TBM Axis FKIK UNTAD Gelar Seminar Kesehatan Terbuka

TBM Axis

TBM AXIS Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako menyelenggarakan seminar terbuka pada hari Minggu (11/1) kemarin, bertempat di Hotel Mary Glow Palu. Seminar terbuka tersebut bertemakan FIRE ‘’For Independent Rescue Everyone’’ yang terdiri dari 3 materi utama yaitu Manajemen Kebakaran oleh Bapak Agung Tri Prasetiyawan, S.Sos selaku Unit dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, Basic Life Support oleh dr. Muh. Ardi Munir, M. Kes, Sp OT, FICS, M.H, dan trauma Inhalasi oleh dr. Roberthy David Maelissa, Sp.B selaku dokter bedah RS Undata.
Bapak Agung memaparkan, ada 3 unsur penyebab terjadinya api yang di sebut Fire Triangle atau Segi Tiga Api yakni bahan bakar, oksigen. Beliau juga berpesan agar jangan panik ketika terjadi kebakaran karena saat panik maka semua hal yang kita ketahui akan hilang. Cara menghadapi kebakaran adalah pertama-tama lakukan posisi tiarap, kemudian cari tumpuan (tembok) serta lindungi badan dengan selimut karena udara bersih itu hanya ada sekitar 20 % dan terdapat kurang lebih 20 cm di dasar lantai.
Dalam materi Basic life support dijelaskan, ketika otak dan jantung tidak lagi terdapat oksigen, hanya tersisa waktu 3 – 8 menit untuk menyelamatkan korban sehingga harus dilakukan penanganan yang cepat dan di tangani oleh orang yang tepat. Penanganan oleh orang yang tidak tepat akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Seperti halnya yang di katakan dokter Ardi ‘’Tidak semua orang berlatar belakang medis sehingga perlu adanya pelatihan atau pendidikan khusus karena dalam seminar ini hanya berupa perkenalan’’.
Dijelaskan pula mengenai penanganan awal luka bakar dalam seminar kemarin, yaitu dengan cara mendinginkan memakai kompresan air dingin atau air mengalir selama 15-20 menit. dr. David menuturkan ‘’Tidak dibenarkan memberikan margarin, kopi, odol dan sebagainya yang diketahui orang awam pada luka bakar karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan termasuk resiko infeksi’’.
Dalam seminar terbuka tersebut juga di perkenalkan simulasi pertolongan pertama pada korban bencana serta simulasi pada saat terjadi kebakaran yang di tangani langsung oleh seluruh anggota Tim Bantuan Medis AXIS UNTAD yang bekerja sama dengan Unit Pemadam kebakaran Kota Palu.
TBM AXIS selaku pelaksana kegiatan merupakan salah satu organisasi di Universitas Tadulako yang menjadi wadah dalam penerapan ilmu kedokteran yang diketuai oleh Aditya Febriansyah. Kegiatan seminar terbuka kali ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini tak hanya dihadiri oleh para mahasiswa UNTAD namun juga diramaikan oleh mahasiswa akademi kebidanan serta pelajar sekolah menengah atas di kota Palu seperti SMA Al-Azhar.
Berbagai komentar positif dilontarkan oleh peserta maupun pemateri dalam kegiatan ini. Salah satunya dari pembina TBM AXIS UNTAD, dr. Mu. Akbar
‘’Sangat berbangga kepada TBM AXIS yang secara rutin melaksanakan seminar untuk memberikan pengetahuan terkait bencana, dalam hal ini mengenai kebakaran’’ Papar dr. Muh. Akbar.
Kegiatan seminar tersebut diakhiri dengan pemberian doorprize bagi peserta yang diundi langsung oleh ketua panitia. (NRM)


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *