat apalagi malas bersih–bersih. Pasti teman–teman kamu nanti bakalan ilfil sehingga hubungan antara kamu dan teman–teman yang lain bisa jadi kurang baik. Tentu, gak mau kan kalau hal ini terjadi?

2. Mengubah Kebiasaan Buruk di Kampus

Kamu yang mungkin suka datang lambat ke kampus, lambat kumpul tugas kuliah, dan lain–lain, sebaiknya harus mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut. Sebab pada saat KKN nanti kamu dituntut untuk selalu tepat waktu , terutama jika berurusan dengan pejabat daerah dan tokoh masyarakat. Kamu juga bakal menghadapi berbagai kegiatan kemasyarakatan yang nantinya akan dimintai laporannya. Kamu nggak mau kan memberi kesan buruk pada para pejabat daerah dan tokoh masyarakat atau kewalahan mengerjakan laporan dengan model SKS (sistem kebut semalam)?

3. Kemampuan Bersosialisasi

Saat KKN nanti, tentunya kita akan berinteraksi dengan masyarakat luas. Tentunya dibutuhkan kemampuan lebih dalam berkomunikasi dan kelihaian untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Bagi kamu yang merasa memiliki kekurangan dalam hal yang satu ini, kamu perlu berlatih mulai dari sekarang agar nantinya mampu bersosialisasi dengan baik. Komunikasi yang baik dengan tetangga kost bisa menjadi ajang latihanmu dalam bersosialisasi dengan orang lain. Berinteraksi dengan birokrasi kampus mungkin juga perlu, agar kamu nantinya terbiasa berinteraksi dan menjalin relasi dengan para pejabat daerah seperti camat, lurah/kepal desa, bahkan kepala dusun dan ketua RT/RW.

4. Belajar Bikin Surat, Proposal Kegiatan, dan LPJ

Ini adalah satu hal yang paling urgent harus kamu ketahui, terutama yang menjadi Koordinator Kecamatan dan Koordinator Posko. Bagi kamu yang bergiat di organisasi kemahasiswaan, surat menyurat mungkin bukanlah hal yang baru buat kamu. Namun, bagi kamu yang belum familiar dan terbiasa, sebaiknya kamu mulai mengenal dan mempelajarinya. Ini penting, karena nantinya saat kamu berada di lokasi KKN, pasti kamu akan membuat suatu kegiatan dan kegiatan tersebut pasti memerlukan administrasi seperti surat, proposal, dan laporan pertanggung jawaban.

5. Kemampuan berbicara di Depan Umum

Berani tampil di depan umum itu perlu. Mungkin saja kamu bakalan mengadakan sebuah kegiatan dan pasti ada yang namanya pemandu acara. Malu kan, kalau misalnya seorang mahasiswa nggak bisa jadi MC. Selain itu jika masyarakat di tempat kamu KKN mengadakan acara seperti pesta pernikahan, aqiqah, dan lain-lain, biasanya mahasiswa KKN yang didaulat jadi MC. Bagi laki – laki yang muslim, belajar berkhutbah juga penting. Kali aja, pas lagi Shalat Jum’at, tiba – tiba kamu diminta untuk jadi khatib.

6. Peralatan Penting

Saat KKN, dalam satu posko wajib punya printer dan kamera. Minimal satu saja per posko. Printer akan berfungsi untuk mencetak file–file seperti surat undangan, laporan dan lain–lain. Nah, kalau kamera bukan buat foto–foto selfie nih, kamera penting untuk mendokumentasikan kegiatan kemasyrakatan. Karena nantinya akan diminta laporannya oleh dosen saat monev.

7. Bangun Komitmen dari Awal

KKN itu kayak mau menempuh hidup baru. Iya, karena selama 2 bulan (3 bulan bagi mahasiswa FKIP), kamu akan bersama–sama orang baru dengan suasana baru juga. Pertama kali kamu berkumpul dengan teman satu posko, penting sekali agar membangun komitmen dari awal. Mulai dari jadwal piket bersih–bersih, masak atau tugas–tugas yang lain. Bahkan yang berhubungan dengan finansial juga perlu dibuat komitmen. Yah contohnya kalian mungkin berkomitmen, setiap orang kumpul uang perminggu untuk kebutuhan sehari–hari.

8. Lunasi Hutang

Hutang dengan siapa pun itu wajib kamu bayar yaa. Apalagi kalau kamu akan KKN dalam jangka waktu yang lumayan lama. Maka kamu harus terbebas dari yang namanya hutang. Mungkin hutang sama tetangga kost atau pembayaran kost.

9. Pakaian

Saat KKN nanti, Kamu tidak bisa hanya mengandalkan jaket KKN saja, jangan lupa bawa juga almamater. Pakaian hitam putih juga perlu (bagi mahasiswa FKIP) plus baju olahraga. Bagi yang cewek, jangan bawa pakaian-pakaian yang mencolok, ketat, dan tipis (terkesan tembus pandang). Masyarakat pastinya akan memperhatikan gerak-gerik dan apa yang kamu kenakan jadi berusahalah untuk tampil wajar dan tidak mencolok.

10. Khusus mahasiswa FKIP

Bagi kamu mahasiswa FKIP, saat KKN juga dirangkaikan dengan kegiatan PPL. Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan seperti bahan ajar, silabus, dan media pembelajaran. Sebelum PPL sebaiknya kamu telah menguasai materi. Sebab, saat KKN plus PPL  nanti kamu tidak akan punya waktu luang untuk belajar lagi. Selain itu, saat PPL nanti kamu juga perlu menjalin interaksi yang baik dengan guru – guru, kepala sekolah dan siswa–siswa yang kamu ajar nantinya. Pendekatan humanistik penting untuk kesuksesan mu saat PPL.

Well Guys, inilah sekilas informasi penting buat kamu yang akan menghadapi KKN. Bagi kamu yang punya tips lain, silahkan komentar di postingan ini.

Tulisan ini berdasarkan hasil survey beberapa mahasiswa yang telah mengikuti KKN.

 

Baca juga:

5 Hal Yang Harus di Lakukan Oleh Calon Mahasiswa KKN


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags: