Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Ini Dia Tips dan Trick Sebelum Mengikuti Ujian SMMPTN

Tips dan Trick Sebelum Mengikuti Ujian SMMPTN
Ditulis Oleh imanjihad17

Tips dan Trick Sebelum Mengikuti Ujian SMMPTN

Hai adik-adik calon mahasiswa PTN yang kece abis. gimana nih kabar kalian setelah menghadapi ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)? Apakah kalian masih bersemangat ? atau sudah layu bagaikan bunga yang tidak pernah disiram Karena mendapatkan hasil kelulusan yang tidak sesuai dengan keinginan kalian ?

Jangan bersedih dan galau, perjuangan kalian belum berakhir sampai di situ kok! masih ada perjuangan lain menunggu didepan kalian. Ya, Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) merupakan jalur mandiri yang diusung oleh PTN yang ada di Indonesia bagi para mahasiswa yang tidak lulus SBMPTN namun tetap bersemangaat untuk masuk ke PTN dan meneruskan pendidikan!

Karena waktu untuk ujian SMMPTN sudah semakin dekat, saya sebagai share beberapa hal unik dan menarik seputar tips dan trik agar kalian bisa lulus ujian seleksi SMMPTN agar kalian dapat di terima di Universitas Negeri dan melanjutkan studi kalian ke fakultas yang akan kalian inginkan loh!

Apa yang saya berikan disini adalah hasil pengalaman dan pengamatan saya dalam mengikuti tes ujian masuk di PTN dan ke fakultas yang saya inginkan. Banyak cara/tips yang dapat di gunakan agar kalian dapat lulus sebagai mahasiswa. Tips ini juga menimbulkan banyak pertanyaan. Diantaranya :

Apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum tes SMMPTN ?
Apakah semua calon mahasiswa yang ikut tes dapat lulus 100% ?
Apa yang membuat jalur SMMPTN menjadi unik ?

Mungkin pertanyaan diatas sering terbenak dipikiran adik-adik sekalian ! apakah juga adik-adik sering di hantui dengan pertanyaan Apakah hanya colon mahasiswa pintar saja yang bisa lulus ? jika begitu maka pemikiran teman-teman seperti itu, maka pemikiran teman-teman keliru, karena tidak semua anak yang pintar dapat masuk ke PTN dan fakultas yang mereka inginkan.

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar adik-adik yang ingin mendaftar di PTN dapat diterima dengan mudah, saya berharap pula tulisan ini nantinya dapat erguna bagi persiapan adik-adik dan teman-teman yang ingin mendaftar di PTN melalui jalur SMMPTN. Bagi yang sudah penasaran untuk mengetahui tips dan trik lulus SMMPTN, yuk simak baik-baik caranya. Yuk cekidot !!

Niat dan mimpi yang kuat

Berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman saya, niat dan mimpi merupakan hal yang paling utama dalam mengejar suatu keinginan yang ingin diraih, niat yang baik pasti akan menghasilkan buah kebaikan pula, begitupun sebaliknya. Mimpi yang indah pun dapat mempengaruhi masa depan kita.

Niat dan mimpi juga merupakan landasan yang baik untuk mencapai segala hal, niat ini pula yang akan membawakan semangat yang membara pada diri kita untuk tetap belajar agar mendapatkan nilai bagus dam tes nantinya, SMMPTN pun merupaka medan tempur yang sangat sulit untuk dihadapi, maka dari itu Niat dan Mimpi yang kuatlah yang akan membawa kita pada kesuksesan.

Berani menantang dan melawan arus

Bagi adik-adik dan teman-teman yang ingin lulus tes nantinya, maka teman-teman sekalian harus berani melawan arus kehidupan/kebiasan teman-teman selama ini seperti contohnya malas, nyontek dan hal negatif lainnya. Teman-teman haruss melawan segala bentuk kebiasaan negatif dari dalam diri teman-teman agar bisa mencapai mimpi untuk lulus tes.

Masa iya teman-teman mau lulus tes tapi usaha teman-teman hanya segiu aja, kan nggak masuk akal gitu. So sebagai saran, ada baiknya  teman-teman untuk belajar sebulan sebih awal sebelum tes agar pemahaman teman-teman terhadap apa yang teman-teman pelajari dapat di simpan dengan baik dalam memori ingatan teman-teman sekalian.

