Semua Pertanyaan & Jawaban Seputar PKKMB 2017

Buat adik-adik yang kebingungan terkait informasi PKKMB 2017, kami merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan kepada kami beserta jawabannya. Cek yuk


Q: Apa itu PKKMB kak?

PKKMB itu Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru. Kalau dulu sebutannya Ospek, Ormik, Osimaru, dll. Tahun ini sebutannya PKKMB


Q: Apakah sifatnya wajib kak?

Iya wajib! Semua mahasiswa baru harus ikut


Q: Kalau tidak ikut bagaimana kak? apa konsekuensinya?

Konsukensinya tidak bisa sarjana dik. Karena salah satu persyaratan sidang sarjana adalah “PUNYA PIAGAM PKKMB”


Q: Kalau saya sakit bagaimana itu kak?

Kalau sakit tidak di wajibkan untuk ikut. Itu sebabnya kalian disuruh cek kesehatan sebelum memasuki masa PKKMB. Sebagai gantinya kalau kalian tidak bisa ikut tahun ini maka kalian harus ikut tahun depan.


Q: Terus cara daftar PKKMB bagaimana kak?

Berdasar surat edaran warek bidak, TIDAK ADA persyaratan atau pengisian FORMULIR PENDAFTARAN PKKMB dik. Baik itu offline maupun online. Ketika adik-adik sudah melakukan pendaftaran ulang SM, SB, SN maka otomatis adik-adik sudah terdaftar sebagai mahasiswa baru dan wajib ikut kegiatan PKKMB pada hari yang di tentukan.


Q: Terus itu yang katanya ada pengisian formulir database itu apa kak?

Itu BUKAN formulir PKKMB, melainkan formulir database kalian yang coba dikumpulkan oleh teman-teman lembaga.


Q: Terus itu gunanya isi formulir itu apa kak?

Tergantung masing-masing lembaganya dik, bisa jadi mereka membutuhkan data adik-adik untuk keperluan lembaga mereka. Misal dari minat yang adik-adik cantumkan diformulir tersebut mereka bisa arahkan adik-adik untuk masuk ke UKM yang sesuai minat dan bakat yang adik-adik miliki.


Q: Apakah formulir database itu wajib kak?

Sepanjang kami ketahui TIDAK ADA himbauan wajib dari birokrasi kampus untuk mengisi formulir data base tersebut. Karena database adik-adik sudah terangkum dalam siakad, di BAK atau di server pmb.untad.ac.id saat melakukan pendaftaran ulang. Hanya mungkin teman-teman lembaga tidak punya akses kesana yang membuat mereka mengeluarkan kebijakan tersebut. Jadi himbauan wajib ini sifatnya adalah himbauan dari teman-teman lembaga yang bersangkutan.


Q: Saran kakak bagaimana?

Saran kami SELAMA isi himbauan itu TIDAK MEMBEBANI kalian SILAHKAN dilakukan. Toh kalau cuma datang, tulis, isi memang tidak memberatkan. Tapi kalau misalnya MEMBERATKAN kalian sebaiknya TIDAK USAH DIPAKSAKAN. Misal kalian sedang tidak punya uang saat itu. Sementara untuk mengisi formulir tersebut harus berbayar. Ya jangan memaksakan diri dik. Mengerti kan?

Bukan berarti formulir database tersebut tidak penting ya. Formulir tersebut tetap penting untuk menghimpun data diri dan potensi adik-adik. Perlu adik-adik juga ketahui bahwa bangku perkuliahan itu bukan cuma diisi dengan belajar di ruang kelas saja, namun juga ada berbagai macam kegiatan ekstrakulikuler yang bisa kalian ikuti. Itu semua tujuannya untuk mengembangkan diri dan potensi kamu seluas-luasnya.

Jadi database itu juga penting ya. Hanya sekali lagi, kalau memang memberatkan kalian jangan memaksakan diri.


Q: Saya takut kak nanti kenapa-kenapa

Sepanjang adik-adik sudah melakukan pendaftaran ulang maka adik-adik sudah resmi jadi mahasiswa Untad dan berhak ikut PKKMB dan perkuliahan. Kami pikir kakak senior kalian juga pasti mengerti kok kalau misalnya kalian kalian kesusahan ya ga boleh dipaksakan


Q: Kak kalau perlengkapan PKKMB apa saja kak?

BACA SELANJUTNYA


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *