Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Info Event

ON-MIPA PT 2018 Segera Digelar, Simak Informasinya disini

belmawa.ristekdikti.go.id

anakUntad.com – Melalui laman belmawa.ristekdikti.go.id, KemenristekDikti resmi umumkan penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Tahun 2018. Pengumuman tesebut dirilis pada 2 Februari 2018 dalam bentuk Surat yang ditujukan pada Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri bidang Kemahasiswaan seluruh Indonesia.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Kemahasiswaan tersebut menjelaskan, ON MIPA PT ini dilaksanakan kembali guna meningkatkan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa pada bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Seperti biasanya, Olimpiade ini selalu melakukan seleksi berjenjang untuk menentukan Pemenangnya seleksinya dilakukan dalam Tiga Tahapan.

Tahap Pertama

Masing-masing Perguruan Tinggi menyeleksi 7 (Tujuh) orang mahasiswa per bidang studi (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) ke Kopertis Wilayah masing-masing paling lambat tanggal 6 Maret 2018.

Tahap Kedua (Tingkat Wilayah)

Mahasiswa yang terpilih akan mengikuti seleksi secara serentak pada tanggal 21-22 Maret 2018 di Kopertis masing-masing. Untuk Pulau Sulawesi sendiri termasuk dalam Kopertis Wilayah IX.

Tahap Ketiga (Tingkat Nasional)

Seleksi Tahap III akan diikuti oleh maksimal 64 mahasiswa setiap bidangnya yang terdiri atas:
a. Juara I dan II hasil seleksi Tahap II ON MIPA-PT tingkat wilayah;
b. Peserta terbaik dari PTS di masing-masing wilayah;
c. Juara II dan III OSN-Pertamina Kategori Teori tahun 2017;
d. Mahasiswa peraih nilai tertinggi seleksi Tahap II (selain butir a) secara keseluruhan untuk memenuhi kuota

Pada Tahap III ini, akan ditentukan 20 peserta terbaik per-bidang dengan pengelompokan:
a. tiga peraih medali emas;
b. lima medali perak;
c. tujuh medali perunggu; dan
d. lima honorable mention.

Untuk mengikuti Olimpiade ini, Peserta harus memenuhi beberapa Persyaratan berikut :

  1. Mahasiswa pada Program studi Strata Satu (S1) perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  2. Maksimal semester 8
  3. Terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) http://forlap.dikti.go.id ;
  4. Belum lulus sampai dengan tanggal 31 Agustus 2018
  5. Berasal dari bidang ilmu MIPA atau yang relevan
  6. Peserta belum pernah mendapatkan medali emas atau Juara I masing-masing dalam ON MIPA-PT atau OSN-Pertamina
  7. Khusus peserta matematika, belum pernah mengikuti kompetisi International Mathematics Competition for University Students (IMC)
  8. Peserta seleksi Tahap II adalah peserta terbaik hasil seleksi Tahap I dan mendapatkan rekomendasi dari pemimpin perguruan tinggi bidang kemahasiswaan

Khusus Pemenang Pada Bidang Matematika hasil ON MIPA-PT, akan diikutkan dalam ajang International Mathematics Competition for University Students (IMC) yang akan dilaksanakan di Blagoevgrad, Bulgaria pada bulan Juli s.d. Agustus 2018.

Panduan Lengkap ON-MIPA PT Tahun 2018 bisa didownload disini

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya