Info Event

IKAHIMBI Sukses Gelar Kegiatan HBLH di UNTAD

Ditulis Oleh Gusti ayu

Dalam rangka memperingati hari besar lingkungan hidup pada tanggal 5 juni. Ikatan himpunan mahasiswa Biologi Indonesia wilayah kerja 8 melaksanakan kegiatan tahuan  pada tanggal 20-22 juli 2018 yang bertempat di kota Palu. Pada kesempatan kali ini Himabio Untad ( Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Tadulako) yang dipercayakan untuk menjadi tuan rumah dalam rangka memperingati dan merayakan hari besar lingkngan hidup.

Pembukaan Kegiatan Yang Dirangkaikan Dengan Seminar Nasional

Tepat pada hari jumat 20 juli 2018 pembukaan kegiatan hari besar lingkungan hidup yang disertai dengan seminar nasional bertempat di Media Center Universitas Taduako, dimulai dari pukul 09.00 wita hingga selesai. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dosen Pendidikan Biologi Ibunda Dr. Lilies M.P dan dihadiri oleh beberapa dosen dari Pendidikan Biologi Universitas Tadulako. Adapun tema dari kegiatan HBLH Ikahimbi wilayah kerja 8 yaitu “ Cintai lingkungan maka lingkungan akan menjaga mu”.

Seminar Nasional

Seminar nasional dalam memperingati hari besar lingkungan hidup menghadirkan dua orang narasumber (pemateri) yakni dosen Pendidikan Biologi Untad Dr. Samsurizal M. Sulaeman, M.Si dan kepala departemen advokasi WALHI Sulawesi Tengah Abd. Haris. Adapun materi seminar yang dibawakan oleh Dr. Samsurizal M. Sulaeman, M.Si yaitu “Masalah Lingkungan Perkotaan” dan materi kedua yang dibawakan oleh Abd. Haris yaitu “ merubah sampah menjadi media yang berkelanjutan dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan ekologis “. Seminar tersebut diikuti oleh seluruh peserta dan panitia dalam kegiatan HBLH perwakilan Universitas se-Sulawesi. Dalam seminar tersebut dilakukan proses tanya jawab oleh peserta dan narasumber. Peserta sangat antusias dalam menerima materi dan menanyakan bagaimana cara meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya dikota Palu dalam proses pengolahan sampah sehingga terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih.

 

Kegiatan Aksi Bersi Pantai

Dalam kegiatan aksi bersih pantai atau yang disebut dengan perang sampah yang bertempat di Anjungan Nusantara Pantai Talise Kota Palu, kegiatan ini di ikuti oleh seluruh delegasi peserta dari Universitas yang tergabung dalam IKAHIMBI wilayah kerja 8. Semangat dan antusias para peserta dalam kegiatan aksi bersih pantai atau perang sampah patut menjadi contoh untuk seluruh kalangan masyarakat kota Palu demi kebersihan lingkungan.

Penghijauan ( Penanaman Pohon)

Semangat dan antusias seluruh peserta delegasi dari masing-masing Universitas patut diberi apresiasi yang setinggi-tingginya karena demi tercapainya lingkungan kota Palu yang hijau dan terhindar dari polusi udara maka peserta IKAHIMBI Wilayah kerja 8 melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan menuju tugu perdamaian kota palu. Adapun slogan dari proses penanaman pohon yakni “satu pohon dapat menghidupi dua orang” oleh sebab itu marilah kita bersama menjaga pohon-pohon di lingkungan sekitar.

 

Diver Couse (Teknik Penyelaman )

Kegiatan kali ini berlangsung pada hari minggu, diver couse atau teknik dan cara dasar menyelam yang dilaksanakan di wisata Pantai Pusat Laut Kabupaten Donggala, kegiatan ini di pandu oleh tim penyelam yang telah memiliki SIM.

Baca Juga : Tips Mempersiapakan Event Dalam 8 Langkah Mudah 

Acara Penutupan

Acara penutupan berlangsung mulai pukul 21.00 wita hingga selesai yang bertempat di penginapan Bumi Bahari. Acara penutupan berlangsung sangat haru dan di tutup oleh pembacaan puisi oleh saudara Muhammad Ali ( perwakilan Universitas Suawesi Barat), kemudian diakhiri pula dengan menyanyikan mars IKAHIMBI.
Adapun universitas yang ikut serta dalam kegiatan memperingati Hari Besar Lingkungan Hidup, IKAHIMBI wilayah kerja 8 yang pada kesempatan kali ini berlangsung di kota palu anatara lain:

1. Universitas Tadulako
2. Universitas Negeri Makasar
3. Universitas Islam Negeri Alauddin
4. Universitas Gorontalo
5. Universitas Negeri Manado
6. Universitas Cokroaminoto Palopo
7. Universitas Halu Oleo (kendari)
8. Universitas Sulawesi Barat
9. Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar)
10. Universitas Kristen Tentena
11. Universitas Muhamadiyah Luwuk

Adapun harapan dari ketua panitia pelaksana kegiatan Hari besar lingkungan hidup saudara Muhammad iqra Pendidikan Biologi FKIP UNTAD, yakni semoga kegiatan ini menjadi stimulus timbulnya kesadaran untuk mencintai lingkungan. Dalamkegiatan ini tidak hanya berisi materi namun juga berisi aksi nyata.

Salam lestari.
Salam konservasi !!!

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

 

 

Tentang Penulis

Gusti ayu

Ku titipkan doa untuk ayah bunda ku semoga sehat selalu, kan ku persembahkan setitik cahaya kecil untuk mereka yang senantiasa menyayangiku. kan ku berjuang demi keluarga ku.
Biologi FKIP 2016
Mahasiswa UNTAD
SULTENG