Opini

4 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mengikuti Ormik

ormik
Ditulis Oleh Purnama Tri Buana

Orientasi Mahasiswa Akademik (Ormik)

Orientasi Mahasiswa Akademik (Ormik) adalah proses awal adaptasi bagi mahasiswa baru untuk dapat mengenal ruang lingkup universitas, fakultas serta jurusan baik meliputi visi misi, layanan mahasiswa, peraturan akademik dan kemahasiswaan. Ormik bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa baru. Pentingkah mengikuti orientasi tersebut? Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh calon mahasiswa. Karena keingintahuannya, seorang calon mahasiswa biasanya mencari tahu alasan-alasan, mengapa kita harus mengikuti orientasi. Memang banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa ormik itu tidak penting, hanya membuat habis waktu, uang dan tenaga saja. Bagi sebagian dari mereka menganggap bahwa orientasi hanyalah sebuah kegiatan konyol yang berisi kekerasan dan penganiayaan dari kakak senior.

4 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mengikuti Ormik

1. Ormik itu Seru!!

Mengapa sampai di katakan seru? Karena Ormik adalah kegiatan pengenalan kampus yang berbeda dari pengenalan lingkungan sekolah Saat SMA/SMK. Mahasiswa baru akan mengikuti beberapan kegiatan pengenalan lingkungan kampus seperti, Upacara penerimaan mahasiswa baru, Kegiatan bakti lingkungan, hingga pembekalan materi umum. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk mematuhi aturan seperti, berpakaian rapi, menggunakan kemeja putih, celana atau rok hitam, dan tentunya sepatu berwarna hitam. Selain itu mahasiswa menggunakan beberapa atribut yang di tentukan sesuai aturan. Menarik bukan?

2. Dapat Menambah Pengetahuan

Mahasiswa baru akan diberikan pemahaman awal tentang lingkungan akademis, dan penggunaan sarana yang tersedia di kampus. Pada saat pembekalan materi, akan di perkenalkan fakultas-fakultas yang ada di universitas hingga pengenalan UKM atau Lembaga Mahasiswa. Tak hanya itu, mahasiswa baru juga di berikan pengetahuan umum yang disampaikan langsung oleh pemateri yang biasanya berasal dari orang-orang yang berpengaruh di universitas tersebut. wah keren ya.

3. Memperkenalkan keunikan Universitas

Mahasiswa baru juga akan diberikan informasi seperti, keunikan yang ada pada universitas tersebut. Berbicara tentang keunikan, salah satu universitas yang ada di Sulawesi Tengah ialah Universitas Tadulako. Untad memang terkenal berbeda dari universitas-universitas lain. bisa dilihat dari letak kampus Untad yang strategis, dimana terletak di daerah dataran tinggi dan kita dapat melihat keindahan Teluk kota Palu. Lalu di lihat dari segi bangunan di untad, meskipun bangunan untad tak banyak yang bertingkat seperti kampus lain, namun ruangannya dapat menampung mahasiswa secara maksimal dengan fasilitas yang tersedia.
Keunikan lainnya yaitu banyaknya lahan kosong yang belum terealisasi. meskipun lahan tersebut masih kosong, namun kebersihan di sekitarnya tetap terjaga.
Dan yang terakhir yaitu, tempat parkir di untad. Dimana setiap fakultas menyediakan lahan parkir untuk kendaraan mahasiswa maupun dosen. Bahkan, ada beberapa fakultas yang tiap gedung kelas menyediakan tempat parkir tersendiri. Unik ya teman-teman

4. Memperbanyak Teman

Hal yang paling di tunggu-tunggu saat ormik adalah, berkumpulnya semua mahasiswa baru, untuk mengikuti serangkaian kegiatan ormik. Dimana mahasiswa baru berasal dari daerah yang berbeda-beda. Maka melalui kegiatan ormik, mahasiswa baru dapat memperbanyak teman. Bukan hanya teman sesama jurusan, tapi kita akan mengenal lebih banyak teman dari fakultas lain. Seru kan teman-teman

Bagaimana menyenangkan bukan?
Untuk itu janganlah takut untuk mengikuti ormik dengan alasan ormik itu menyeramkan.

Jangan takut melakukan hal-hal baru, karena berani mencoba sesuatu yang baru itu lebih baik dari pada tidak melakukan sama sekali, karena di balik itu semua kita akan mendapatkan suatu pelajaran. mencoba dalam artian yang baik ya teman-teman.

Baca Juga :

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

 

Tentang Penulis

Purnama Tri Buana