Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Rahasia Merapikan Caption Instagram Tanpa Ribet!

Hallo para penghuni Bumi. Pernah gak sih kalian buat tulisan atau seringnya di sebut Caption di Instagram? Ya jaman sekarang siapa sih yang gak pakai aplikasi satu ini, jika pun ada yang belum menjadi pengguna pasti hanya sebagian kecil dari penduduk bumi saja ya kan.

Nah, biasanya kalau yang suka bikin caption di postingan instagram, baik foto ataupun video pasti pernah mengalami kejadian ini. Misalnya, saat spasi dan enter di caption menjadi tak beraturan. Yang harusnya paragraf terpisah malah jadi satu dong yah. Akhirnya untuk mengakali, kamu harus gunakan tanda titik tiap kali enter paragraf. Contohnya seperti dibawah ini.

Kadang risih juga gak sih? Pengennya caption keren yang susah payah kita buat tuh rapi tanpa titik yang berhamburan sana-sini. But, don’t worry be happy. Nih, penulis mau share tips dan trik supaya Caption kamu tetap terlihat apik nan cantik. Yuk simak uraiannya dibawah ini.

1. Yang Pertama

Nulis di instagram tuh kayak nulis kalimat sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Kalau sudah kasih tanda TITIK, ya nggak usah pakai SPASI lagi. Langsung saja ENTER 2X. Kenapa? Karena di sistem tuh kalau ada spasi di depan titik, artinya akan ada kalimat lanjutan. Maka caption di Instagram kamu bakal jadi tersambung antara paragraf satu dan lainnya.

 

2. Yang Kedua

Tidak boleh ada lebih dari satu tanda baca yang berurutan. Kalau diakhir kalimat mau pakai tanda SERU, ya udah pakai tanda SERU saja satu kali lalu kamu klik ENTER 2X. Tapi kalau kamu pengen diakhiri oleh tanda baca double, misal seperti ???!!!!, maka jangan langsung di enter. Setelah penggunaan tanda baca kamu harus memberi SPASI terlebih dulu, baru deh kasih TITIK terus silakan klik ENTER. (Paham???!!! .)

Tapi cara kedua ini nggak berlaku buat dialog dalam caption yang pakai tanda petik, dia nggak bisa ada di awal kalimat. Kecuali diatas kalimat kamu berikan TITIK terlebih dulu. Misal :

.

“Paham ya?” Tanya saya. “Okay, kita lanjut ya!”.

 

3. Yang Ketiga

Kalau awal paragraf kamu diawali oleh tanda @ atau #  maka akhir kalimat sebelumnya bisa bebas mau kamu kasih tanda TITIK, SERU, TANYA, atau dikosongkan juga nggak akan berpengaruh. Kenapa? Karena @ dan # bukan tanda baca. Misal :

@anakuntaddotcom

#komunitasanakuntad

Oh iya, kalau di belakang kalimat diatas nggak ada tanda baca sama sekali, tanpa diapa-apain juga bisa di ENTER kok, tanpa harus takut susunan kalimatnya jadi berantakan.

 

Tapi kalau kamu nggak mau ribet tanpa harus belajar alogaritma Instagram. Penulis punya tips dan trik terjitu.

 

4. Yang Keempat

Kamu bisa cek web pretty-caption.com. Nah, caranya gampang banget, kamu hanya perlu siapkan caption secakep mungkin, dengan spasi, enter dan tanda baca normal. Terus silakan kamu copy paste ke alamat web tadi, dan captionmu akan siap untuk diposting.

 

Tips dan trik ini penulis dapatkan dari salah satu rekan di program @30haribercerita kebetulan si Doi yang share ini, boleh cek aja langsung Instagramnya @awalitaufiqi.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Syarifah Suad Saleh Al idrus

Chief Marketing Officer dan Jurnalis anakUntad.com 2017/2018.