Tips & Trick

Tips Agar tidak jenuh Menggerjakan Tugas

Ditulis Oleh Anggita Rezkia
Berdasarkan survei dan pengamatan saya pribadi, banyak pelajar dan mahasiswa (termasuk saya sendiri, hehe…) pasti pernah mengalami yang namanya “titik jenuh” saat belajar, apalagi saat mengerjakan tugas, baik tugas sekolah, tugas kuliah, atau tugas-tugas yang lain. Ketika sudah mengalami titik jenuh ini, sering sekali mereka menyepelekan tugas dan bawaannya pasti “nanti aja dulu ngerjainnya, masih ada hari esok.”

Banyak yang mengatakan bahwa tugas lebih kejam dari ibu kota. Entah itu karena mereka yang sering menunda-nunda, atau memang kesulitan tugas yang mereka hadapi layaknya soal-soal yang dibuat sangat rumit dan membosankan, hehehe… Sehingga, tidak sedikit yang menganggap bahwa tugas adalah BENCANA.

Sebenarnya anggapan itu tidak tepat. Menurut saya, tugas merupakan salah satu kewajiban untuk Pelajar/Mahasiswa yang harus kamu hadapi karena itu adalah pilihanmu “it is your choise” kamu telah memilihnya dan kamu juga harus bertanggung jawab dengan pilihanmu. Kamu beranggapan seperti itu mungkin dikarenakan ada yang salah dari cara kamu memperlakukan tugas tersebut.

Lalu, bagaimana cara memperlakukan tugas yang baik sehingga tidak membuat jenuh lagi? Nah, berikut ini ada beberapa tips agar kamu tidak jenuh lagi saat mengerjakan tugas. Semoga bermanfaat.

1. Jangan mengandalkan “the Power of Kepepet

Jangan Menunda (via Kampusholic)

Jangan Menunda (via Kampusholic)

Menunda-nunda, pasti kamu pernah ngelakuin ini, ya kan? Ketika kita mengerjakan tugas yang sebentar lagi ada deadline menanti, pasti akan berujung pada rasa bingung yang menghampiri. Rasa bingung yang muncul itulah bisa membuat kita merasa jenuh sendiri. Tidak hanya jenuh, bahkan sampai menyalahkan guru atau dosen kita yang memberikan tugas terlalu banyak, padahal kamu sendiri yang menundanya.

Memang sih, tidak salah juga bila kita menerapkan jurus “the Power of Kepepet“, tapi coba kurangilah aktivitas menunda-nunda tugas dari sekarang. Karena ketika kamu menerapkan jurus tersebut, otak kamu akan lebih ekstra bekerja. Hal inilah yang mengakibatkan rasa jenuh muncul.

Ada beberapa keuntungan ketika kamu mengerjakan tugas sebelum deadline, antara lain kamu dapat nilai lebih karena mengumpulkan tugas lebih awal, punya waktu untuk istirahat, dan punya waktu buat mengerjakan tugas yang lain.

Tentang Penulis

Anggita Rezkia