Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Tips Dan Trick Belajar Fisika Dengan Mudah

belajar fisika
Ditulis Oleh Nadia Rahmah

BELAJAR FISIKA DENGAN MUDAH

Fisika (bahasa yunani: φυσικός (fysikós), “alamiah”, dan φύσις (fýsis), “alam”) adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Salah satu ilmu sains paling dasar, tujuan utama fisika adalah memahami bagaimana alam semesta berkerja.

Fisika adalah salah satu disiplin akademik paling tua, mungkin yang tertua melalui atronomi yang juga termasuk di dalamnya. Lebih dari dua milenia, fisika menjadi bagian dari Ilmu Alam bersama dengan kimia, biologi, dan cabang tertentu matematika, namun ketika munculnya revolusi ilmiah pada abad ke-17, ilmu alam berkembang sebagai program penelitian sendiri. Fisika berpotongan dengan banyak area penelitian bidang ilmu lain, seperti biofisika dan kimia kuatum, dan batasan fisiknya didefinisikan dengan jelas. Ilmu baru dalam fisika terkadang digunakan untuk menjelaskan mekanisme dasar sains lainnya, serta membuka jalan area penelitian lainnya seperti matematika dan filsafat.

Fisika juga menyumbangkan kontribusi yang penting dalam pengembangan teknologi yang berkembang dari pemikiran teoretis. Contohnya, pemahaman lebih lanjut mengenai elektromagnetisme atau fisika nuklir mengarahkan langsung pada pengembangan produk baru yang secara dramatis membentuk masyarakat modern, seperti televisi, komputer, peralatan rumah tangga, senjata nuklir. kemajuan ternodinamika mengarah pada pengembangan industriliasasi, dan kemajuan mekanika menginspirasi pengembangan kalkulus.

Banyak yang menganggap Fisika itu pelajaran yang sulit,menyeramkan, penuh dengan rumus-rumus, menggunakan sistem menghafal agar mudah memahami dan menginngatnya. Tapi pemikiran kalian salah teman-teman. Fisika itu pelajaran yang mudah, asyik dan menyenangkan dan fisika itu tidak seseram film-film yang ada di televisi.

Berikut beberapa tips & triknya :

  1. Jangan Benci Gurunya

Ada pepatah yang mengatakan ”Tak kenal Maka Tak Sayang”. Sebelum berusaha menyukai Fisika yang rumit dan bikin kepala pusing tujuh keliling lebih baik kenali dan sukai dulu gurunya. Buang jauh-jauh pikiran jelek teman-teman tentang guru yang mengajarkannya, karena itu akan membuat teman-teman sulit untuk memahami pelajaran yang akan diajarkannya. Nanti yang ada apa yang diajarkan oleh guru pelajarannya cuman masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri tanpa ada yang masuk dan stay dalam otak teman-teman semua.

  1. Membuang pikiran bahwa Fisika itu Sulit

Setelah pikiran jelek tentang gurunya hilang, maka yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membuang pikiran bahwa fisika itu sulit. Pikirkan bahwa fisika itu asyik dan menyenangkan. Pikiran jelek yang ada pada teman-teman tentang fisika itu sulit akan memberikan sugesti yang buruk pada diri teman-teman dan membuat teman-teman sulit membuka diri dan pikiran terhadap fisika.

  1. Jangan Menghafal Rumus Yang Ada

Rumus-rumus fisika memang ribet, banyak dan terlihat menyeramkan. Jadi jangan pernah berpikiran untuk menghafal rumus. Karena sehebat apapun kalian menghafal, kalian tetap tidak akan pernah bisa mengingat rumus fisika dalam jangka waktu lama dengan metode mnghafal. Cara terbaik adalah pelajari rumus dan kerjakan soal-soal sebanyak-banyaknya. Dengan mengerjakan soal-soal akan membantu kalian memahami rumus dan dengan sendirinya juga rumus-rumus yang ada akan tersimpan dikepala kita.

Baca Juga :

  1. Membuat Catatan Rumus di buku saku yang Penuh warna

Warna-warna akan mempermudah kita mengingat semua rumus-rumus fisika yang ada. Catat semua rumus-rumus penting didalam buku saku agar mudah dibawa kemana-mana dan pada saat ada waktu senggang usahakan untuk membuka kembali buku saku kalian. Baca dan pahami apa yang kalian tulis. Jangan juga lupa untuk menggunakan polpen warna-warni dalam menulisnya. Tujuannya untuk membantu kita mengingat rumus-rumus yang ada.

  1. Jangan Hanya Dilihat,Tapi Tulis

Ketika ada soal jangan hanya dilihat dan dipandang, tapi tulis apa yang diketahui dari soal. Ini akan membantu kalian mencari tahu inti permasalahan dalam soal. Setelah mengetahui rumus apa dan mana yang digunakan sebagai penyelesaiannya. Menulis juga akan membantu daya ingat kita. Karena penerimaan pemahaman setiap orang berbeda-beda dalam menyelesaikan rumus-rumus yang ada. Biasakan memperhatikan lalu menuliskan informasi yang penting agar kamu mampu mengingatnya dalam waktu lama.

  1. Mencari dan Membaca Buku Fisika Yang Lebih Berwarna

Membaca buku yang berwarna pasti akan lebih asyik dan menyenangkan dari pada membaca buku dengan warna yang monoton. Karena buku yang monoton akan membuat kita merasa bosan. Carilah buku fisika yang lebih berwarna agar dapat menarik minat kita untuk membaca dan mempelajarinya.

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Nadia Rahmah