Tips & Trick

5 Hal Yang Harus di Lakukan Oleh Calon Mahasiswa KKN

Ditulis oleh Retno Budiasih

Halo guys, lagi sibuk apa saat ini, ada kabar baik nih untuk kalian semua, terutama mahasiswa semester atas yang saat ini lagi sibuk persiapan turun KKN 75. Yaps kalian yang rata-rata turun adalah mahasiswa angkatan 2013 dan sebgaian kecil 2014 dan angkatan atas. Tapi apapun angkatannya mniumnya tetap teh botol sosro yah.. eh tetap mahasiswa untad maksudnya.

KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah bentuk kegiatan pengabdian kpeda masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi  untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakulikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi. Calon mahasiswa KKN angkatan 75 kali ini  berjumlah 1031 mahasiswa dan di distribusi di dua kabupaten dan Kota yakni Kabupaten Sigi-Biromaru dan kabupaten Mamuju Utara serta Kota Palu dengan 15 kecamatan. rentang waktu KKN kali ini adalah sekitar satu bulan, nukan waktu yang lama namun juga bukan waktu yang singkat untuk tidak melakukan persiapan ya.

Nah buat kamu mahasiswa yang akan turun KKN ada 5 hal yang harus kamu persiapkan dan lakukan sebelum turun.
1.    Perbaiki niatmu sebelum turun ber-KKN
Untuk yang satu ini sangat  penting ya.  untuk mahasiswa KKN khususnya angkatan 75 kali ini. karena priode ini hanya di buka di dua kecamatana saja, yakni  kabupaten Sigi dan Mamuju Utara saja. Nah buat yang punya mindset KKN itu harus jauh ada petuah bijak yang mesti kamu renungi. “Kualitas Terbaik, Untuk Sebuah Pengabdian: Jarak bukanlah hal yang harus kita persoalkan, karena mungkin itulah tempat terbaik . Karena pengabdian bukan tentang letak geografis. Bukan tentang dengan siapa kita melakukan pengabdian. Tapi, bagaimana kita melakukan itu untuk sebuah kebermanfaatan, karena ia adalah loyalitas tertinggi dari sebuah pengabdian” (KH-Calon Mahasiswa KKN 75).  Niat ini penting loh, soalnya semua dapat berawal dari niat, apa yang kita dapatkan pada proses KKN itu sesuai dengan niat kita sebelum berangkat KKN ya.
2.    Mengikuti rangkaian agenda persiapan KKN dari pihak pnitia LPPM
Agenda wajib yang dilaksanakan pantia tepatnya ada dua yakni Pra pembekalan dan Pembekalan KKN.  Pra Pembekalan adalah agenda yang di dalamnya membahas tentang persiapan untuk pembekalan,dan  aturan pada saat pembekalan, mulai dari kostum yang di gunakan sampai waktu kedatangan. Dan pembekalan adalah agenda dimna calon mahasiswa KKN akan di berikan materi seputar pengetahuan dasar sebelum tururn ke masyarakat. nah dua agenda tersebut akan sangat membosankan jika kalian datang tanpa persiapan, untuk kalian yang punya sifat cepat bosan terhadap suatu aktivitas statis dalam waktu yang lama, kali ini kamu mesti sedikit berkorban. admin akan berikan tips mengatasi bosan saat kalian di hinggapi rasa bosan ya. tapi sebelum itu kamu mesti tau kenapa kamu wajib untuk mengikuti seluruh rangkaian agenda persiapan KKN.
a.    Ilmu adalah pemimpin amal, dan amal adalah pengikut ilmu (dari kitab al-Amru bil ma’ruf wan nahyuanil munkar : Ibnu Taimiyyah:15). Maksudnya adalah sebelum kalian benar-benar di lepaskan turun ke masyarakat oleh pihak universitas kalian harus tahu dulu ilmunya agar ketika kalian turun dan bersentuhan langsung dengan masyarakat kalian ga kalang kabut di lapangan
b.    Ajang perkenalan di awal dengan teman-teman se posko KKN. ini salah satu hal penting yang harus kalian lakukan pada saat pembekalan. di pembekalan kalian akan di pertemukan dengan teman-teman se posko, gunanya untuk saling mengenal, memahami karakter dan menyamakan presepsi untuk penentuan program kerja dan hidup bersama selama satu bulan. jadi buat kamu yang malas datang ketika pembekalan maka siap-siap kamu akan jadi orang terasing saat awal turun di lapangan ya. “Membangun silaturahim itu penting ya”
c.    Dan yang terakhir, kalian yang saat ini sudah mendaftar KKN namun belum mengikuti rangkaian agenda pra pembekalan dan pembekalan maka kalian belum bisa dinyatakan sebagai mahasiswa KKN ya. karena KKN adalah mata kuliah wajib 4 SKS maka KKN juga memiliki rentang kehadiran ya. makannya kalian jangan lupa mengisi daftar hadir sebelum memasuki ruang pembekalan ya. karena kehadiran di bawah 75 % tanpa alasan jelas maka secara otomatis pihak panitia akan membatalkan nama kalian, itu sebagai tanda bahwa kalian belum siap untuk ikut KKN ya. maka mari lakuakn semuanya dan ikuti prosesnya, karen segala sesuatu yang dilakukan melalui perjuangan dan proses yang baik maka hasilnya akan baik juga.
