Tips & Trick

6 Cara Jitu Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone Kamu

“Menjelajah di dunia maya menggunakan jaringan internet saat ini memang sudah menjadi kebutuhan utama banyak orang. Dengan semakin banyaknya keutamaan dan kelebihan yang ditawarkan jaringan internet memang membuat banyak orang tertarik memanfaatkannya.”

Beragam kemudahan dan kelebihan ini akhirnya menjadikan internet banyak disukai dan penggunanya makin bertumbuh setiap tahunnya. Jaman sekarang penggunaan internet sudah menjadi hal yang sangat penting dan krusial. Bahkan kalau nggak ketemu sehari aja bisa bikin mood kamu berantakan. Tapi pemakaian kuota internet berbanding terbalik sama harganya. Semakin banyak dan cepat koneksi yang ditawarkan, semakin mahal pula harganya. Bisa tekor kalo gitu terus. Terkadang, dengan nyamannya penggunaan smartphone, sering kali tidak terasa bahwa penggunaan kuota data internet sudah di ambang kematian. Padahal baru saja beli kuota internetnya, dalam waktu seminggu nggak kerasa habis sudah jatah untuk sebulan.

Kalau begitu artinya masih ada cara yang salah dalam penghematan kuota internet di smartphone kamu. Agar kamu tidak perlu membuang uang lebih sering hanya untuk membeli paket internet setiap saat, nih ada beberapa cara sederhana yang ampuh untuk menghemat kuota data kamu. Yuk disimak baik-baik.

1. Ubah fitur Maps ke Mode Offline

Aplikasi Maps pada sebuah ponsel pintar memang mampu menguras kuota inetrnet Anda dengan cepat. Dan anehnya banyak penggunanya yang tidak menyadari hal ini. Aplikasi Maps ini menggunakan layanan GPS yang ternyata menguras data internet, akan makin banyak menguras data bila kamu menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini kamu bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, kamu bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Setelah itu Anda bisa menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan `Save map to use offline’. Dari sini kamu bisa memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline.

2. Pakai Browser yang Lebih Efisien

Sebuah browser atau peramban ternyata juga mampu membuat kuota internet kamu terkuras habis. Terutama browser default yang merupakan bawaan dari smartphone kamu yang banyak diyakini banyak mengambil kuota internet kamu. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini dan Google Chrome. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet kamu secara primer dengan mengompres website yang kamu kunjungi. Pada Opera Mini Dengan fitur data-saving `video boost`, kamu akan mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar. Dan pada browser Google Chrome tentunya dengan sebuah strategi khusus. Caranya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

Tentang Penulis

Syarifah Suad Saleh Al idrus

Chief Marketing Officer dan Jurnalis anakUntad.com. Pendidikan Biologi FKIP Untad 2014.