Mengharuskan keinginan bukan kebutuhan

Yaaa, hal ini sering kita dapati, terkadang ketika kita ingin memilih sebuah fakultas dan program studi di sebuah PTN, kita hanya ingin memilih dengan menggunakan nafsu kita yaitu keinginan kita bukannya kebutuhan masa depan kita, terkadang kita memilih PTN, fakultas dan prodi yang bergengsi ketimbang yang biasa-biasa saja. Padahal pada hakekatnya kita harus mengejar mimpi akan kebutuhan pendidikan kita bukan mewujudkan nafsu kita.

Marilah sejenak kita merenungkan kembali tentang apa yang kita butuhkan jangan apa yang kita inginkan. Mari merubah pola pikir kita agar dapat lulus tes di PTN yang kita inginkan

Manfaatkan waktu

Sebaiknya waktu libur teman-teman sekalian jangan di buang dan di sia-siakan dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Usahakan teman-teman menggunakan waktu teman-teman sebelum tes berlangsung seperti belajar kelompok untuk membahas soal-soal Dasar seperti matematika, IPA, IPS, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Hal seperti inilah yang dapat membantu teman-teman untuk mengerjakan soal pada saat tes nantinya.

So, mengapa harus membuang waktu lagi mulai sekarang. Yuk belajar bersama dan membahas soal-soal dasar

Siapkan fisik dan mental

Hayooo siapa yang sering sakit dan sensitif terhadap pergantian cuaca yang mendadak. Jangan sampai ketika hari dimatas tes berlangsung-teman teman sekalian pada sakit karena kecapean belajar. Belajar memang perlu tapi menjaga kesehatan juga menjadi prioritas utama loh. Jadi jaga kesehatan teman-teman sekalian dan jangan lupa minum vitamin agar imun tubuh temaan-teman kuat dan tidak mudah terhindah oleh penyakit

Baca Juga : 10 Tips Ampuh Lolos Bidikmisi

Belajar dari soal terdahulu

Teman-teman harus dan wajib mendownload soal-soal SBMPT tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya untuk dapat dibedah dan dipelajari karena soal-soal SBMPTN itu hampir mirip dengan soal-soal SMMPTN. Jangan merasa akan rugi uang untuk ke warnet atau rugi paket data karena download soal-soal ujian yaa. Karena rugi itu dapat dibalas dengan hasil yang memuaskan.

Baca dan periksa soal dan jawaban

Baca dan periksa kembali soal sebelum menjawab dan sesudah menjawab, jangan sampai mengalami salah paham dalam memahami soal yang akan di jawab. 1 jawaban salah maka akan mempengaruhi jawaban yang benar. Jika menemukan soal yang sulit di pahami, tanyakan kepada pengawas ruangan agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami soal ujian. Jangan lupa periksalah perintah soal sebelum mengerjakan, apakah di suruh menyilangka, melingkari atau menghitamkan jawaban yang dipilih. Tak lupa cari dan kerjakan soal yanng lebih mudah terlebih dahulu, jangan terfokus pada soal yang sulit karena hal itu dapat membuang waktu.

Luangkan waktu

Usahakan sisakan waktu 10-15 menit untuk memeriksa kembali soal dan jawaban teman-teman agar tidak ada soal yang tidak terjawab, karena terkadang kebanyakan calon mahasiswa selalu mengacuhkan hal seperti ini dan akhirnya ternya terdapat soal yang tidak terjawab dan berakibat terhadap kelulusan calon mahasiswa.

Berdoa dan menjernikan pikiran

Sebelum mengerjakan soal-soal tes, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu agar dilancarkan dalam segala aktivitas ujiannya, karena sepandai apa pun kita, kita tidak boleh angkurh terhadap sang pencipta yang memberikan kita ilmu. Tak lupa pula teman-teman harus meninggalkan segala pemikiran di luar ruang ujian, teman-teman hanya harus fokus kepada soal ujian saja.

Yuk mulai sekarang, mari bersama kita ciptakan generasi bangsa yang kreatif dan bergagasan tinggi  untuk kemajuan bangsa kedepannya. Sekian tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Nantikan tips dan trik berikutnya.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

imanjihad17