Tips & Trick

Rambut Rontok ? Ini Solusinya!

Ditulis Oleh Ulfiana Sandra

Rambut adalah salah satu bagian dari kepala yang biasa disebut dengan mahkota bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan rambut memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Tetapi karena adanya pengaruh gen rambut  manusia memiliki perbedaan warna dan bentuk,seperti pirang,hitam,coklat,bergelombang,lurus,dll. Namun kebanyakan orang kerap terganggu dengan masalah rambut yang sama,misalnya saja kerontokan yang berlebihan pada rambut,rambut kering,berketombe,rambut bercabang,dll. Hal ini tentu mengganggu fungsi rambut itu sendiri. Karena banyaknya masalah tersebut,di sini saya akan memecahkan salah satu cara merawat masalah rambut,yaitu cara merawat rambut rontok.

Sebelum saya membahas tentang cara merawat rambut rontok,saya akan memaparkan sedikit tentang fungsi rambut itu sendiri,yaitu :

  1. Untuk melindungi kulit kepala dari panas sinar matahari agar tidak langsung mengenai kulit kepala
  2. Selain itu rambut juga bisa mempengaruhi tingkat rasa percaya diri
  3. Memperindah penampilan
  4. Media untuk menempelkan asesoris
  5. Rambut yang tebal juga bisa mengurangi atau mencegah benturan keras dari benda yang jatuh tepat di atas kepala kita.

Namun fungsi rambut tersebut dapat terhambat karena adanya kerontokan yang parah pada rambut.  Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan rambut rontok,seperti :

  1. Tidak adanya perawatan pada rambut. Kurangnya perawatan pada rambut dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.
  2. Terlalu banyak berfikir hingga stress dapat memperbanyak risiko kerontokan pada rambut
  3. Rambut memiliki akar yang tidak kuat atau rapuh. Penyebab ini menjadi salah satu penyebab terbanyak yang dimilki setiap orang yang memiliki rambut rontok. Akar yang tidak kuat menyebabkan rambut mudah patah sehingga lebih mudah pula untuk rontok.
  4. Terlalu sering direbonding. Bahan yang digunakan pada saat rebonding tersebut yang dapat merusak nutrisi yang ada di rambut jika terlalu sering memakainya.
  5. Ketidakcocokan pada penggunaan shampoo.
  6. Terlalu sering mencatok rambut. Hal ini membuat rambut kering karena suhu tinggi yang ditimbulkan oleh catok rambut,sehingga lebih cepat membuat rambut kering dan mudah patah hingga rontok.
  7. Faktor dari dalam tubuh seperti kekurangan vitamin/mineral,sehingga menyebabkan kurangnya nutrisi yang diterima oleh rambut.
  8. Adanya suatu gangguan autoimun dimana sel-sel dari arah putih tubuh kemudian menyerang folikel rambut dan bisa membuatnya berhenti untuk  menumbuhkan rambut
  9. Faktor makanan yang dimakan. Apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak menyebabkan kepala kelebihan minyak sehingga mudah rontok.
  10. Pewarnaan yang dilakukan pada rambut. Hal ini memang bertujuan untuk memperindah rambut ,namun apabila penggunaanya secara berlebihan dapat merusak rambut dan membuat rambut rontok.
  11. Karena kehamilan. Hal ini karena dipengaruhi karena telogen effluvium yang bisa membuat rambut menjadi rontok. Masalah ini biasanya akan muncul setelah 3 bulan setelah melahirkan.

Dari berbagai penyebab yang telah dipaparkan di atas ,bagi pemilik rambut rontok pasti mengalami salah satu atau bahkan lebih penyebab kerontokan pada rambutnya tersebut. Ada berbagai macam hal yang dapat mengurangi rambut rontok,misalnya saja dengan  mengurangi kebiasaan mengikat rambut dengan kencang,melakukan perawatan minyak alami,memakai kondisioner,menghindari keramas setiap hari,menghindari menggaruk kepala saat gatal,tidak melakukan keramas dengan air panas,menyisir rambut dengan baik dan benar,dan pemakaian serum pelindung rambut.

