Info Kampus

Informasi KKN Angkatan 79 Universitas Tadulako

Berdasarkan surat edaran Nomor 046/UN28.2/PM/2018 dari pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang menindak lanjuti hasil keputusan rapat  persiapan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tadulako tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2018.Disampaikan bahwa mulai tahun 2018, mahasiswa Untad boleh memilih untuk mengikuti KKN bagi yang sudah memenuhi syarat akademik dan berbayar, atau SPKK yang tidak berbayar dapat diprogramkan pada semester akhir kuliah.

Melalui hasil tanya jawab dengan pihak LPPM bagian Kasubag Informasi dan Data, menjelaskan bahwa mulai tahun 2018 ini mahasiswa diberikan pilihan untuk dapat mengikuti  KKN berbayar dengan ketentuan telah memprogramkan minimal 100 SKS yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan atau memilih mata kuliah pengganti (SPKK) yang tidak berbayar dan dapat diprogram pada akhir semester perkuliahan saat semua matakuliah yang harus diprogramkan telah selesai.Dijelaskan pula bahwa SPKK adalah matakuliah pengganti KKN yang berlangsung selama satu semester (6 bulan) dengan waktu pembagian, 3 bulan menerima teori dan 3 bulan turun lapangan ke daerah yang ditentukan sendiri.

Informasi tentang jumlah biaya pembayaran KKN ini adalah sebesar Rp. 630.000,00 (enam ratus tiga puluh ribu rupiah) bagi angkatan 2012 keatas dan sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) bagi angkatan 2011 kebawah. Pihak LPPM juga menjelaskan bahwa anggaran pembayaran tersebut akan digunakan untuk pemenuhan atribut posko dan mahasiswa KKN. Mulai dari pembuatan spanduk, jaket KKN, baju KKN, topi KKN, juga biaya transportasi mahasiswa KKN kewilayah penempatan nantinya.

Selanjutnya pada surat edaran itu pula disampaikan bahwa jadwal pelaksanaan KKN selama 5 angkatan  di tahun 2018 (angkatan 79-83) dan SK Rektor Universitas Tadulako No. 586/UN28/KU/2018 tanggal 15 Januari 2018 untuk dapat disosialisasikan. Untuk pendaftaran KKN angkatan 79 akan dibuka mulai tanggal 20 Januari 2018 secara online dan berkas pendaftaran secara offline yang telah diverifikasi pada sub bagian Akademik Fakultas diterima oleh pihak LPPM paling lambat tanggal 26 Januari 2018.

Berikut persyaratan formulir pendaftaran manual (offline) mahasiswa KKN Universitas Tadulako angkatan 79 semester genap tehun akademik 2017/2018.

  • formulir pendaftaran manual
  • bukti pendaftaran online (setelah mendaftar online)
  • transkip nilai (min. 100 SKS) yang ditandatangani oleh wakil Dekan Bid. akademik
  • bukti bayar pendaftaran KKN sebesar Rp. 630.000,00 (enam ratus tiga puluh ribu rupiah) bagi angkatan 2012 keatas dan sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) bagi angkatan 2011 kebawah.
  • surat pernyataan mahasiswa mengikuti KKN
  • surat pernyataan orang tua/wali
  • fotocopy bukti pembayaran UKT semester berjalan
  • fotocopy KRS semester berjalan
  • memprogramkan KKN pada KRS online semester berjalan
  • masing-masing 1 rangkap untuk LPPM Untad (asli), 1 rangkap untuk akademik (pengajaran) fakultas (fotocopy), dan 1 rangkap untuk mahasiswa ybs (fotocopy).
  • bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus : wajib melampirkan surat keterangan dokter/puskesmas (sedang sakit dalam perawatan dokter dan sedang hamil, melahirkan atau menyusui)
  • map plastik 1 buah :
  1. FKIP = Kuning.
  2. FISIP, F.Ekonomi, F. Hukum = Merah.
  3. F.Pertanian, F. Kehutanan, Fapetkan =Hijau.
  4. F. Teknik, FMIPA, FKM = Biru.

Untuk lokasi penempatan Mahasiswa KKN angkatan 79 akan dikabari segera.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 

Tentang Penulis

Syarifah Suad Saleh Al idrus

Chief Marketing Officer dan Jurnalis anakUntad.com. Pendidikan Biologi FKIP Untad 2014.