Berita Terkini

Rayakan Ultah, GenBi Sulteng Libatkan Siswa dalam Pengenalan Bank Sentral

Ditulis Oleh Ulfiana Sandra

Palu – Menyambut  Hari Ulang Tahun Generasi Baru Indonesia (GenBi) yang ke-6 , Sabtu (11/11/2017), sejumlah rangkaian kegiatan digelar oleh GenBi Sulteng di SMK PGRI Palu. Rangkaian kegiatan itu diantaranya : sosialisasi kebanksentralan, donor darah, dan lomba rangking 1. Kegiatan-kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademik SMK PGRI Palu beserta masyarakat sekitar.

Acara yang bertemakan “Edukasi Kebanksentralan Menuju Generasi Muda yang Cerdas”  diadakan mulai pukul 08.00 WITA yag dibuka langsung oleh Lidyawati Lamakampali selaku Kepala Fungsi Koordinasi , Komunikasi, Dan Kebijakan Bank Indonesia.  Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan eksistensi Bank Indonesia di kalangan siswa SMA serta memperkenalkan ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Suasana pembukaan kegiatan GenBi

Sosialisasi kebanksentralan mengawali rangkaian acara HUT GenBi. Sosialisasi ini ditutup dengan diskusi tanya jawab oleh siswa dan pihak BI. Lomba rangking 1 juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan di HUT GenBi tahun ini. Perlombaan yang diikuti oleh 50 siswa terpilih ini berlangsung meriah dengan menerapkan 3 babak yaitu babak benar salah yang menggugurkan kurang lebih 25 peserta, babak pilihan ganda yang menyisakan 3 orang peserta, dan babak terakhir yaitu babak essay sebagai babak penentu kemenangan. Kegiatan GenBi ini melibatkan masyarakat sekitar dalam bentuk kegiatan sosial yaitu donor darah. Donor ini berlangsung hingga di penutupan acara.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan siswa-siswi terhadap peran dan tugas BI sebagai bank sentral serta ciri-ciri keaslian uang rupiah”, ujar Sahrul Gunawan selaku ketua GenBi wilayah Sulawesi Tengah. “ Untuk kegiatan GenBi Goes to School ini saya berharap kegiatan serupa dapat terlaksana di seluruh sekolah  di Kota Palu bahkan di daerah-daerah yang berada di provinsi Sulawesi Tengah agar banyak siswa yang mendapatkan sosialisasi dari BI “, tambahnya.

Tentang Penulis

Ulfiana Sandra