Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Kamu Mahasiswa Baru ? Temukan Warna Kuliahmu Dengan Masuk Organisasi

Kamu Mahasiswa Baru ? Temukan Warna Kuliahmu Dengan Masuk Organisasi
Ditulis Oleh Annisa Asri
Kamu Mahasiswa Baru ? Temukan Warna Kuliahmu Dengan Masuk Organisasi

Sebagian besar orang beranggapan bahwa menjadi seorang mahasiswa memang tidaklah mudah, akan tetapi semua akan terasa mudah jika menjankan kewajiban sebagai mahasiswa yang semestinya. Tentu saja, tidak hanya menjadi mahasiswa biasa melainkan  berupaya untuk menjadi mahasiswa yang dipandang luar biasa. Dengan cara apa ? Masuk Organisasi.

Kehidupan mahasiswa memang tidak hanya sekedar belajar dikelas, membahas teori per teori yang diberikan oleh dosen melainkan juga turut andil dalam kegiatan organisasi yang langsung terjun melakukan praktek sebagai bentuk pengaplikasian. Tidak hanya itu, organisasi juga membantumu bersosialisasi dengan orang-orang disekitarmu. Misalnya mengenal teman-teman seangkatan, senior, dosen, peneliti, aktifis kampus, praktisi maupun akademisi melalui organisasi dengan begitu akan lebih mudah bagimu mengenyam bangku kuliah.

Dengan organisasi, kamu pun bisa menghalau rintangan yang ada. Ya, dunia kampus akan mengajarkanmu berbagai macam rintangan dan tantangan. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kamu akan berhadapan dengan berbagai mata kuliah dan juga tugas organisasi. Nah, dari situlah kamu akan mengasah daya kritismu. Caranya ? Masuk organisasi.

Pada dasarnya memang kuliah itu adalah untuk menimba ilmu sebaik mungkin untuk meraih IPK yang tinggi, lulus cepat maupun tepat waktu dan jadi sarjana. Tapi masa hanya itu sih pengalaman yang mewarnai masa kuliahmu ? kan seharusnya kamu dapat membuat kisah kuliahmu lebih keren bukan. Ingatkan ada judul lagu kisah kasih di sekolah, tapi itu saat kamu jadi siswa, sekarang levelmu naik jadi Mahasiswa yang jelas punya gelar “Maha”. Gelar itulah yang akan jadi penghargaan sekaligus tanggung jawab buatmu.

Untuk kalian mahasiswa baru, pastinya rugi kalau kamu tidak mampu untuk mengeksplor dirimu untuk terjun ke lingkup yang lebih luas seperti organisasi. Kapan lagi kamu bisa mengembangkan kemampuanmu di masa kuliah ? maka dari itu, sebelum kamu akhirnya mendapat gelar sarjana, manfaatkan waktu kuliahmu.

Jika kamu bertanya, mengapa harus Organisasi ? Nah, ini beberapa manfaat organisasi yang wajib kamu ketahui setelah kamu masuk di Organisasi.

1. Organisasi Dapat Membantumu Mengasah Soft Skill

Sejatinya manusia diperkenalkan oleh dua keterampilan yakni hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan penguasaan ilmu pengetahuan misalnya kamu jago matematika, fisika atau kamu jago mengutak atik computer atau bahkan menghafal pejaran dengan cepat. Sedangkan Keterampilan soft skill  meliputi kemampuan untuk berkomunikasi, kemampuan membangun hubungan dan memahami orang lain, empati, kejujuran, integritas, adaptasi, dan lain sebagainya. Dengan soft skill juga bisa membantumu mengasah kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin.

Kamu Mahasiswa Baru ? Temukan Warna Kuliahmu Dengan Masuk Organisasi

Semua organisasi memberikan edukasi mengenai soft skili yaitu kamu dapat bekerja sama dalam tim, mengatur waktu, dan intinya kamu akan berkutat dengan hal hal yang seharusnya kamu sering lakukan yang esensial seputar public relation.

