Mengenal Jalur Masuk PKPT Untad

Halo adik-adik mahasiswa baru, pertama kami ucapkan selamat bagi adik-adik yang telah lulus SMMPTN Untad tahun 2017 ini. Tinggal selangkah lagi yang adik-adik bisa lakukan untuk sah menjadi mahasiswa baru Untad yakni melakukan pendaftaran ulang sesuai ketentuan yang diberikan oleh kampus.

Nah barangkali ada sebagian adik-adik ada yang bertanya mengapa di pengumuman SMMPTN ada tertulis PKPT? Atau mungkin ada yang bertanya setelah SMMPTN ada jalur masuk Untad yang lainnya tidak kak?

Baik, saya akan berbagi informasi mengenai ini yaitu PKPT

Apa itu PKPT?

PKPT ialah singkatan Pemenuhan Kuota Prodi Tertentu. Bisa dibilang ini merupakan jalur alternatif masuk kampus Untad selain SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN. Jalur masuk ini diperuntukkan bagi program studi di kampus Untad yang masih memerlukan kuota mahasiswa.

Biasanya jalur masuk ini dibuka setelah pengumuman SMMPTN. Nah uniknya ternyata tahun ini pelaksanaan dan pengumuman SMMPTN bersamaan dengan PKPT (atau disebut gabungan). Jadi setelah ujian SMMPTN kemarin sebagian adik-adik yang tidak lolos SMMPTN langsung dimasukkan pada jalur PKPT oleh panitia. Sehingga jangan heran bila di dalam pengumuman tersebut ada tertulis (PKPT) pada jurusannya. Jangan heran pula bila misalnya adik-adik yang lolos PKPT ini jurusan yang diterima buka pada jurusan yang dipilihnya ketika saat ujian kemarin. Sebab yang lolos PKPT berdasarkan kebutuhan kuota prodi yang kosong, bukan pada prodi yang dipilih peserta

Begitulah prosedur jalur PKPT Untad tahun ini. Namun sisi baik-nya adik-adik tidak perlu lagi menunggu pengumuman SMMPTN untuk mengikuti pendaftaran PKPT. Sebab berdasarkan hasil ujian kemarin panitia seleksi telah menempatkan sebagian besar adik-adik pada kuota kosong pada jalur PKPT secara otomatis.

Lalu bagaimana kalau saya tidak lolos SMMPTN/PKPT kemarin?

Jawaban terbaik yang bisa saya berikan buat adik-adik adalah menunggu.

Menunggu apabila ada calon mahasiswa Untad yang lolos SMMPTN/PKPT kemarin tidak melakukan pendaftaran ulang, maka secara otomatis kuota calon mahasiswa tersebut dinyatakan gugur. Sehingga kemungkinan akan dibuka kembali jalur PKPT gelombang kedua untuk memenuhi kuota kosong yang tersedia pada prodi tersebut. Soal kapan dibukanya kembali, belum pasti. Biasanya menunggu sampai selesainya pendaftaran ulang SMMPTN.

Bila misalnya sampai akhir pendaftaran ulang tidak ada pengumuman dibuka kembali jalur PKPT gelombang kedua maka adik-adik harus bersabar menunggu tahun depan untuk berkuliah di kampus Untad 🙂 Atau adik-adik bisa mencoba daftar pada kampus-kampus selain Untad.

Intinya jangan berkecil hati ya dik. Sebab selalu ada rencana terbaik dari Tuhan atas semua peristiwa. Ada pepatah mengatakan, “lebih baik berhenti sejenak untuk mengikat tali sepatu yang longgar agar kemudian bisa berlari lebih kencang”. Tetap semangat ya!

Sampai bertemu di kampus Tadulako


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *