Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

7 Fakta Unik Fakultas Kesehatan Masyarakat Untad

Ditulis Oleh Athirah Winarsih

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako adalah fakultas yang baru saja berdiri tahun 2017 setelah sempat dinaungi oleh FKIK Untad. FKM adalah salah satu fakultas yang memiliki banyak peminat loh. Nah, berikut ini beberapa fakta menarik tentang Fakultas Kesehatan Masyarakat? Check this out…

1. Pasukan Ungu

Pernah gak kamu sementara jalan terus lihat orang yang pakai jilbab ungu, kemeja putih dan rok ungu atau kemeja ungu dan celana hitam ? Apalagi kalau bergerombolan, terlihat seperti pasukan. Nah, mereka itu adalah mahasiswa baru Fakultas Kesmas. Khas dengan seragam bertemakan ungu. Dan tahu gak sih, ternyata seragam ini ada filosofinya loh! Bukan hanya agar terlihat kompak, namun ada beberapa faktor yang membuat anak Kesmas bangga pakai seragam ungu. Berikut penjelasannya,
a. Kalau dalam makanan, tumbuh-tumbuhan yang berwarna ungu itu memilki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan itu penting untuk tubuh. Apalagi dalam melawan radikal di lingkungan sekitar. Jadi, pemilihan warna ungu itu sebagai pengingat untuk menjaga asupan makanan agar tetap sehat. Nah ini termasuk dalam promosi kesehatan.

b. Untuk membedakan mahasiswa baru, lama dan mahasiswa dari fakultas lain. Itulah mengapa maba Kesmas memakai seragam ungu, agar para senior di Kesmas mengetahui para juniornya, sehingga bisa saling kenal dan lebih mengakrabkan diri lagi. Nah, kalau pakai bajunya selain ungu, bisa dikira anak fakultas lain hehe. Selain itu, juga sebagai identitas. Kali aja di jalan motor mogok, dengan seragam kalian lebih mudah dikenali dan ditolong oleh mahasiswa Kesmas lainnya.

2. Dosen Muda

Hati-hati kalau masuk di FKM. Banyak yang bingung membedakan yang mana mahasiswa dan dosen. Faktanya, sebagian besar dosen di Kesmas umurnya masih muda-muda dan terlihat seperti mahasiswa loh. Ditambah lagi cantik dan ganteng pula. Awas, harusnya panggil Bapak atau Ibu malah jadi kakak, hehe. Jadi, buat kamu yang mau masuk FKM, amati dan telusuri baik-baik tentang dosennya. Jangan sampai salah panggil, apalagi salah taruh hati hehe.

3. 5S

Jika kamu warga FKM, kamu bakal dengar salam tiap harinya. Mahasiswa terhadap dosennya, mahasiswa terhadap mahasiswa, bahkan ke mas somay dan petugs kebersihan kampus. Hal yang sudah ditanamkan semenjak jadi mahasiswa baru di FKM. Saling tegur sapa hal yang menjadi kebiasaan. Karena, mahasiswa FKM akan terjun ke masyarakat maka attitude yang baik adalah hal yang wajib dijunjung tinggi oleh anak Kesmas. Maka dari itu “5S” jadi andalan anak kesmas. Kamu tahu kan 5S itu apa? Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun.

4. Cerewet

Kenapa cerewet adalah hal yang unik? Ya, rata-rata anak Kesmas suka dalam berbicara. Dituntut untuk melatih skill speak-up yang nantinya jadi andalan anak Kesmas saat mengadakan promosi kesehatan di masyarakat. Jadi, kalau mau jadi anak Kesmas, kamu bakal jago dalam speak-up di hadapan orang banyak.

5. Kawasan Bebas Asap Rokok

FKM adalah salah satu fakultas di Universitas tadulako yang memberlakukan kawasan bebas asap rokok. Jangan sembarangan menyalakan puntung rokok kalian di daerah ini yah. Berbahaya, hehe. Kalian akan dikenakan denda yang sudah berlaku tentunya. Jadi, jangan coba-coba dilanggar yah.

6. Somay Mas Aji

Somay andalan anak Kesmas yang tentunya sangat terkenal di area FKM dalah Somay Mas Aji. Dengan harga yang terjangkau untuk mahasiswa tentunya. Somay berbagai jenis dan ukuran ditambah kelezatan bumbu kacang dan sambel plus perasan jeruk nipis yang akan membuat perpaduan somay dan bumbunya menyatu, menggugah selera. Bakal buat kalian mau tambah lagi dan lagi. Mas Aji nya juga baik dan akrab dengan mahasiswa FKM. Jangan berani-berani coba somay nya mas aji guys, kalian bakal gagal move on dan pengen ketemu terus sama Mas Aji (karena mau beli somay yaa).

7. Pasangan yang Baik

Kamu mencari pasangan yang benar-benar bisa ngertiin kamu? Anak Kesmas jawabannya. Mengapa? Kesehatan orang lain aja dijaga, apalagi kamu. Motto anak kesmas itu “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati.” Jadi, sebelum hatimu terluka, anak Kesmas tahu cara mencegahnya, eea.

Itulah beberapa fakta unik tentang Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jangan lupa mampir-mapri yah. Kali aja kita……………Teman Lama haha. Jika ada fakta unik lainnya yang kamu temukan tentang Fakultas Kesmas, kuy komen di komentar yak 🙂

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Athirah Winarsih

Mahasiswi aktif Fakultas Kesehatan Masyarakat (2017) Universitas Tadulako. Foodie lover and traveler. Mari berteman :)
Ig :@awiwiww