Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Wisata & Kuliner

Menikmati Musim Semi di Korea

Ditulis Oleh Edi Utomo Putra

Musim semi telah tiba, pohon-pohon yang tak berdaun mulai menumbuhkan daun-daun mereka. Namun tak juga itu, di negara empat musim seperti Korea Bunga Sakura cukup banyak di temukan. Maklum saja Korea juga dulu di jajah Jepang, hampir sama seperti Indonesia. Saat masa penjajahan tersebut Jepang banyak menanam pohon sakura di Korea.

Species Sakura atau cherry blossom sendiri cukup banyak namun species yang banyak tumbuh di Korea adalah Yoshino Cherry (Prunus × yedoensis). Banyak media Korea yang mengatakan kalau Yoshino Cherry adalah jenis pohon yang sama dengan spesies yang berasal dari Pulau jeju. Tapi ternyata setelah dilakukan penelitian mendalam 2 kedua species itu ternyata berbeda dan akhirnya pohon yang asalnya dari Jeju tadi di beri nama Cerasus × nudiflora  atau King Cherry. Tapi faktanya kebanyakan pohon yang di tanam di area festifal seperti di Jinhae adalah species Prunus × yedoensis.

Well, daripada pusing-pusing mikirin Species tadi. saya akan membagikan dimana saja sih tempat terbaik di Korea jika ingin menikmati  bunga ini.

Yoshino Cherry

Yoshino Cherry @ediutomoputra

Seoul

Kita mulai yang pertama dari Seoul, biasanya kalau ke korea pasti ke Seoul jadi jangan lupa mampir di sini. Festival bunga sakura paling terkenal di Seoul adalah festival Bunga Sakura Yeouido. Ini juga dikenal sebagai Yeongdeungpo Yeouido Spring Flower Festival. Berkat pembukaan ekstensi jalur kereta bawah tanah 9, festival ini lebih mudah diakses daripada sebelumnya.

Yeouido Cherry Blossom Festival

Yeouido Cherry Blossom Festival via www.90daykorean.com

Selama festival sakura, kalian dapat melihat sekitar 1.400 pohon sakura bermekaran penuh. Ada pertunjukan jalanan, penjual makanan, dan banyak pameran yang berbeda, jadi festival ini sempurna buat melihat bunga-bunga ini sambil piknik bareng keluarga atau pasangan misalnya.

Untuk sampai ke festival, ambil Seoul Subway Metro Line 9 ke National Assembly Station (국회 의 사당역). Jika terlalu ramai kalian mungkin diarahkan ke Dansan Station (당산역) atau Yeouido Station (여의도역). Kalian bisa ke sini di pekan pertama April tiap tahunnya, info lebih lanjut : http://tour.ydp.go.kr/

Gyeongsang Region

Gyeongsang memiliki beberapa kota paling terkenal di Korea, termasuk Busan, Daegu, dan Ulsan. Wilayah ini berada di wilayah paling tenggara Korea, dan terkenal akan makanan lautnya, ini adalah makanan laut terbaik yang akan kalian temukan di Korea. Daerah paling terkenal di region ini adalah Jinhae, disini kalian bisa menikmati Cherry Blossoms at the Jinhae Gunhangje Festival festival ini sendiri diadakan dari tanggal 1 april – 10 april tiap tahunnya.

JInhae Cherry Blossom Festival

JInhae Cherry Blossom Festival via www.90daykorean.com

Selama waktu ini pangkalan angkatan laut, biasanya terbatas, dibuka untuk umum dan kalian dapat belajar tentang Laksamana Lee Sun-Shin dan melihat replika salah satu Kapal Penyu yang terkenal. Kota ini juga menempatkan banyak acara budaya dan membuka pasar khusus. Jika kalian penggemar sejarah atau suka belajar tentang budaya Korea, kalian harus datang dan lihat tempat ini.

Jangan Lupa datang

Kata Komandan Jangan lupa kesini via www.90daykorean.com

Tetapi daya tarik utamanya tentu saja kelopak-kelopak merah muda putih dan lembut yang orang-orang telah keliling dari seluruh negeri untuk melihatnya. Festival Jinhae Gunhangje diadakan di persimpangan Rotary Jinhae Jungwon. Selain bunga sakura, Anda juga dapat melihat pertunjukan seni dan budaya atau mengunjungi Paldo Pungmul Market. Untuk sampai ke festival, dari luar Jinhae, pergilah ke Terminal Bus Jinhae Intercity. Anda dapat berjalan kaki atau naik taksi dari terminal ke festival di Rotary Junction Jinhae Jungwon. Indo lebih lanjut bisa lihat di http://gunhang.changwon.go.kr/main/main.jsp

Busan

IMG_6253.jpg

Banyak manusia yang datang @ediutomoputra

Nah tapi kalau kalian lagi di Dibusan dan gak sempat kemana-mana karena jauh, kaya saya (maklum mahasiswa mau jalan-jalan susah) kalian bisa datang ke 2 tempat  yang pertama ke Daejeo Ecological Park (대저생태공원 ) atau ke Samnak Ecology Park (삼락생태공원).

Untuk Ke Daejeo Ecological park kalian tinggal naik subway Line 3 dan turun di stasiun Gangseo-gu Office sedangkan kalau ke Samnak Ecological park Kalian bisa pakai line 2 dan berhenti di stasiun Sasang. Sebenernya lokasi kedua tempat ini  cukup berdekatan ? alias Cuma di pisahkan sama sungai Cuma kalau jalan kaki lumayan jauh juga. Missal dari Daejeo mau ke Samnak bisa naik bis no 123, 15 menit sampai deh.

Saya sendiri Pergi ke Daejeo lalu kemudian ke Samnak, Cuma karena di samnak orang yang datang ternyata banyak sekali akhirnya langsung cus cari makan ke Restoran Indonesia yang kebetulan ada di dekat situ. Pesan saya kalau ke sini jangan sendirian, bisa baper apalagi kalau jomblo. Kebanyakan yang datang bawa pasangan semua mulai dari kakek-nenek sampai anak SMA juga ada loh.

Tulip in daejeo

Tulip in daejeo park @ediutomoputra

Di Daejeo Ecological Park kalian bisa lihat-lihat tulip yang warna warni ini jadi berasa di Leiden belanda, yang biasanya ada festival tulip tiap musim semi. kalian juga bisa main-main di hutan bambu yang ada di samping jalanannya, asal jangan tersesat dan tak tahu arah jalan pulang ya ?. Baiklah sekian dulu tulisan kali ini, jangan lupa komen di bawah siapa tau kalian punya ide-ide menarik dan jangan lupa share artikelnya dan terakhir jangan lupa subscribe channel youtube saya ya di https://youtube.com/ediutomoputra.

 

 

 

 

Tentang Penulis

Edi Utomo Putra

Bachelor of Agricultural Economics. Falling in love with Photography and Storygrapher wanna be.
Some of the story can be found in instagram.com/ediutomoputra