Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

3 Yang Harus di Lakukan Menyambut Semester Baru

Assalamualaikum dan selamat liburan semuanyaaaaaa

(Meanwhile anak Fakultas lain, ngomel karena belum libur), sabar guys semua akan libur pada waktunya. Ya meskipun dengan durasi  liburan yang berbeda wkwkwk. Nah, satu semester lagi  telah selesai kita lewati, waktu emang ga kerasa ya kalau kita lakuin sesuatu dengan ikhlas dan bahagia (cielah). Nah begitu juga para Mahasiswa Baru, selamat kalian telah menyelesaikan semester satu yang peuh dengan adaptasi, dan akan lanjut ke semester dua. Pasti kalian bingung mau ngapain setelah liburan usai kan? kayak “aku harus ngurus apa lagi nih?” “kapan bayar uang semester? apa udah enggak bayar?” nah oleh karena itu tulisan ini hadir sebagai penyelamat bagi kalian semua, uhuyyy. Biar kalian ga kebingungan apa saja sih yang harus dilakukan saat akan memasuki semester baru? Yuk disimak baik-baik tulisan dibawah ini yaaa

  1. Cek Nilai atau KHS

Hal pertama yang harus kamu lakukan dan paling penting adalah melihat nilai kamu di siakaduntad.ac.id nilai perjuangan kamu untuk kehadiran, tugas, laporan, praktek dan lainnya dalam setiap matakuliah akan tercantum disini. Nilai setiap matakuliah akan keluar  dalam waktu yang berbeda-beda, jadi kamu harus rajin setiap hari melakukan pengecekkan. Nah apabila KHS (Kartu Hasil Studi) atau nilai kamu ada yang kurang memuaskan, kamu bisa menghubungi dosen yang terkait untuk melakukan perbaikan nilai. Kalau tidak, maka akan berpengaruh pada jumlah SKS yang akan kamu ambil pada semester berikutnya. Semisal nih, di semester berikutnya kamu harus ngambil 22 SKS, tapi IPK kamu hanya memungkinkan kamu mengambil 20 SKS. Nah otomatis 2 SKS yang tidak bisa kamu ambil ini harus kamu ulang di semester berikutnya ataupun mengikuti semester pendek. Kalo pas sekolah istilahnya Remedial lah.

  1. Melakukan Pembayaran UKT

Nah setelelah nilai kamu dan IPK kamu telah keluar,  kamu sudah bisa melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal atau UKT di setiap Bank yang berkaitan dengan fakultasmu sendiri. Contoh Fakultas Pertanian melakukan pembayaran UKT pada Bank Mandiri Syariah, sementara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melakukan pembayaran pada  Bank BNI. Jumlah uang yang harus kamu bayarkan sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh jurusanmu.

  1. Mengisi KRS

Setelah melakukan pembayaran UKT, kamu baru bisa melakukan pengisian KRS, karena kalau kamu bertekad mengisi KRS dulu baru bayar ya engga akan bisa (bayar dulu dong). Nah dalam pengisian KRS, di setiap fakultas ada penerapan sistem yang berbeda. Ada yang masih melakukan pengisian KRS secara manual ada juga melalui KRS online. Dalam melakukan pengisian KRS, kamu akan memilih matakuliah yang akan kamu ambil di semester berikutnya sesuai jumlah SKS yang bisa kamu ambil. Nah ada juga jurusan yang membuat  kamu harus memilih kelas mana yang akan kamu masuki untuk setiap matakuliah. Contohnya jurusan Agroteknologi, untuk semester 2,  matakuliah yang harus kamu ambil berjumlah 7 matakuliah, otomatis kamu akan memiliki 7 kelas berbeda dengan teman kelas yang berbeda juga tiap matakuliahnya. Ribet kan? Ya namanya juga kuliah ya kan.

Nah itu dia 3 hal penting yang harus kamu persiapkan untuk menyambut atau memasuki semester baru. Nah berhubung baru pergantian tahun, SELAMAT TAHUN BARU 2019, semoga kita semua menjadi pribadi lebih baik di tahun ini yaa. Ingat, selama liburan ini kumpulkan semangat kamu untuk memulai semester baru.

Tentang Penulis

Arum Sekar Wangi

Fakultas Pertanian - Agroteknologi - '17
"Let's change the world to be a better place for us❤"