Baca Juga : Jadwal Pembayaran UKT Bagi Mahasiswa Universitas Tadulako

2. Organisasi Dapat Mewadahi Minat dan Bakatmu

Pada dasarnya tujuan organisasi adalah mewadahi minat dan bakat anggotanya. Misalnya kamu ingin memperkaya pengetahuan tentang jurusanmu, ada himpunan mahasiswa jurusan yang akan mewadahinya. Begitupula minat bakat yang lain, seperti menjadi wartawan, menulis, olahraga, melatih komunikasi berbahasa inggris, atau kamu seorang yang suka dengan alam, semua itu akan diwadahi oleh organisasi. Dan ada juga organisasi keagamaan yang bisa kamu masuki dikampusmu.

3. Organisasi Dapat Membantumu Memperluas Jaringan

Awal memasuki ranah kampus, kamu tentu hanya mengenal teman teman sma yang juga memasuki kampus yang sam denganmu. Seiring dengan adaptasi yang kamu lakukan dikampus, kamu mulai mengenal teman-teman di jurusanmu bahkan sampai se-fakultas. Dan pastinya kamu akan mendengar istilah mahasiswa terasingkan, yap mereka adalah orang susah untuk bergaul.

Nah, organisasi akan membantumu beradaptasi dengan lingkunganmu. Mengapa ? karena saat masuk kuliah kamu akan masuk pada masa orientasi yang akan diperkenalkan oleh organisasi kampusmu dan terkhusus organisasi fakultas maupun jurusan yang kamu masuki. Akan sangat sulit membangun hubungan jika kamu tidak mengikuti kegiatan tersebut. Disitulah awal mula kalian akan membangun komunikasi dengan teman seangkatan yang baru saja kamu temui.

4. Organisasi Dapat Memberimu Kesempatan Bertemu Dengan Inspirator

Saat memasuki organisasi, tidak organisasi tersebut yang akan diperkenalkan untukmu. Mereka yang sudah lebih dulu memasuki organisasi (senior) juga akan memperkenalkan dirinya dan akan berbagi pengalaman mereka.

Disini akan ada senior yang menjadi inspirasimu, yang bisa kamu ajak untuk berdiskusi apalagi kalau senior tersebut adalah punya pengalaman lebih misalnya pernah jadi ketua BEM atau sering mengikuti tour luar kota maupun luar negeri. Bagusnya lagi, ada senior yang akan membagikan ide ide maupun terobosan hebatnya yang kamu sendiri pasti tercengang ketika mendengarnya. Tidak hanya berbagi, aka nada juga senior yang akan menawarkan job untukmu yang juga memberimu pengalaman  lebih. Hal ini akan kamu dapatkan di organisasi.

Kamu Mahasiswa Baru ? Temukan Warna Kuliahmu Dengan Masuk Organisasi

Baca Juga : 10 Tips Ampuh Lolos Bidikmisi

5. Organisasi Dapat Mengajarkanmu Perencanaan

Selain, mengajarkanmu berbagai hal diatas,  kamu juga akan belajar bagaimana mendiiplinkan dirimu dengan mengatur waktumu apalagi saat kuliah kamu akan mendapat beberapa mata kuliah, belum lagi kamu harus bertanggung jawab ataa organisasi yang kamu masuki.

Disini kamu akan berlatih memanajemen dirimu dengan terlebih dahulu membantumu membuat beberapa perencanaan yang akan kamu lakukan. Misalnya membuat jadwal kegiatanmu. Bisa juga ketika kamu ingin melakukan perencanaan dengan sistem mind maping. Bahkan dengan perencanaan, akan membantumu mengatur keuanganmu.

Kamu Mahasiswa Baru ? Temukan Warna Kuliahmu Dengan Masuk Organisasi

Nah, beberapa manfaat diatas bisa kamu jadikan alasan untuk mengikuti organisasi di kampusmu. Pada intinya jangan sia-siakan kesempatanm di masa kuliahmu. Cukup jadikan dirimu sebagai orang yang bisa bermanfaat untuk dirimu, keluargamu, dan orang lain.

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Annisa Asri

Economic and Development Study '17, I Like webtoon, comic, cartoon and all about animation ❤.