Tahukah Kamu

6 Tradisi “Unik” Mahasiswa Saat Ujian Semester Tiba

Ditulis Oleh Sugi Safitri

Menjelang ujian semester (UTS/Final) segera tiba pasti menjadi hal yang sangat menakutkan bagi beberapa mahasiswa. Entah karena mata kuliah yang diujikan tersebut tidak disukai atau karena mata kuliah tersebut susah atau bahkan dosen pengajarnya yang super kiler :D. Bagi beberapa mahasiswa yang merasakan aura tersebut, pasti pernah menerapkan 6 tradisi unik berikut ini sebelum ujian berlangsung. Benar ga? cek yuk

  1. SKS (Sistem Kebut Semalam)

Sistem kebut semalam sudah menjadi hal yang biasa bagi beberapa mahasiswa. Apalagi pada saat musim UTS/Final kebanyakan mahasiswa belajar malam hari padahal waktu ujiannya besok.

Kebiasaan yang seperti  inilah yang harus sama-sama kita rubah. Mengingat tidak efisiennya waktu belajar dan menjadi terburu-buru.

  1. Datang Cepat Duduk Di Belakang

Tidak bisa kita pungkiri sebagian dari kita banyak melalukan trik seperti ini. Memilih posisi belakang atau pojok terbaik dari sisi kelas untuk melakukan strategi terbaik. Datang cepat dan duduk di belakang sudah menjadi salah satu alternative yang baik buat mereka yang suka lihat catatan sembunyi-sembunyi hehe.

  1. Isi Paket Data

Mengisi paket data juga menjadi salah satu kebiasaan mahasiswa dalam menghadapi UTS/Final. Menjawab soal dengan mencari jawaban di internet atau bahkan sudah men-screen shoot materi-materi perkuliahan yang telah di berikan. Selain mudah, juga tidak ribet untuk membuka buku catatan lagi.

  1. Duduk berdekatan dengan Si Pintar

Duduk berdekatan dengan teman yang pintar bisa membuat UTS/Finalmu lebih terbantu. Kita biasa mencari teman yang pintar, agar mudah atau dapat terbantu dalam proses pengisian soal. Tidak jarang biasa Si Pintar juga membuat trik agar susah untuk di dekati, seperti memilih untuk duduk di bangku depan. Mungkin Si Pintar butuh lebih fokus mengerjakan soal hehe.

  1. Membuat contekan

Mungkin kebiasaan ini sudah mainstream dan sudah di tekuni dari masa ke masa. 😀 Membuat contekan-contekan kecil dan di selipkan di tempat yang menurut kita aman bisa membantu dalam menyelesaikan soal. Namun membuat contekan mungkin tidak bisa menjadi alternative ketika kita harus berpapasan dengan Dosen yang kiler.

  1. Kode-Kode

Kode atau isyarat sering berlaku dalam ujian. Membuat kode bersama teman menggunakan jari atau ucapanlah yang biasa sering terjadi. Tapi hati-hati buat kamu yang suka kode-kodean jangan sampai salah mengartikan kode yah.

Beberapa kebiasaan diatas memang sangat familiar bahkan sudah melekat pada mahasiswa/pelajar dalam menghadapi ujian. Tapi semoga kebiasaan buruk ini jangan sampai di terapkan terlalu lama ya. Terus berfikir positif dan jangan lupa belajar dan juga berdoa untuk kamu yang akan melaksanakan ujian. Semangat! 🙂

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Sugi Safitri