Karya & Prestasi

Bouquet Jilbab Dialova Wakili Untad Pada KBMI 2018

kmbi
Ditulis Oleh Annisa Asri

Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia

Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) adalah ajang wirausaha seluruh Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang digagas, dilaksanakan, dan diberi bantuan modal langsung oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui tahap seleksi. KBMI ini sudah ada sejak tahun 2017. Namun, Universitas Tadulako baru berpartisipasi pada tahun 2018.

Tahun ini, salah satu Tim dengan judul proposalnya yaitu Bouquet Jilbab Dialova, menjadi satu-satunya proposal yang berhasil lolos membawa nama Universitas Tadulako dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia 2018. Tim ini diketuai oleh Dian Sartika Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan angkatan 2015. Berangggotakan 4 orang mahasiswa dengan jurusan yang sama yaitu Maharani, Dinda Reskiana, Laras Suci Suvilka yang ketiganya adalah mahasiswa angkatan 2014, dan Dewi Asmara mahasiswa angkatan 2015.

http://belmawa.ristekdikti.go.id

Bouquet Jilbab Dialova ini merupakan ide yang digagas karena melihat kondisi pasar yang sudah ramai berjualan jilbab tanpa ada inovasi yang dibangun. Akhirnya ide jilbab ini tertuang pada pembuatan bouquet yang masih sangat jarang ditemukan di Kota Palu. Selain itu, Bouquet Jilbab Dialova ini tidak hanya sekedar menjadi hadiah tetapi jilbab yang sudah dirangkai dapat dimiliki oleh pembeli dan bisa digunakan kembali tanpa adanya kerusakan pada bahan jilbab.

Bouquet Jilbab Dialova ini adalah bisnis mahasiswa dengan kategori Industri kreatif. Dana yang disetujui dari bisnis ini sebesar Rp. 15.000.000,- yang merupakan bantuan modal dari pihak penyelenggara KBMI. Tim pengagas ide kreatif tersebut akan berkoordinasi dengan pihak Kemahasiswaan Universitas dan akan dibantu dalam pengisian formulir untuk pencairan dana yang disetujui.

Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) adalah program yang usung oleh Kemenristekdikti dan dilaksanakan satu kali setiap tahun. KBMI ini juga merupakan sub program kerja Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI).

Tujuan dilaksanakannya KBMI ini adalah :

1. Menumbuhkan karakter wirausaha untuk mengembangkan usaha didukung dengan modal yang diberikan dengan pendampingan secara terpadu;
2. Menumbuhkembangkan wirausaha baru kreatif yang inovatif berbasis Iptek.

Nah, 2019 nanti KBMI akan ada lagi. Jadi, bagi kalian yang memiliki jiwa kewirausahaan selalu persiapkan dirimu dan munculkan ide bisnis kreatif yang kamu miliki.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Annisa Asri

Economic Science and Development'17, I Like webtoon, comic, cartoon and the all about animation. I'm a woman who is still trying to be better than before especially for my mom❤.