Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Limbah Kertas Bisa Bantu Orang?

Ditulis Oleh Reny Septiani
Setiap hari, pasti kita semua tidak bisa lepas dengan yang namanya kertas bukan? Mulai dari pengerjaan laporan-laporan, tugas-tugas sampai percetakan atau fotocopy, selalu membutuhkan kertas sebagai penunjang pekerjaan kita. Namun, faktanya kertas-kertas yang sering kita gunakan, sebagian besar akan berakhir di tong sampah atau dibakar. Akibatnya, kerugian yang dihasilkan dari penggunaan kertas lebih besar dari pada manfaatnya sendiri. Padahal, untuk memproduksi setidaknya 1 rim kertas (300 lembar) dibutuhkan 1 pohon usia 5 tahun. Belum lagi proses produksi kertas baru yang menghasilkan berbagai macam limbah kimia baik cair, padat maupun gas yang pasti menjadi penyebab kerusakan lingkungan.

Solusinya? apakah kita mesti berhenti menggunakan kertas? apakah kita harus mendaur ulang kertas-kertas yang sudah kita pakai? atau kita harus mengganti 300 lembar kertas yang sudah kita gunakan dengan 1 pohon?

Bisa saja iya. Tapi tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut, terbatasnya waktu dan kemampuan akhirnya solusi membuang kertas yang sudah terpakai dan dibakar lah yang diadopsi. Untungnya, salah satu komunitas di Kota Palu hadir memberikan solusi yang sangat sederhana khususnya limbah kertas. Solusi ini bisa dilakukan untuk semua orang tidak terbatas usia, pekerjaan dan kemampuan. Solusi ini juga bisa membantu orang yang membutuhkan!

@bajukertasku, organisasi lingkungan dan sosial hadir untuk mengurangi produksi limbah kertas yang mencemari lingkungan serta membantu masyarakat yang membutuhkan. Organisasi ini mengumpulkan limbah kertas dari donatur, mulai dari mahasiswa, sekolah, hingga kantor-kantor. Kertas tersebut kemudian dijual kepengepul barang bekas dan hasil dari penjualan limbah kertas tersebut disalurkan ke saudara-saudara yang membutuhkan berupa pakaian serta seragam sekolah. Sejak tahun 2016, organisasi ini berhasil mengumpulkan lebih dari 6 ton sampah kertas yang tersebar di beberapa wilayah, diantaranya @bajukertasku.jakarta , @bajukertasku.pku, @bajukertasku.serang dan @bajukertasku.semarang.  Dan berhasil membagikan baju baru serta seragam sekolah baru lebih dari 200 pcs ke saudara-saudara yang membutuhkan, diantaranya pemulung di sekitar Kota Palu, adik-adik di kabupaten Donggala dan Kota Palu, adik-adik panti asuhan wilayah Pekanbaru serta adik-adik dikawasan pasar senen Jakarta.

Sekarang tumpukan limbah kertas kita yang ada dirumah atau dimanapun itu bisa dimanfaatkan kembali, tidak hanya membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, limbah kertas yang dijual akan menjadi bahan baku untuk membuat kertas yang baru kembali. Jadi, pohon-pohon yang ditebang bisa lebih berkurang, lingkungan menjadi lebih bersih dari limbah kertas dan juga bermanfaat untuk sosial.

Punya kertas bekas? hubungi saja Baju Kertasku melalui instagram di @bajukertasku.

Jadikan Kertas Bekas Lebih Bermanfaat.

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 

Tentang Penulis

Reny Septiani

Halo..
Glad if you have something to discuss :)