Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

TIPS MENGERJAKAN LAPORAN DENGAN MUDAH!

Ditulis Oleh Arum Sekar Wangi

Sebagai manusia yang berstatus Mahasiswa, laporan tuh udah kayak makanan sehari-hari. Bisa aja sehari dapat 3 laporan, buset udah kayak orang minum obat aja. Tapi masalahnya, Laporan kedatangannya tidak pernah diinginkan, kayak kamu yang enggak diinginkan Doi, HAHAHA. Siapa sih yang suka ngabisin waktu depan laptop cuman buat ngetik Pendahuluan sampai Daftar Pustaka. Belum lagi kalau jurnal atau buku referensi nya ditentukan dari tahun berapa, Google aja sampai enggak bisa nyari kadang. Gimana sih caranya biar kita enggak tambah tua (read : kesusahan) saat mengerjakan laporan? Yuk baca tips-tips dibawah ini

1.Kerjakan secepatnya

Hoho, tentu saja ini tips pertama. Sebaiknya, laporan langsung dikerjakan setelah diberikan, jangan tunda-tunda. Kerjakan saat dia masih fresh from the oven, cielah. Jangan kerjakan pake SKS (Sistem Kebut Semalam) dijamin enggak bakal bagus dan benar laporan kamu. Intinya, kerjakan sebelum Deadline!!

 2. Rajin-Rajin main ke Perpustakaan

Di jaman sekarang, ketika era teknologi sudah sangat canggih, sambil makan somay pun kamu dapat mengakses internet untuk mencari referensi untuk tugas kamu. Namun ingat, secanggih-canggihnya Google, tetap aja kamu butuh buku. Enggak semua materi yang kamu butuh ada di Internet sayang, percaya deh, aku sampai benci mbah google kadang. Rajin-rajin deh ke perpustakaan, cari buku yang berkaitan dengan materi yang kamu butuhkan, kalau enggak sempat, pinjam bawa pulang. Jangan dirusak,dilipat atau bahkan dijual tapi. Eh, di perpustakaan juga ada Wi-Fi loh, jadi sembari kamu mencari materi di buku, kamu juga dapat mengakses Internet untuk mencari tunjangan materi secara gratis. Sedaaap betul, “a” nya ada tiga.

3. Dengarkan Lagu

Ini poin yang sangat saya suka, wkwkwk. Saat mengerjakan tugas dan diiringi dengan lagu, itu kayak ada semangat tambahan. Kamu bisa karaokean sembari mengerjakan Laporan, atau bahkan berjoget ria kalau lagunya emang enak, hahahaha. Mendengarkan lagu saat mengerjakan laporan membuatmu rileks dan lebih mudah berpikir.

4. Berhenti saat capek

Nah poin ini sangat berkaitan dengan poin pertama. Pasti, saat mengerjakan Laporan, kamu mencapai fase  lemah,letih,lesu sampai enggak bisa berpikir lagi, bawaannya mode senggol bacok. Nah jangan dipaksakan ya guys. Berhenti, tidur atau lakukan apapun yang mampu menenangkan diri kamu, menonton film atau membaca novel contohnya. Karena, kalau kamu udah capek, mau nulis daftar isi aja bawaannya susah betul. Maka dari itu, jangan kerjakan saat waktu deadline di depan mata. Kamu bahkan enggak punya waktu bernapas, apalagi istirahat sebentar.

5. Siapin cemilan

Kadang kita kalau udah fokus mengerjakan laporan, bawaannya Mager (Malas Gerak) aja, mau ke WC aja berat rasanya. Apalagi makan. Duh mahasiswa kadang lupa makan kalau lagi mengerjakan laporan. Walaupun udah di chat pacar atau gebetannya atau mantan yang ngebet pengen balikan, sampai nyepam di WhatsApp, tetap aja enggak bakal makan. Walaupun bagus juga, persediaan mie instan jadi enggak berkurang, wkwkwk. Oleh karena itu, siapkan cemilan. Seperti aneka makanan ringan, atau roti, donat (aduh jadi lapar) dan minum tentunya. Eh bagusnya lagi kalau Cokelat, Cokelat kan mampu menghilangkan perasaan gundah gulana yang kamu rasakan kalau laporan sudah sampai tahap hasil dan pembahasan.

6. Jauhkan Handphone, matikan data seluler

Walaupun kamu sudah menerapkan lima tips di atas, kalau poin ini belum, tetap enggak bakal selesai. Tau enggak Ponsel kamu itu kayak make pelet, dikit-dikit kamu liat. Ngetik 2 detik, main hp 2 jam, manusia emang. Apalagi kalau data seluleer kamu aktif, mulai deh tuh bales Chat di WhatsApp, buat story di Instagram. Hadeeh. Main Hp boleh, tapi ada waktunya ya shaayy.

Nah itu lah beberapa Tips dan Trik yang dapat saya bagikan kepada kalian. Semoga kita semua mampu mengerjakan laporan dengan baik.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

 

Tentang Penulis

Arum Sekar Wangi

Fakultas Pertanian - Agroteknologi - '17
"Let's change the world to be a better place for us❤"