Tahukah Kamu

Ini Alasan, Mengapa Akreditasi Jurusan Sangat Penting!

Ditulis Oleh Sulkifly tallesang

“Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.”

Landasan dari akreditasi sebuah intitusi pendidikan yakni Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 60 dan 61). Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (Pasal 47) Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 86,87, dan 88). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Data terakhir per 27 April 2016 yang dikeluarkan Kementrian Riset dan Teknologi) ada 121 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 3.109 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di bawah dikti (PT umum). Terdapat 76 Perguruan Tinggi Agama Negeri (PTAN) dan 958 Perguruan Tinggi Agama Swasta (PTAS) yang berada dibawah kementerian agama. Yang berada di bawah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ada 175 Perguruan Tinggi Kedinasan Negeri.

Sama halnya dengan agreditasi sebuah perguruan tinggi, setiap jurusan dalam perguruan tinggi perlu adanya agreditasi. Kita sering kali melihat atau mendengar dari kerabat,teman atau siapa saja kalau mau masuk kuliah pilih jurusan yang memiliki akreditasi yang bagus. Kenapa demikian ? mengapa harus memilih jurusan yang akreditasi yang bagus ? Nah berikut ini beberapa manfaat akreditasi bagi mahasiswa dan perguruan tinggi, manfaat ini kami rangkum dari berbagai sumber dan informasi.

  1. Akreditasi itu merupakan cerminan kualitas dari sebuah jurusan, jadi semakin bagus akreditasi sebuah jurusan maka bisa di ambil kesimpulan jurusan tersebut semakin baik.
  2. Bagi perguruan tinggi Negeri ataupun swasta, akreditasi di jadikan sebagai acuan dalam pengajuan proyek institusi.Semakin baik akreditasi nya semakin besar pula proyek yang bisa di ambil.
  3. Bagi yang ingin menjadi PNS maka akreditasi sangatlah penting sebab biasanya ada salah satu persyaratan yang mengharuskan lulusan dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi.Jurusan yang telah terakreditasi berarti telah terdaftar di data perguruan tinggi indonesia.
  4. Bagi anda yang ingin melamar kerja ke perusahaan – perusahaan, saat ini tidak jarang perusahaan-perusahaan swasta di indonesia yang menjadikan syarat untuk melamar kerja berasal dari perguruan tinggi dengan jurusan yang berakreditasi minimal B.

Jadi Akreditasi jurusan sangat diperlukan nih teman belajar, untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi, dimana setiap perguruan tinggi harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusan nya dan dapat menjamin tentang proses belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebut. Dari uraian diatas ternyata memang banyak sekali manfaat dari akreditasi sekolah/madrasah. Sekian informasi mengenai Tujuan, Manfaat dan Fungsi akreditasi semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Tentang Penulis

Sulkifly tallesang