3 cara mengetahui orang yang sedang berbohong

1. Mencoba menghindari kontak mata 

Jadi begini, Seperti yang pepatah katakan bahwa mata adalah jendela hati. Sehingga apabila seseorang sedang melakukan kebohongan, maka hal itu akan terlihat dari sorot matanya. Contohnya Mata orang yang berbohong tidak akan fokus pada mata kita. Jadi karena itu, apabila kita sedang berbicara dengan seseorang, pandanglah atau lakukan kontak dengan matanya.

Jika dia berkata jujur kepada kita, dia pasti akan membalas kontak mata yang kita arahkan padanya, dalam artian dia juga akan melihat mata kita. Namun berbeda kasusnya apabila dia berbohong kepada kita, bisa dipastikan dia akan menghindari atau sedikit ragu-ragu untuk melakukan kontak mata secara langsung dengan kita. Dia akan coba mengalihkan pandangan nya, seperti menoleh kanan kiri ataupun kepala tertunduk yang berarti mengarahkan pandangannya ke bawah.

2. Gugup dalam mengucapkan
Jadi bgini, Seseorang yang jago atau biasanya berbohong pasti tetap akan memiliki rasa gugup dalam dirinya ketika melakukan suatu kebohongan. Hal itu dikarenakan dalam kebohongan pasti ada sesuatu yang dirahasiakan, maksudnya tidak ingin disampaikan kepada lawan bicaranya.

Ciri dari orang yang gugup biasanya adalah mengeluarkan keringat dingin, tangan atau kaki yang tidak tenang (bergerak-gerak), dan lain sebagainya. Berbeda dengan orang yang jujur, dia akan lebih santai dan rileks dalam menyampaikan hal-hal yang sedang dibicarakannya kepada lawan bicaranya.

3. Senyum yang terlalu dipaksakan

Jadi begini, Senyum yang dipaksakan bisa dikatakan juga sebagai senyum yang bohong . Seseorang yang sedang berbohong cenderung memberikan senyum palsu, seperti senyum tanpa alasan yang jelas saat sedang asyik dalam pembicaraan. Hal ini dilakukan oleh orang yang berbohong untuk menutupi apa yamg sedang disembunyikannya.

Karena dalam ilmu psikologi juga dikatakan bahwa senyum yang sebenarnya akan nampak keliatan di bandingkan dengan yang berbohong, coba lakukan dengan mencoba melihat cermin belakang dengan senyum yang jujur dan tidak.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *