Pendidikan Biologi

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Mahasiswa Pendidikan Biologi

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi yang berada pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Nah untuk adik-adik 2018 yang memiliki minat masuk perguruan tinggi khususnya Pendidikan Biologi hal-hal inilah yang harus kalian ketahui tentang Pendidikan Biologi.

1. Sistem Kekeluargaan

Didalam Biologi sangat dikenal dengan sistem kekeluaragaan yang begitu kental dari tahun ketahun sangat erat hubungannya. Baik ikatan hubungan kekeluargaan dengan para senior bahkan dengan para bapak dan ibu dosen di ruang lingkup Pendidikan Biologi. Di program studi Pendidikan Biologi adik-adik akan dibina dan dibimbing tentang segala sesuatu yang menyangkut dengan Pendidikan Biologi, keseruan dalam segala proses yang harus diperkenalkan tentang penelitian dan praktikum.

2. Materi Pekuliaah Yang Cukup Menantang

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang hidup atau tentang kehidupan yang semua berawal dari sel dan diakhiri dengan pembentukan organisme. Dengan memelajari Ilmu Biologi maka kalian akan lebih menyadari betapa pentingnya kehidupan ini, betapa kompleksnya kehidupan ini dan betapa rumitnya sel itu mampu membentuk organisme tetentu yang tersusun atas organ-organ yang saling berkordinasi satu sama lainya dan disebut dengan system organ. Selain mempelajari tentang organisme Biologi juga mempelajari tentang alam semesta, betapa pentingnya kita menjaga kelestarian alam sekitar, menjaga ekosistem dan lingkungan agar tetap asri, nyaman, dan indah serta meminimalisir kerusakan-kerusakan lingkungan akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Sisem perkuliahan didominasi dengan menggunakan metode diskusi sehingga setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk menguasai materi yang akan ditampilkan pada saat perkuliahan berlangsung, dengan berbagai pertanyaan yang diberikan oleh forum diskusi, maka pemateri wajib menguasai materi perkuliahan selain itu forum juga dituntut agar selalu aktif dalam proses perkuliahan.

Baca Juga :

 

3. Pratikum Lab Dan Lapangan

Di dalam Program Studi Pendidikan Biologi selain melaksanakan perkuliaahan didalam ruangan, maka sudah menjadi kewajiban sebagai anak Biologi kita diwajibkan uktuk mengikuti praktikum baik laboratorium maupun lapangan. Praktikum dilakukan untuk membuktikan suksesnya mata kuliah di ruang kelas yang dilaksanakan sehari-hari, oleh sebab itu materi tersebut harus dipraktikan baik didalam laboratorium maupun di lapangan. Oleh sebab itu kita diwajbkan mempersiapkan diri sebelum melaksanakan praktikum agar kita mampu menerima materi dengan baik pada saat praktikum dan mampu menyelesaikan kegiatan parktikum dengan baik dan benar sesuai dengan intruksi para asisten laborstorium.

4. Bertanggung Jawab Untuk Mengerjakan Laporan

Setelah malakukan pratikum laboratorium atau lapangan kita diwajibkan untuk membuat laporan lengkap hasil praktikum yang dilkukan biasanya untuk praktikum laboratorium laporannya wajib ditulis tangan sedangankan untuk praktikum lapangan laporannya biasanya deketik kemudian di print out. Setelah membuat laporan para praktikan wajib untuk mengkoreksi laporannya kepada asisten yang bertugas agar para praktikan mengetahui dimana letak kekeliruan dan kesalahan yang masi dilakukan oleh praktikan dalam menyelesaikan laporannya. Oyah dik, jka diberi perintah untuk membuat laporan maka jangan pernah merasa terbebani oleh hal itu, agar dalam menjalankan praktikum dan mengerjakan laporan kita membuatnya penuh dengan keikhalasan sesuai dengan ilmu baru yang kita pelajari.

5. Mendapat Kesempatan Untuk Mendaftar Asisten Lab

Setiap Mahasiwa Biologi selalu mendapat kesepatan untuk menjadi asisten laboratorium ketika telah menyelsaikan 2 semester atau memasuki semester tiga, maka laboratorium biologi akan melakukan atau merekrut asisen-asisten baru dengan kuota-kuota tertentu dan dengan nilai sesuai kesepakatan laboratorium. Pada tahun 2017 Laboratorium Biologi menerima asisten sebanyak 26 orang untuk angkatan 2016 dengan nilai untuk mata kuliah yang dipraktikan minimal B+. hal ini sangat memberi kesempatan untuk Mahasiswa Biologi untuk mengembangakan materi atau ilmu yang diterimanya dalam bentuk mengabdi serta membatu meneyelesiakan tuntutan semesteran.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *