Saat ini mungkin acara ini merupakan tradisi bagi kami khususnya di Komunitas anakuntad, namun dulu saya tidak pernah terpikir bahwa acara ini akan terus berlangsung bahkan sampai hari ini. Setengah dekade lalu kami memulai ide gila ini.

Lalu Kenapa kami buat Tadulako menginspirasi?

Kampus kami dulu tak seperti saat ini, dimana saat ini sudah banyak mahasiswanya yang meraih prestasi tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Dulu mahasiswa yang seperti itu bisa kami sebut “langka” dan mereka bahkan kadang tidak muncul di permukaan, entah karena pihak birokrasi masih belum menyadari mahasiswa-mahasiswa ini, atau mereka memang tidak begitu peduli. Alhasil, mahasiswa yang berprestasi tersebut tidak diketahui banyak orang dan bahkan oleh kami teman-temannya di kampus. Mirisnya kami bahkan saat itu merasa mahasiswa UNTAD itu tak mampu berprestasi dibandingkan mahasiswa universitas lain.

 

Atas dasar kurangnya apresiasi pihak birokrasi tersebutlah, muncul ide membuat tadulako menginspirasi, konsep awalnya adalah mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa langka tersebut dan menampikan mereka di panggung agar bisa menginspirasi mahasiswa-mahasiswa lain untuk bisa berprestasi seperti mereka.  Bukan tanpa hambatan dalam menggelar “Tadulako Menginspirasi”. Saya masih ingat betapa ngototnya teman saya Satrio Amrullah saat kami menggagas Tadulako menginspirasi di tahun 2013 yang saat itu bertemakan “Berbagi, berprestasi dan menginspirasi” agar kegiatan ini terlaksana dan bisa memberi efek positif kepada sesame mahasiswa. Hambatan itu antaralain kegiatan ini adalah benar-benar independen tanpa bantuan dari pihak birokrasi kampus artinya dalam perekrutan panitia hingga penentuan speaker dan bagaimana acara berlangsung semuanya benar-benar dilakukan oleh mahasiswa tanpa interfensi dari pihak birokrasi kampus. Panitia bahkan pernah sampai ngutang dan pernah juga mengalami kerugian finansial dalam pelaksanaan acara ini.

Apa kata mereka tentang Tadulako Menginspirasi? Yuk disimak 😊 Ini kak Edi Utomo Putra, salah satu panitia dan Alumni Tadulako Menginspirasi 2013. Yang sekarang sedang melanjutkan study nya di Korea 💕 Mereka sudah menebar virus inspirasinya loh, kamu kapan? Hayukk, ikutan Tadulako menginspirasi 2017 di penghujung Tahun ini.. Segera miliki tiketnya kuy 😉 . Follow official akun kami : @tadulakomenginspirasi dan @komunitasanakuntad . #TM5 #TM2017 #TadulakoMenginspirasi #BerbagiBerprestasiMenginspirasi #SetengahDekadeMenginspirasiBumiTadulako #fkip #fakultashukum #fmipa #fakultaskehutanan #fakultaskesmas #fakultaskedokteran #fisip #fakultasteknik #fakultasekonomi #fapetkan #fakultaspertanian #anakuntaddotcom #soalpalu #infotadulako #untadhitz #paluhitz #anakuntad

A post shared by Tadulako Menginspirasi (@tadulakomenginspirasi) on

Bagi saya, yang membuat Tadulako Menginspirasi sangat berbeda dengan kegiatan yang ada adalah, para panitia ini adalah mahasiswa yang tidak berasal dari satu organisasi. Mereka adalah volunteer, ya sukarelawan benar-benar tidak dibayar ataupun dituntut untuk menjalankan Tadulako Menginspirasi. Mereka direkrut dengan senang hati, dan rela berkorban demi acara ini. Saya sendiri sudah 3 kali benar-benar menjadi bagian dari perhelatan akbar setahun sekali ini yaitu 2013, 2014, dan terakhir 2016. Banyak sekali ilmu serta motivasi yang saya dapat. Bahkan mungkin Tadulako Menginspirasi lah yang membuatku bisa bermimpi dan menancapkan mimpi ini hingga terwujud.

Tahun ini mungkin Inspiratornya tak sebanyak tahun kemarin. Namun, saat saya melihat kandidat final inspirator tahun ini sebut saja Reny Septiani, Zulkifli, Ryan Hankey dan Andriawan. Saya yakin mereka bisa membangkitkan semangat teman-teman di UNTAD. Saya tau bagaimana ke-empat inspirator ini berpikir out of the box. Renny misalnya, bisa di bilang dia adalah “Pemulung cantik” 😁. Bagaimana tidak dia rela mengumpulkan kertas-kertas bekas dari segala penjuru Palu demi project sosialnya atau Zulkifli yang punya talenta dalam bisnisnya dan kedua inspirator lainnya yang tidak perlu saya sebut disini tapi harus langsung di saksikan di panggung tersebut. Jadi bagi kalian mahasiswa UNTAD datang dan pastikan kalian terinspirasi dan membuat perubahan di bumi tadulako.

Pesan tiketnya di Whatsapp
Ulfi 082194068680 (cukup klik bagi pengguna mobile)

 

Tentang Penulis

Edi Utomo Putra

Bachelor of Agricultural Economics. Falling in love with Photography and Storygrapher wanna be.
Some of the story can be found in instagram.com/ediutomoputra