Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Lomba & Beasiswa

Q & A | Beasiswa Bank Indonesia

Ditulis Oleh Ulfiana Sandra

Hai anakUntad

Tidak terasa kita sudah berada di awal semester lagi ya kak, ditandai dengan pembayaran UKT yang sudah berjalan. Untuk  mahasiswa akhir harus tambah semangat ya kuliahnya kak, untuk mahasiswa non akhir jangan mau kalah semangatnya dong hehehe

Alhamdulillah di awal semester ini saya mau berikan kabar baik nih untuk para pemburu beasiswa khususnya mahasiswa/mahasiswi UNTAD. Di awal semester sekaligus mengawali tahun baru ini beasiswa BI resmi dibuka loh.

“Beasiswa BI itu apa sih kak?”

Nah, Beasiswa Bank Indonesia adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam bentuk pengabdian Bank Indonesia kepada dunia pendidikan. Pasti kalian penasarankan mulai dari persyaratannya, apa semua yang harus dilakukan, dan semua langkah-langkahnya. Berikut ini rangkuman pertanyaan buat kalian yang penasaran dengan beasiswa BI.

a. Apakah beasiswa ini berlaku untuk semua jurusan?

Bersyukurlah kamu mahasiswa yang ada di 16 program studi ini, karena kamu akan mendapatkan kesempatan besar untuk daftar beasiswa BI. Mau tahu program studi apa semua? Yuk cek apakah program studimu masuk dalam list :

  1. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
  2. Manajemen/Pendidikan Ekonomi Manajemen
  3. Akuntansi/Pendidikan Akuntansi
  4. Perbankan/Keuangan Syariah
  5. Ekonomi Islam/Ekonomi Syariah
  6. Matematika/Pendidikan Matematika
  7. Statistika
  8. Pertanian/Peternakan/Agribisnis/Hortikultura
  9. Sosial Ekonomi Pertanian/Sosial Ekonomi Perikanan
  10. Ilmu Hukum/Hukum Ekonomi Syariah
  11. Ilmu Pemerintahan
  12. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  13. Komunikasi/Ilmu Komunikasi
  14. Teknologi Informasi
  15. Sistem Informasi
  16. Ilmu Komputer/Informatika

 b. Apa semua tahapan-tahapannnya?

Kalau program studimu sudah masuk dalam daftar 16 nama prodi di atas, langkah selanjutnya adalah cari tahu tentang tahap-tahapnya apa semua. Dalam mendaftar beasiswa BI ada beberapa tahap yang harus dilalui yaitu :

  1. Sosialisasi dan pendaftaran

Untuk sosialisasi sudah dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2018 kemarin kak. Waah ada yang ketinggalan info yaa? Gapapa kok, tahap ini bukan tahap wajib kalau kamu mau jadi beswan BI. Tapi jangan lupa cari tahu tentang hasil sosialisasinya apa semua yaa… Karena di sosialisasi ini kamu bisa dapat semua informasi tentang Beasiswa BI kak. Daan setelah ikut langsung daftar dehJ.

  1. Seleksi tahap I

Sudah daftar kak? Baiklah Anda sudah masuk dalam seleksi awal di beasiswa BI. Seleksi tahap I ini berupa seleksi berkas-berkas yang sudah kamu kumpulkan. Biasanya seleksi ini dilakukan di Universitas masing-masing. Nantinya akan diumumkan mahasiswa yang lolos dalam seleksi tahap I ini. Tahap I dilaksanakan sampai tanggal 17 Februari 2018. Jangan sampai ketinggalan yaa kak.

  1. Seleksi tahap II

Ciee sudah lulus dari tahap I yaa kak? Selamat Anda berhak mengikuti selesksi tahap II. Seleksi tahap II ini berupa tes wawancara. Biasanya sih tes wawancara ini dilakukan oleh pihak Bank Indonesia. Jadi siapkan diri Anda dari sekarang juga. Tenang, wawancaranya tidak susah kok. Semua berkaitan tentang yang ada di dirimu dan semua yang kamu tulis di berkasmu. Ingat, tidak boleh bohong yaa.. Katakan sejujurnya yaa. Tahap II dilaksanakan pada tanggal 28 Februari – 2 Maret 2018.

  1. Pengumuman hasil akhir

Setelah melewati tahap wawancara saatnya kamu menanti pengumumannya deh. Semoga lolos yaa kak. Pengumuman beasiswa BI diumumkan tanggal 16 Maret 2018. Catat tanggalnya ya kak.

Tentang Penulis

Ulfiana Sandra

Jurnalis di anakUntad.com
Matematika FMIPA UNTAD
Perindu langit, penanti bintang, dan pencandu cahaya

"Mulai belajar untuk berbagi adalah yang terbaik daripada tidak berbagi sama sekali"