Semua Pertanyaan & Jawaban Seputar PKKMB Untad 2017 (Part 2)

Pasca terbitnya  Jadwal & Atribut Resmi PKKMB Untad Tahun 2017ratusan pertanyaan mahasiswa baru masuk ke LINE ID @anakuntad. Bisa dimaklumi mengingat memang banyak keterangan yang belum jelas pada pengumuman tersebut. Karena itu demi membantu adik-adik mahasiswa baru penulis berinisiatif menampung dan berbagi jawaban yang kiranya bisa membantu menjelaskan kekurangan informasinya.

Namun perlu adik-adik ketahui bahwa penulis BUKAN lah Panitia PKKMB 2017. Jadi jawaban penulis kebanyakan adalah pendapat pribadi penulis berdasarkan pengalaman selama mengikuti dan tergabung sebagai panitia ormik/PKKMB ditahun-tahun sebelumnya. Yuk langsung saja


Kak, Sebenarnya PKKMB dari kapan sampai kapan kak?

Secara umum PKKMB 2017 ada 4 rangkaian kegiatan yang wajib di ikuti, Upacara/Pembukaan, Bakti Kampus, Pengenalan Lembaga/Ekstrakurikuler dan Penerimaan materi PKKMB. Selengkapnya lihat DISINI


Kak Maba Nonreg harus ikut PKKMB juga?

Tidak ada keterangan yang menyebutkan bahwa maba nonreg dikecualikan tidak ikut PKKMB, yang jelas SEMUA MAHASISWA BARU UNTAD WAJIB IKUT PKKMB. Terkecuali khusus mahasiswa baru pascasarjana, sepengetahuan penulis tidak diwajibkan.


Alasannya Apa?

Alasan diwajibkannya Mahasiswa baru harus ikut dikarenakan banyaknya manfaat yang akan kalian peroleh. Terutama mengenai pengenalan budaya akademik dan lingkungan kampus itu sendiri sebelum kalian memasuki masa pekuliahan. Sebab kenyataanya masa SMA itu sangat berbeda dengan masa Kuliah.

BACA JUGA:

Sebagai contoh kalau SMA mata pelajaran yang kita pelajari ya itu-itu saja. Hanya berbeda level antara kelas 1, 2 dan 3. Kalau kuliah itu agak berbeda. Sebelum memasuki perkuliah kita (mahasiswa) diwajibkan untuk memprogramkan mata kuliah terlebih dahulu. Jadi kita sendiri yang memilih mata kuliah apa yang ingin kita pelajari. Nah di PKKMB nanti kamu akan diperkenalkan bagaimana cara memprogramkan, apa itu Kartu Rencana Studi (KRS), SKS, IPK, dll. Jadi sangat sayang deh kalau kamu tidak ikut PKKMB!


Kak PKKMB 2017 dibagi pergugus? Berdasarkan apa?

PKKMB 2017 dibagi menjadi 10 gugus. Berdasarkan no. Stambuk. Bila nomor stambuk kamu berakhiran 1 berarti kamu masuk dalam gugus 1. Stambuk akhiran 2 brarti masuk gugus 2. Begitu seterusnya. Selengkapnya cek DISINI


No. Stambuk itu apa kak? Di dapat dimana?

No. Stambuk itu sama dengan NIM atau Nomor Induk Mahasiswa. Di dapat ketika kamu telah melakukan pendaftaran ulang.  No. Stambuk/NIM merupakan kode mahasiswa yang dibuat berdasarkan pilihan fakultas, program studi dan urutan masuk.

Contoh No. Stambuk Penulis G 101 10 001

  • G = Fakultas MIPA
  • 101 = Kode Prodi Fisika
  • 10 = angkatan 2010
  • 001 = Urutan pertama yang terdaftar jadi mahasiswa fisika pada tahun 2010

Jadi dengan nomor stambuk kita bisa mengetahui mahasiswa ini fakultas apa, jurusan apa, angkatan berapa, dll. Kode dan penjelasan lengkapnya dapat kamu baca di buku Panduan Akademik Mahasiswa baru yang akan dibagikan ke kamu saat PKKMB


Kenapa dibagi menjadi 10 gugus kak? Padahal kan ruangannya cuma dibagi jadi 3, PKM, Auditorium Lama dengan Auditorium Baru?

Soal ini penulis kurang tahu. Dulu dibagi 10 gugus karena akan disebar di 10 fakultas. Kalau sekarang kurang tahu


Kak Atribut PKKMB Sebenarnya yang mana sih kak?

……………………………

BACA SELANJUTNYA

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *