Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Lifestyle

Bahaya Blue Light pada Gadget

Ditulis Oleh Athirah Winarsih

Kamu pengguna gadget aktif? Sering nongkrong depan layar gadget? Gak bisa kalau seharian tanpa gadget? Wah bahaya kalo gitu. Tahu gak sih ada fakta menarik yang ada pada gadget, yaitu Blue Light atau sinar biru.

Tak bisa dipungkiri, bahwa jaman sekarang gadget bukan lagi sekedar alat komunikasi namun menjadi salah satu gaya hidup. Apalagi orang-orang metropolitan yang banyak mengandalkan gadget dalam urusan pekerjaan. Begitupun kita sebagai mahasiswa yang tiap saat bergelut dengan tugas yang kebanyakan harus dikerjakan dengan laptop atau gadget. Ternyata pada layar gadget terdapat pancaran blue light atau sinar biru loh. Bukan cuman gadget, blue light juga terdapat pada layar laptop, televisi, lampu LED serta cahaya matahari. Dan jika kalian sering terpapar Blue Light dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan bahaya bagi tubuh loh. Jadi mari kenal Blue Light lebih dalam lagi yuk..

Apa itu Blue Light ?

Blue light adalah salah satu cahaya yang bisa terlihat oleh mata manusia. Karena memiliki gelombang yang paling pendek jadi ia menghasilkan energi yang besar. Jadi, energi yang besar tersebut dapat mengganggu kesehatan tubuh kita jika terlalu lama terpapar gelombangnya.
Menurut para ahli, sudah saatnya untuk memperhatikan kecanduan kamu pada gadget. Studi terbaru dari Harvard dan Columbia, dua universitas Ivy League di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa sinar yang berasal dari gadget dan layar komputer memancarkan cahaya biru lebih dari yang kita kira. Hal ini menyebabkan otak kita menjadi bingung, menyalin efek dari sinar matahari. Sistem ini dapat menyebabkan otak kita keluar dari jalurnya, membuat sistem saraf kita menjadi liar dalam stimuli dan juga reaksi yang tidak menentu.
Wah ternyata hal kecil yang gak terlalu kita perhatikan, dapat menjadi penyebab masalah yang cukup serius di kehidupan kita loh kak. Waspada nih buat yang sering main game berjam-jam.

  1. Dampak Bahaya Blue Light pada tubuh

Nah, bisa kalian hitung gak berapa jam per hari mata kalian tertuju pada layar gadget ?
Menurut studi yang telah dilakukan, rata-rata orang menggunakan gadget lebih dari 6 jam per hari. Itu adalah waktu yang lama dari waktu yang seharusnya. Semakin lama kita menggunakan gadget, semakin sering kita terpapar oleh pancaran Blue Light.

Ada beberapa dampak buruk pada tubuh jika terpapar Blue Light menurut Business Insider.
1. Kerusakan Retina
American Macular Degeneration Foundation memperingatkan bahwa kerusakan retina yang disebabkan sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral (kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan kamu). Namun kebanyakan penelitian menunjukkan efek ini berkenaan dengan vcahaya biru yang dipancarkan sangat dekat dengan retina, sehingga menatap sinar biru di gadget pada malam hari yang masih dalam batas wajar, tidak akan berdampak demikian.

2. Merusak Siklus Tidur
Sinar biru mengganggu produksi melatonin-hormon yang membantu mengatur siklus tidur. Otak seseorang mulai memproduksi hormon tersebut ketika ia siap tidur. Jika kamu terlalu lama bermain gadget, sinar biru tersebut yang mengganggu proses produksi tersebut. Siklus tidur yang terganggu dapat mengakibatkan obesitas, kulit kusam, kepadatan tulang menurun, dan masalah lainnya.

3. Risiko Kanker lebih tinggi
Selain membantu untuk tidur, melatonin berfungsi sebagai antioksidan. Sementara penelitian lebih lanjut masih diperlukan, para peneliti menemukan dampak buruk lainnya dari sinar biru.

Orang yang produksi melatonin alaminya ditekan, misalnya karena paparan sinar biru, beresiko lebih tinggi untuk mengidap berbagai kanker, terutama kanker patudara dan prostat, meskipun hubungan sebab akibat secara langsung belum ditemukan.

4. Rentan terhadap depresi
Penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang tingkat mealtoninnya ditekan dan jam tubuhnya dikacaukan oleh paparan sinar biru lebih rentan terhadap depresi.

Tips Mencegah Dampak Buruk Blue Light

Berita baiknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk hidup lebih sehat dari dampak buruk blue light. Menurut para riset di Universitas Uppsala di Sweden, kita perlu menjauh dari layar gadget kita satu jam sebelum tidur. Percayalah : otak dan tubuh kita akan berterimakasih untuk hal itu. Selain itu ada beberapa hal yang dapat kita lakukan nih, yaitu :
1. Memakai Kacamata khusus untuk menyaring pancaran cahaya gadget.
2. Memasang sunscreen pada gadget untuk meminimalkan pancaran cahaya.
3. Mengatur tingkat intensitas cahaya gadget pada mode rendah.
4. Menjaga jarak pandang yang aman dengan gadget.
5. Menyempatkan waktu untuk beraktivitas fisik setelah menggunakan gadget.
6. Menggunakan gadget pada tempat yang pencahayaannya cukup.
7. Kompres mata agar tetap rileks setelah beraktivitas.
8. Minum air putih

Gimana kakak-kakak informasi tentang Blue Light ? Wah bahaya blue light ada disekitar kita.  Semoga bermanfaat ya.

Jangan keseringan nongkrong depan layar gadget kak, apalagi yang sering main game sampai lupa makan dan mandi, hehe. Indonesia itu luas kok, banyak tempat dan aktivitas kece yang bisa kita lakuin selain nongkrong depan gadget. Gunakan gadget kamu dengan lebih bijak, tubuh juga pengen disayang dan dirawat sama seperti kamu sayang sama si …… eh. See you 

 

Sumber : liputan6.com

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Athirah Winarsih

Mahasiswi aktif Fakultas Kesehatan Masyarakat (2017) Universitas Tadulako. Foodie lover and traveler. Mari berteman :)
Ig :@awiwiww