Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini

4 TENANT KARYA ANAK DAERAH INI BERHASIL LOLOS PBBT 2019

Ditulis Oleh Arum Sekar Wangi

Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Sulawesi tengah mengadakan diskusi startup bersama beberapa komunitas beserta pemaparan materi oleh 4 tim tenant yang lolos seleksi dan menerima dana bantuan dari KEMENRISTEKDIKTI dalam PBBT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi) 2019.

Senin (18/3), diskusi ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (PERINDAG) Provinsi, Bapak Moh. Arif. Beliau memaparkan bahwa dari puluhan tenant yang mengajukan karya dan ide mereka dalam PBBT 2019, hanya 4 tenant yang lolos setelah tahap pemaparan di Kemenristekdikti.

Keempat tenant ini merupakan bagian dari naungan IBTI (Inkubator Bisnis Teknologi Industri) Maleo Techno Center yang telah berdiri sejak tahun 2013. IBTI Maleo Techno Center merupakan bagian dari IBT, yaitu sebuah program yang dikelola oleh Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi pada Kementerian Riset,Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Dilansir dari Risetdikti, IBT bertujuan untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan yang berbasis teknologi. Program IBT diwujudkan dalam bentuk instrumen kegiatan berupa pendanaan, pelatihan, dan asistensi bagi inkubator dan tenant (perusahaan pemula) yang dilaksanakan melalui sistem kompetisi/seleksi.

Selama program ini dilaksanakan telah dihasilkan sejumlah inkubator, dan tenant yang lulus memenuhi persyaratan untuk menerima pendanaan, pelatihan, dan asistensi dari program IBT. Karya dari putera-puteri daerah sulawesi Tengah yang lolos PBBT 2019 ini yaitu Lab Gudang, IFLAPOR, Sahabat Care dan WO2K.

1. LabGudang

LabGudangmerupakan Home Industry Electronic yang berawal mula dari sering terjadinya pemadaman lampu, baik di kota Palu sendiri maupun daerah-daerah lain, yang kemudian berlanjut pada penggunaan generator. Untuk memudahkan masyarakat, maka LabGudang memproduksi alat, salah satunya adalah ATSAMF yang berfungsi untuk merubah sistem generator dari sistem manual menjadi otomatis. Alat ini tentu saja sangat berguna bagi kehidupan masyarakat, sehingga tidak perlu repot repot untuk menyalakan generator menggunakan sistem manual.

 2. IFLAPOR

IFLAPOR merupakan sebuah aplikasi yang berawal mula dari keresahan masyarakat mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar, namun sering kali tidak tersampaikan ke pemerintah karena salah media. Oleh karena itu, IFLAPOR berfungsi sebagai perantara antara masyarakat kepada Pemerintah maupun sebaliknya. IFLAPOR sendiri sudah bekerja sama dengan beberapa Dinas Kepemerintahan yang ada di kota Palu, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan.

3. W02K

WO2K, memproduksi sebuah alat yang dapat menghmat pengunaan bahan bakar Mobil. Alat ini sudah teruji mampu menghemat BBM sebesar 25-30%. Profit yang didapatkan dari alat ini juga sangat menguntungkan.

4. Sahabat Care

Sahabat Care, merupakan sebuah aplikasi (yang saat ini baru tersedia di Play Store) yang bergerak dalam jasa pelayanan kesehatan online. Sahabat care sendiri muncul dikarenakan banyaknya pengangguran perawat dan bidan. Selain untuk membuka lapangan kerja, sahabat Care berperan dalam pelayanan kesehatan berbasis online, yang berarti mampu berinteraksi dengan masyarakat, khususnya ibu dan anak yang memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar dunia kesehatan. Sahabat Care juga menyediakan jasa pelayanan kesehatan langsung ke rumah pasien, dengan jumlah biaya yang langsung tertera pada aplikasi.

Sebagai penutup, Bapak Kepala Dinas menambahkan bahwa agar kedepannya industri-industri yang ada di provinsi Sulawesi Tengah dapat terus berkembang,  dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga mampu bersaing di kancah Nasional maupun Internasional.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

 

Tentang Penulis

Arum Sekar Wangi

Fakultas Pertanian - Agroteknologi - '17
"Let's change the world to be a better place for us❤"