Namun jika anda penderita yang lebih menyukai perawatan yang alami untuk rambut anda. Ada berbagai cara mengatasi rambut rontok secara alami untuk anda seperti :

  1. Mengoleskan lidah buaya pada rambut.

    lidah buaya untuk mempertebal rambut

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan aloevera atau lidah buaya ini. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam lidah buaya dapat memberikan nutrisi pada rambut serta dapat menyuburkan dan menebalkan rambut. Cara penggunaannya pun mudah yaitu dengan mengambil beberapa helai lidah buaya,setelah itu kupas kulitnya,ambil lendir yang ada di lidah buaya tersebut,lalu oleskan pada rambut sambil memijat-mijat kepala anda,diamkan selama 15 menit,bilas dengan air atau langsung nmenggunakan shampoo. Lakukan hal ini secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Membiasakan melakukan pijatan di bagian kepala.

Memijat dengan santai pada bagian kepala dapat memperlancar sirkulasi darah yang ada di kepala. Hal ini akan lebih baik dilakukan jika menggunakan minyak yang dpat membantu perawatan rambut rontok juga. Jika anda belum bisa melakukannya sendiri anda  dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukannya agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Menggunakan daun seledri.

daun seledri atasi rambut rontok

Terdapat berbagai kandungan yang terdapat dalam daun seledri seperti vitamin A,vitamin B,dan natrium. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, lebih kuat dan lebih berkilau. Caranya yakni dengan haluskan terlebih dulu daun seledri secukupnya kemudian campurkan dengan telur kampung. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada rambut anda, diamkan selama 20 menit kemudian keramaslah untuk membersihkan rambut anda. Lakukan ini secara rutin untuk hasil maksimal.

  1. Menggunakan teh hijau

    teh hijau atasi rambut rontok

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan untuk mengurangi, mencegah dan mengatasi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga agar kondisi rambut tetap sehat. Caranya yaitu dengan dengan membubuhkan dua kantong atau lebih teh hijau yang telah diseduh air hangat pada kepala Anda. Teh hijau juga kaya akan antioksidan.

  1. Menggunakan jus alami.

jus bawang putih, bawang merah ataupun jus jahe dapat juga menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok yaitu dengan oleskan jus tersebut pada kepala anda, Kemudian diamkan semalaman (selama anda tidur), setelah itu bilaslah ketika anda bangun tidur dipagi hari dengan menggunakan sampo, agar bau bawang tersebut hilang. Lakukan hal tersebut secara rutin agar hasil maksimal.

  1. Mengoleskan minyak zaitun secara teratur pada rambut.

Hal ini dapat membuat rambut lebih berkilau ndan kuat.

  1. Menggunakan masker alami dari yoghurt.

    yoghurt kurangi masalah rambut rontok

Cara menggunakannya sama dengan penggunaan lidah buaya. Lakukan hal ini seminggu sekali.

  1. Menggunakan madu.

    madu kurangi kerontokan

Sudah bukan hal baru lagi jika madu dapat bermanfaat bagi bagian tubuh kita terutama untuk rambut. Dengan melakukan pemijatan yang disertakan madu dapat mengurangi adanya kerontokan yang terjadi pada rambut.

 

Naah,itulah cara mengatasi rambut rontok yang dapat dilakukan dengan mudah untuk setiap orang tanpa harus menggunakan bahan kimia yang malah dapat merusak rambut. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. (dari berbagai sumber)

Tentang Penulis

Ulfiana Sandra

Jurnalis di anakUntad.com
Matematika FMIPA UNTAD
Perindu langit, penanti bintang, dan pencandu cahaya

“Mulai belajar untuk berbagi adalah yang terbaik daripada tidak berbagi sama sekali”