3.    Mempersiapkan Amunisi  sebelum turun KKN
Jendral sekalipun akan mempersiapkan amunisisnya sebelum turun membela Negara ini. apalagi kalian yang apa atuh. sebelum bertempur selama satu bulan kalian juga harus mempersipakan amunisi. Agar selama turun di lapangan kalian ga akan terbagi fokus antara program kerja dan kebutuhan kalian yang tidak juga terpenihi sampai akhirnya program kerjapun ikut terganggu. Waktu satu bulan bukan waktu yang lama tapi bukan juga waktu yang sebentar apalagi bagi mahasiswa perantau yang ibaratnya hanya masalah pindah tempat saja, semuanya harus butuh perbekalan khususnya kebutuhan pribadi.
a.    Terminal atau cok rol, hal ini wajib kamu bawa meskipun kalian akan tinggal di rumah tidak akan menutup kemungkinan kalian akan kekurangan, mengingat akan banyak orang yang membutuhkan aliran listrik (printer, cas Hp, setrika, speaker, leptop dll).
b.    Setrika, jangan karena kalian turun di desa terus kalian juga akan tampil urakan seperti anggapan kalian tentang orang-orang desa. jangan ya, usahakan kalian bisa tampil rapih ya. ingat rapih ga mesti glamour ya, karena hakikat manusia akan senang melihat yang indah dan rapih.
c.    Hangir/Gantungan baju, hal ini penting ya, agar setelah di strika baju ga kusut lagi, dan gak akan banyak baju-baju yang di gantung sembarangan. atau karena dalam satu posko rata-rata ada 10 orang (KKN 75) resiko jemuran pakaian ful bisa saja terjadi, alternaifnya adalah dengan menggunakan hangir.
d.    Jangan lupa kaos kaki dan jilbab pasang, khusus yang ini urgent untuk yang perempuan ya. waktu satu bulan bukan hal yang cukup menguntungkan untuk mahasiswa KKN pada umumnya. karena kalian akan lebih sibuk menyelesaikan program kerja dalam waktu singkat, akhirnya waktu pribadi jadi sedikir berkurang. nah silahkan bawa kaos kaki lebih agar kalian punya rentang waktu untuk mencucinya, begitupun jilbab pasang supaya kalian ga ribet pake jilbab segi empat ya.
e.    Perlngkapan pribadi, nah yang ini paling penting, jangan lupa bawa perlengkapan pribadimu. kan ga mungkin kalian pinjam sana-sini sama teman lain. khusus untuk kalian yang perempun masalah kosmetik bawa seperlunya saja ya, karena kalau kalian bawa satu box penuh yakin dan percaya gak akan tergunakan semuanya.
f.    Buku bacaan, meskipun kalian akan sibuk sekali dengan agenda KKN pastikan kalian gak ketinggalan rutinitas satu ini “Membaca”. Admin ga kebayang kalau harus pergi lama tanpa bawa buku bacaan, hal ini juga dapat mengatasi kejenuhan saat di lapangan ya, buku yang kalian bawa bisa seputar pengetahuan umum, novel, atau bahkan buku mata kuliah (asal jangan semua ya).
g.    Alat Dokumentasi, hal ini sebgai penunjang laporanmu ya, bisa HP atau kamera. Tapi ingat KKN bukan ajang selfie keseruanmu ya, tapi benar-benar aktivitas pengabdianmu ya.
Agar tidak terjadi keterlupaan tipsnya silahkan buat daftar list bawaan kemudian silahkan penihu satu-satu ya.
4.    Tulis nomor-nomor Hp secara Manual
Hal ini penting ya, apalagi untuk kalian yang akan di terjunkan di daerah yang minim listrik dan jaringan 3G. Jika sewaktu-waktu kita butuh untuk menghubungi seseorang tapi ternyata hp kita lowbet itu akan jadi masalah besar, atau bisa juga untuk android kadang-kadang untuk dapat signal agak susah, kita bisa pinjam Hp jadul yang ada kan. Beberapa nomor penting yang harus kalian simpan adalah nomor Ayah-Ibu (jangan lupa memberi kabar), Dosen wali (untuk konsultasi apapun), Dosen pembimbing Lapangan (keperluan KKN), dan para sahabat tercinta (untuk sharing seputar apapun).
5.    Tuntaskan Urusan Hati
Point ini menjadi penunjang semuanya, usahakan sebelum turun kalian bisa selesai mengenai galau yang kurang jelas. akan sangat tidak maksumal ketika kalian turun lapangan tapi di hati masih ada yang mengganjal yakin dan percaya proses yang akan kalian lakukan semuanya tidak akan maksimal ya. jadi mulai sekarang silahkan tuntaskan urusan hati kalian ya.

Comments

comments

Tentang Penulis

Retno Budiasih

Perempuan yang sedang belajar memahami arti penerimaan, belajar memaknai segala sesuatu dari sudut pandang berbeda, penulis yang belajar dari tulisannya ^^. CEO Project Langit 2017 & Dedikasi tertinggi untuk Kebaikan.
Blogretnobudiasih.tumblr.com

%d blogger menyukai ini: