Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Wisata & Kuliner

Objek Wisata di Kabupaten Tolitoli yang Hemat Kantong

10 Gunung Paling Populer Di Sulawesi Tengah
Ditulis Oleh hernawati

Objek Wisata

Halo mahasiswa/mahasiswi Untad, setelah lebaran tentunya kita masih memiliki banyak waktu libur panjang kan, nah kalian yang sampai sekarang masih bingung mau liburan kemana aku punya beberapa referensi objek wisata menarik dan tentunya hemat nih buat kalian. Tepatnya di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indoneia.

Kabupaten Tolitoli adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.079,6 km dan berpenduduk sebanyak 173.840 jiwa (2000). Kabupaten Tolitoli sebelumnya bernama Kabupaten Buol Tolitoli, namun pada tahun 2000 berdasarkan UU No. 51 Tahun 1999 daerah ini di mekarkan menjadi dua Kabupaten Tolitoli sebagai Kabupaten induk dan Kabupaten Buol sebagai Kabupaten hasil pemekaran.

Kota Tolitoli di sebut juga Kota cengkeh karena, merupakan penghasil rempah-rempah seperti : cengkeh, kakao dan kopra. selain itu Tolitoli juga kaya akan hasil laut seperti ikan, rumput laut dan lain-lain karena berada pada daerah pesisir.

Kota Tolitoli berasal dari Totolu yang artinya adalah tiga. Bangsa Tolitoli pada mulanya di percaya berasal dari tiga orang manusia langit yang menjelma ke bumi. Orang pertama bergelar Olisan Bulan(Bambu emas), yang kedua Bumbung Lanjat (Puncak Pohon Langsat) dan yang terakhir Ue Saka (Rotan). Olisan atau Bulan kemudian lebih di kenal dengan Tau Dei Baolan atau Tamadika Baolan. Ue Saka kemudian di kenal sebagai Tau Dei Galang atau tamadika dei Galang, sedangkan Bumbung Lanjat di kenal sebgai seorang putri dengan Boki Bulan.

Nah, di Kabupaten Tolitoli memiliki banyak objek wisata menarik terutama wisata alam. Berikut beberapa referensi wisata yang harus kalian jelajahi di Liburan kali ini :

  1. Air terjun Kalosi
  2. Air terjun Padaelo
  3. Kuburan Raja Dampal
  4. Pantai Tanjung Dako
  5. Pantai Bangkir
  6. Gunung ntea
  7. Ulat sandung
  8. Perumahan adat damsel
  9. Permandian pekkasalo
  10. Air panas
  11. Gunung tinombala
  12. Gunung Sojol
  13.  Pulau Lutungan
  14. Tanjung Sanjangan

Baca juga : 6 Tempat Ini Wajib Kamu Datangi saat Berkunjung ke Poso!

Meskipun tempat wisata di atas terletak cukup jauh dan jalan akses menuju ke beberapa lokasi wisata tersebut masih belum memadai tetapi, keindahannya akan mampu membayar segala kepenatan dan rasa lelah selama perjalanan dan menariknya lagi dari semua objek wisata di atas tidak ada yang berbayar jadi, dompet teman-teman tidak akan terkuras apalabila ingin berwisata di Kabupaten Tolitoli sekedar memanfaatkan libur panjang kalian setelah lebaran.

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

 

Tentang Penulis

hernawati