Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini

Kuliah Tamu : Sarjana Administrasi Publik Wajib Punya Empat Hal Ini!

Ditulis Oleh Suci Fitrah Syari

Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako menggelar Kuliah Tamu dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Optimalisasi Pelayanan Publik dan Potensi Desa”, bertempat di Ruang Senat Lama FISIP UNTAD pada Kamis, 29 Maret 2018. Kuliah tamu ini mengundang Dr.H. Jamaluddin Ahmad, S.Sos, M.Si yang merupakan anggota dari Indonesian Association for Public Administration (IAPA).

Dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr.Muhammad Khairil, S.Ag, M.Si pada pukul 09.00 WITA. Tidak hanya mahasiswa Administrasi Publik, hadir pula dosen dan juga beberapa Kepala Desa dan mahasiswa Pasca Sarjana Non-Reg.

Peserta Kuliah Tamu

Materi yang diangkat adalah terkait bagaimana membangung desa dengan memanfaatkan teknologi yang ada dengan melibatkan dosen dan para mahasiswa agar tercipta optimalisasi pelayanan publik yang diharapkan. Ditampilkan pula testimoni penggunaan teknologi berupa website yang sudah diaplikasikan di beberapa desa. Website tersebut berisi data-data yang dibutuhkan dalam pelayanan publik, seperti arsip surat, database, dan berbagai dokumen penunjang pelayanan publik lainnya. Tak hanya itu, Bpk.Jamaluddin juga berpesan, bahwa sebagai Sarjana Adminstrasi Publik ada beberapa hal yang wajib dimiliki, yakni kreatifitas, inovatif, daya Saing, dan jaringan.

Sarjana administrasi pubik haruslah memiliki empat hal ini. Yang pertama, kreatifitas yakni ide kreatif yang kalian miliki. Yang kedua, inovatif yakni kemampuan untuk menghasilkan karya baru. Yang ketiga, daya saing. Daya saing yang harus kalian miliki yakni ada dua, bahasa dan teknologi. Dan yang terakhir adalah jaringan. Keempat hal ini wajib dimiliki. Karena saat ini kalian bukan lagi bersaing dengan mahasiswa dari UNHAS, UGM, atau UI, tapi dengan negara lain”, papar beliau.

Selain itu, kegiatan-kegiatan seperti ini juga sangat diharapkan, selain sebagai ajang silaturrahim juga guna meningkatkan wawasan mahasiswa terkait disiplin ilmu yang diambil.

Semoga kedepannya makin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini yang dilaksanakan di prodi Administrasi Publik, sehingga makin banyak ruang dalam keterlibatan mahasiswa baik dalam hal peningkatan wawasan maupun kreatifitas mahasiswa” ujar Endi (Mahasiswi Adm Publik 2015)

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Suci Fitrah Syari

Chief Executive Officer of anakUntad.com. Fisip Administrasi Publik. Konseptor. Sedang berproses meraih mimpinya.

"Jika engkau bukan anak raja, bukan pula anak ulama besar maka jadilah seorang penulis" ~ Imam Al-Ghazali