Kamu Mahasiswa Peduli Pesisir? Ayo Gabung di Rubalang

Gambaran masyarakat Indonesia sekarang ini diibaratkan seperti sapi yang mati di tengah padang rumput atau ayam yg mati di lumbung padi. Indonesia terkenal dan kaya akan sumber daya alamnya (SDA), baik itu di laut maupun di darat. Namun nyatanya masyarakat yang dasarnya tinggal di daerah yang kaya akan SDM itu malah mereka kemudian yg tertinggal. SDA mereka berlimpah namun sumber daya manusianya (SDM) terbatas.

Disinilah kontribusi Rumah Bahari Gemilang (Rubalang) yang fokus membantu dan mengembangkan SDM dari bidang Pendidikan. Rubalang mulai dari masyarakat pesisir di desa Lero. Notabene anak-anak di desa Lero khususnya, merupakan daerah pesisir yang pertama kalinya kita kunjungi, banyak anak putus sekolah lalu kemudian menikah mudah. Keadaan seperti ini terjadi terus menerus sehingga tidak ada revolusi dan pengembangan diri. Disinilah peran kami di Rubalang. Mengubah pelan-pelan mindset mereka ke arah yang positif, memberikan gambran bahwa pendidikan itu sangatlah penting.

Komunitas Rubalang mempunyai 30 orang Volunter sudah termasuk Pengurus Inti. Dan terdapat beberapa divisi yang dibentuk agar konsep kerja berjalan efektif. Divisi yang dibentuk ada 4 macam. Divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia), Divisi Fundrising, Divisi Public Relation dan Divisi Rumah Baca. Rubalang juga mempunyai program tetap yang diberi nama Home Stay. Dalam program ini volunter yang baru tergabung dalam komunitas ini wajib mengikuti Home Stay selama 3 hari.

Home Stay dilaksanakan di rumah-rumah penduduk di Desa Lero yang telah menjadi Desa binaan Rubalang. Konsep Home Stay dibuat agar para volunter bisa merasakan bagaimana pahit manisnya kehidupan di daerah pesisir yang serba keterblakangan.

Rubalang yang dibentuk pada 12 April 2014, dalam perjalanan kaya akan dinamika yang tentunya berpengaruh terhadap pergerakannya olehnya itu Rubalang terus melakukan transformasi. Banyaknya masukan dari berbagai pihak menjadi pemantik spirit untuk melakukan perbaikan. Berangkat dari spirit Hijrah dan Sumpah Pemuda maka komunitas mahasiswa yang peduli terhadap masalah pendidikan di daerah pesisir ini mencoba melakukan trobosan dan perbaikan di segala lini, yang kemudian dideklarasi sebagai waktu yang tepat untuk melakukan Transformasi.

Rubalang sebagai komunitas Independen yg diinisiasi oleh Mahasiswa Universitas Tadulako ini tentunya tidak seterusnya bisa berdiri sendiri. Rubalang butuh bantuan teman-teman semua untuk pemerataan pendidikan di tanah kita ini khususya di derah pesisir.

Pada tanggal 10-12 April akan ada Gemilang Youth Forum 2 di Desa Lero. Ini kesempatan bagi teman-teman yang mempunyai jiwa kemanusiaan yang ingin berkontribusi bersama kami untuk ikut mengambil peran. Open Recrutmennya akan dibuka di bulan maret. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi Fanpage kami di Rumah Bahari Gemilang.


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *