Lomba & Beasiswa

Q & A | Beasiswa Karya Salemba Empat

Ditulis Oleh Anggita Rezkia

Hallo teman-teman kali ini saya sharing mengenai Beasiswa Karya Salemba Empat, sebelum membahas Q & A | Beasiswa Karya Salemba Empat, mulai dari pendaftaran hingga keunggulan menjadi beswan kse, kita bahas dulu apa itu Karya Salemba Empat. Karya Salemba Empat merupakan beasiswa Non Dikti yang didirikan oleh Yayasan Karya Salemba Empat yang berdiri pada 03 Oktober 1998 oleh alumni Universitas Indonesia (UI) Fakultas Ekonomi, hebat ya kaks, mereka memiliki visi dan misi “berbagi mimpi dan dedikasi bersama menuju mendidik Indonesia”.

Pendidikan Tinggi adalah salah satu jalan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Memperluas aksesibilitas kelompok masyarakat kurang mampu dalam menikmati layanan pendidikan tinggi merupakan salah satu cara memotong rantai kemiskinan. Banyak Mahasiswa di Perguruan Tinggi yang terancam putus dikarenakan ketidakmampuan dalam financial. Pemberian beasiswa diharapkan dapat mengurangi mahasiswa tersebut putus atau berhenti dalam meraih impiannya mendapatkan gelar sarjana dan memperbaiki kualitas hidup mereka dan keluarganya.

Nah, setelah kamu tahu apa itu beasiswa Karya Salemba Empat, yuk kita simak Q & A berikut.

Q & A          

Berapa sih tunjangan yang di berikan oleh Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)?

Ini pasti menjadi Quistion Pertama ya, hehehe

Tunjangan beasiswa yang diberikan sebesar Rp. 600.000.00 (enam ratus ribu rupiah) per bulan selama satu tahun. Lumayan ya kaks buat nambah uang UKT dan Uang jajan terutama buat yang nge-Kos.

Apa saja Persyaratan Khusus Penerima Beasiswa Karya Salemba Empat?

  1. Komitmen
  2. Membutuhkan dukungan finansial.
  3. Mahasiswa S1, Semester 2 – 6.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa lain ( UKT, Bidikmisi, PPA, BBM dst).
  5. Wajib memiliki rek. BNI Konvensional atas nama sendiri.

Apa saja program Karya Salemba Empat?

Jadi tidak semata bantuan dana pendidikan saja melainkan Beasiswa Karya Salemba Empat juga mencakup program pembinaan dari Karya Salemba Empat, seperti tatap muka, leadership program, seminar, workshop, Entrepreneur Academy Camp dan coaching di luar kota kaks kalian akan bertemu dengan teman teman-teman di berbagai PTN lainnya. Lumayan tuh, siapa tau dapat rejeki (jodoh) dari PTN luar kota. hehehe

Apakah Beasiswanya hanya berlaku satu semester atau satu tahun saja?

Di simak ya.. yang menarik dari Beasiswa Karya Salemba Empat ini, pelamar beasiswa dapat memperpanjang beasiswa tersebut di periode berikutnya. Atau bila saat ini sedang menerima beasiswa tersebut, bisa melakukan pengusulan kembali untuk memperoleh Beasiswa Karya Salemba Empat tahun akademik 2018 – 2019. Begitu pula seterusnya kaks.

Selain itu apa lagi Manfaat lain dari beasiswa Karya Salemba Empat?

Bagi mahasiswa yang telah menerima beasiswa KSE minimal selama 1 tahun dengan prestasi yang sangat baik dan aktif di berbagai kegiatan sosial, selain tunjangan beasiswa sebesar 600 ribu rupiah per bulan, juga mendapatkan tunjangan SPP/BOP sebesar Rp 1.500.000,00 per semester selama satu tahun akademik. Manfaat lainnya adalah disediakan bantuan biaya skripsi/tugas akhir yang besarannya disesuaikan kebutuhan.

Pada tahun ini, Beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat telah menerima sekitar 35.000 lebih aplikasi permohonan beasiswa. Namun demikian, dikarena keterbatasan jumlah mahasiswa yang diberikan beasiswa tidak lebih dari 10%. Dari tahun ke tahun jumlah pelamar beasiswa menunjukkan peningkatan yang signikan namun dari tahun ke tahun jumlah perbandingan antara pelamar dan jumlah yang diterima mengalami penurunan. Kita dapat membantu untuk bersama-sama mengulurkan tangan agar semakin banyak mahasiswa yang dibantu dalam pendidikannya.

Berkat dukungan semua pihak, Beasiswa KSE telah berkembang dengan memberikan dukungan kepada lebih dari 20.000 mahasiswa dari 30 Perguruan Tinggi Negeri. KSE adalah jembatan bagi berbagai perusahaan dan individu dalam menyalurkan sumbangan mereka kepada kandidat dan program-program peningkatan soft skill yang tepat. Selain itu, KSE juga mendorong dan turut mempersiapkan penerima beasiswa menjadi lulusan yang memiliki integritas, berwawasan kebangsaan, cinta pada tanah air nusa dan bangsa melalui berbagai program-program pembinaan.

Tentang Penulis

Anggita Rezkia