Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Uncategorized

PKM dan Sejarah PIMNAS

Ditulis Oleh Ana Puji Lestari


Dalam jalan kehidupan kampus banyak kegiatan yang menaungi mahasiswa, baik dalam prestasi akademik dan organisasi. Kegiatan yang paling bergengsi khususnya dalam bidang prestasi adalah mengikuti kejuaraan dibidang kemampuan masing-masing mahasiswa sesuai dengan perlombaan yang digelar. Salah satu ajang yang bergengsi itu ialah program kreatifitas mahasiswa atau yang sering kita sebut dengan PKM. Perlombaan ini sangat tren dilingkungan mahasiswa. Hal yang membuat ajang ini sangat bergengsi adalah program ini di selenggarakan oleh DIKTI dimana menaungi seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia. ajang ini diselenggarakan dalam beberapa kelomok yaitu yang pertama adalah PKM-P yaitu Program kreatifitas mahasiswa bidang Penelitian, PKM-K program kreatifitas mahasiswa bidang kewirausahaan, PKM-M program kreatifitas masyarakat bidang pengabdian masyarakat, PKM-T program kratifitas masyarakat bidang teknologi, PKM-KC program kreatifitas mahasiswa bidang Karsa cipta, PKM-AI program kratifitas mahasiswa bidang artikek ilmiah, PKM-GT program kreatifitas mahasiswa bidang gagasan tertulis. Dari ketuju jenis PKM yang telah di perlombakan ini semuanya memiliki nilai poin tersendiri. Salah satu poinya terletak pada ide masing-masing mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dibagian masing-masing PKM tersebut. Seluruh mahasiswa indonesya yang ada di universitas mana pun berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam mengikuti pekan ilmiah mahasiswa atau yang kita kenal dengan PIMNAS. Persaingan dalam setiap mahasiswa dapat memunculkan ide-ide kreatif mahasiswa untuk menjadi yang terbaik dalam mengangkat nama baik almamater universitas
PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional, berlangsung setiap bulan Juli tahun berjalan dan diselenggarakan di perguruan tinggi yang ditetapkan Ditjen DIKTI atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan PT. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang terpilih melalui jalur PKM dan non PKM. PIMNAS juga berfungsi sebagai forum diskusi dan dialog tentang masalah pembangunan nasional dan masalah aktual lainnya. Oleh karena itu, dalam setiap penyelenggaraannya perlu ditetapkan suatu “tema” yang relevan dengan situasi aktual bangsa. PIMNAS melibatkan perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh tanah air. Besarnya jumlah peserta dan volume kegiatan yang dilaksanakan, menuntut perencanaan dan pengelolaan yang akurat dan efisien. Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu pedoman pelaksanaan kegiatan agar dalam pelaksanaanya dapat berjalan dengan baik.
Penyelenggaraan PIMNAS setiap tahun, dimaksudkan antara lain untuk:
a. Menjadi media dan sarana komunikasi mahasiswa seluruh Indonesia,
b. Membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah,
c. Mempertajam wawasan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam
pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni,
d. Meningkatkan posisi tawar mahasiswa di dunia kerja atau masyarakat,
e. Memberi umpan balik terhadap proses belajar mengajar di PT,
f. Meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya
pada suatu forum ilmiah,
g. Mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI.
Penyelenggaraan PIMNAS di Indonesia dipicu keinginan kuat para mahasiswa untuk memiliki suatu kegiatan atau forum komunikasi ilmiah sebagai ajang penyajian karya pikir kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pada saat yang sama, telah banyak aktivitas ilmiah mahasiswa, namun belum menjadi agenda nasional. Kegiatan tersebut masih berada di seputar kampus dan hanya melibatkan kampus-kampus yang ada di sekitarnya. Pada tahun 1980 di Kampus Universitas Indonesia (UI), keinginan para mahasiswa untuk berkreasi dapat diwujudkan dengan diselenggarakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP). Keduanya digelar untuk pertama kalinya bagi mahasiswa dalam skala nasional. Sejalan dengan perkembangan yang terjadi, pada tahun 1988 kedua kegiatan tersebut disempurnakan dengan menambahkan kegiatan penunjang berupa: Pameran, Bazar, Studium Generale, Pentas Seni, dan Seminar yang aktivitasnya tergantung pada kreativitas PT penyelenggara. Penyempurnaan yang dilakukan secara terus menerus, pada akhirnya menghasilkan kegiatan yang disebut dengan Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM). LKIM ini selanjutnya diubah menjadi PIMNAS sejak tahun 1990. Penyelenggaraan LKIM sempat berlangsung selama dua tahun berturut-turut, dan kemudian dengan penyempurnaan dan penambahan kegiatan penunjang, maka penyelenggaraan pada tahun berikutnya (ketiga) nama kegiatan kemahasiswaan tersebut diubah menjadi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), dan sekaligus disepakati bersama bahwa kegiatan tersebut menjadi PIMNAS ke III. Secara berurutan penyelenggaraan LKIM dan PIMNAS dari tahun 1988 sampai dengan tahun 2014.
Tahun Kegiatan dan Tempat Penyelenggaraan
Tahun Kegiatan
1988 LKIM – I Universitas Indonesia Jakarta
1989 LKIM – II Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta
1990 PIMNAS – III Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor
1991 PIMNAS – IV Universitas Lampung (UNILA) Bandar Lampung
1992 PIMNAS – V Universitas Brawijaya (UNIBRAW) Malang
1993 PIMNAS – VI Institut Keguruan clan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang
1994 PIMNAS – VII IKIP Bandung, ITB dan UNPAD Bandung
1995 PIMNAS – VIII Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
1996 PIMNAS – IX Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) Surabaya
1997 PIMNAS – X Universitas Udayana (UNUD) Denpasar
1998 PIMNAS – XI Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
1999 PIMNAS – XII IKIP Jakarta (UNJ) Jakarta
2000 PIMNAS – XIII Universitas Indonesia (UI) Jakarta
2001 PIMNAS – XIV Universitas Negeri Makasar (UNM) Makasar
2002 PIMNAS – XV Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya
2003 PIMNAS – XVI Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta
2004 PIMNAS – XVII Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT-Telkom) Bandung
2005 PIMNAS – XVIII Universitas Andalas (UNAND) Padang
2006 PIMNAS – XIX Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Malang
2007 PIMNAS – XX Universitas Lampung (UNILA) Bandar Lampung
2008 PIMNAS – XXI Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA) Semarang
2009 PIMNAS – XXII Universitas Brawijaya (UB) Malang
2010 PIMNAS – XXIII Universitas Mahasaraswati (UNMAS) Denpasar
2011 PIMNAS – XXIV Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makasar
2012 PIMNAS – XXV Universitas muhammahdiya Yogyakarta (UMY) Yogyakarta
2013 PIMNAS – XXVI Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjarmasin
2014 PIMNAS – XXVII Universitas Diponegoro (UNDIP) Solo
2015 PIMNAS – XXVIII Universitas Halu Oleo (UHO)

Tentang Penulis

Ana Puji Lestari