Perlukah membuat resolusi di setiap pergantian tahun?

Pertama say good bye dan say thanks dulu sama tahun 2014.
“bye and thanks a lot 2014” 😉

Ok next kita bicara tentang resolusi.

 

StrategiResolusi itu apa seh?
Dalam kamus besar bahasa indonesia, re•so•lu•si adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal. Itu arti dari kata resolusi. Namun, sekarang kita bahas tentang resolusi hidup kita. Resolusi hidup berarti tujuan, keinginan maupun target kita untuk masa, waktu atau tahun selanjutnya. Baik itu berupa karir, hubungan sosial ataupun pencapaian-pencapaian lainnya. Kenapa kita bikin resolusi? Karena dengan membuat sebuah resolusi hidup kita jadi terarah. Hidup kita punya tujuan. Kita tahu apa yang akan kita lakukan selanjutnya

Hal pertama yang perlu kita lakukan sebelum membuat sebuah resolusi adalah refklesi diri – flasback atau melihat kembali. Misalnya memikirkan hal – hal apa saja seh yang sudah kita lakukan selama setahun belakangan ini. Apa kurangnya? Apa lebihnya? Sehingga tak heran banyak dari kita yang punya resolusi sama yaitu ingin jadi lebih baik dari sebelumnya.

Res
Resolusi

Yang kedua adalah realistis. Setelah merefleksikan diri, kita jadi tahu kekurangan dan kelebihan kita, yang paling penting kita jadi mengerti seperti apa kondisi diri kita. Contohnya ditahun kemarin kita sudah banyak mengikuti pelatihan-pelatihan kepenulisan jadi bisa aja ditahun ini kita berkeinginan untuk membuat sebuah tulisan atau bahkan sebuah buku mungkin.

Yang terakhir dan yang paling sulit adalah komitmen. Diawal tahun (saking semangatnya) boleh saja membuat sepuluh bahkan dua puluh resolusi untuk setahun ini. Tapi seiring berjalannya waktu dan karena berbagai faktor semangat mewujudkan resolusi itu akhirnya memudar. Itulah mengapa menjadi sesuatu yang penting untuk melibatkan orang lain dalam resolusi kita. Agar ada yang akan mengingatkan kita jika saja kita lupa akan tanggung jawab kita untuk menjalankan, mewujudkan resolusi-resolusi hidup yang kita buat sendiri.

Hingga akhirnya sebuah resolusi hanya akan menjadi rangkaian kata. (Kata gita gutawa “semua hanya rangkaian kata . . . ”) Kalau nggak diimbangi dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah. Tulis resolusimu sekarang dan wujudkan!!

Jadi, perlukah membuat sebuah resolusi setiap pergantian tahun? Jawabannya adalah perlu.
Selamat membuat resolusi

Bersemangat 😉


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *