Tips & Trick

Khusus Mahasiswa, Berikut 5 Cara Ampuh Menghemat Uang Makan!

Ditulis Oleh Sulkifly tallesang

Sebagai mahasiswa yang kuliah jauh dari orang tua dan keluarga atau sering disebut perantau, uang saku bulanan menjadi hal yang paling penting. Setiap mahasiswa punya nominal uang saku yang berbeda sesuai dengan gaya hidupnya. Dan mungkin saja kamu dikirimi uang kurang lebih Rp. 750.000,00 setiap awal bulan. Padahal kebutuhan hidup sebagai mahasiswa gak hanya makan, kamu juga perlu bayar kost, fotokopian, pulsa, bensin, hingga paket data. Semua kebutuhan ini harus kamu penuhi dari uang jajan tanpa tambahan lagi. Kalau kamu tak cermat menggunakannya di awal bulan, bersiap-siaplah kelaparan di akhir bulan!

Biaya makan adalah pengeluaran yang harus disiapkan setiap mahasiswa rantau setiap bulannya. Terlalu perhitungan dalam hal makan akan membuat mahasiswa gampang sakit, sedangkan terlalu boros untuk makanan akan membuat mahasiswa tekor sebelum awal bulan berikutnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa rantau untuk menghemat uang makan.

  1. Lebih baik masak sendiri

Menjadi mahasiswa memang  tidak mudah apalagi menjadi mahasiswa rantau biasa di sebut anak kost, masalah paling berat adalah masak . Kalau ingin menghemat uang makan kalian harus pintar masak guys !! Jangan cuma hanya pintar masak air hahaha setidaknya kalian pintar masak mie . Ini untuk kalian menghindari jajan-jajan di warung makan.

  1. Memperbanyak Teman

Teman yang baik akan selalu ada saat kamu kesusahan sekaligus saat kamu kelaparan. Artinya, numpang makan di rumah teman yang ada di sekitar kampus tentu sah-sah saja. Meski demikian, kamu tetap harus tahu diri, jangan terlalu sering numpang makan karena bisa dianggap mengganggu. Lalukan cara ini di saat darurat atau jika memang temanmu menawari untuk ikut makan di rumahnya.

  1. Cari Pacar

Kadang kala pacar bukan hanya tempat untuk melampiaskan rasa sayang tapi pacar juga bisa di jadikan sebagai pelampiasan penuhi isi perut. Sedikit gombalan untuk minta traktir atau di ajakin kerumahnya. Tapi kalau kerumahnya hati-hati yahh, kalau makan jangan terburu-buru , tetap stay cool . Tampakan muka-muka keren jangan menampakan muka-muka kelaparan.

  1. Cari tempat makanan yang murah

Di setiap kampus selalu ada tempat makan 3M (murah meriah mencret) yang menjadi langganan mahasiswa rantau. Tempat makan murah tersebut bisa berupa kantin favorite. Di sana, kamu bisa mendapatkan makanan dengan nasi dan lauk melimpah dan yang terpenting harganya sesuai dengan isi di kantong.

  1. Sering-sering puasa

Selain bulan ramadhan kita di wajibkan berpuasa, ternyata mahasiswa rantau wajib juga berpuasa. Selain bisa mendapatkan amal , berpuasa juga bisa membantu dalam manegement keuanganmu selaku anak kost.

Kuliah di perantauan bukan hanya membuatmu belajar tentang pengetahuan, tapi kamu juga dituntut lebih cerdik untuk bisa bertahan di kondisi keterbatasan. Karena perantauan bukan rumah yang saat lapar tinggal makan, sekarang kamu justru harus bisa menyediakan uang untuk makan sehat sepanjang bulan.

Tentang Penulis

Sulkifly tallesang