Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini

Prodi Administrasi Publik Sukses Laksanakan Dialog Akademik

Ditulis Oleh Sugi Safitri

Palu – Dialog Akademik yang dilaksanakan Prodi Administrasi Publik (15/05/2019) sukses digelar. Bertempat di Ruang Senat, dengan tema “Peluang dan Tantangan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Dalam Konteks Birokrasi Pemerintahan dan Wirausaha”. Dialog Akademik ini betujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa Administrasi Publik tentang peluang dan tantangan yang akan terjadi dalam sektor birokrasi, swasta maupun kewirausahaan.

Kegiatan dimulai pukul 16.00 dan dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta hadir pula ketua prodi dan dosen-dosen Administrasi Publik. Para peserta kurang lebih 100 orang dan didominasi oleh mahasiswa Administrasi Publik. Terlihat mahasiswa begitu antusias mengikuti kegiatan ini walaupun dalam suasana bulan Ramadan.

Para pemateri diantaranya, Dr. Hidayat Lamakarate, M.Si selaku Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah membawakan materinya mengenai Birokrasi. Ternyata beliau adalah Sekertaris daerah provinsi termuda di Indonesia.  Beliau menyampaikan bahwa pelayanan birokrasi pemerintah sangat lemah karna adanya monopoli. Berbeda dengan swasta/Bank yang membutuhkan profit dalam pelayanannya. Sekda yang terkenal seorang birokrasi milenial ini juga mengatakan, secepatnya semua jajaran pemerintah provinsi dan pelayanan publik akan dilakukan dalam sistem online.

Pemateri kedua yang dibawakan oleh Karman Karim, S.H, M.H selaku pemilik Palu Grand Mall,  juga menjadi pembawa materi dalam dialog akademik kali ini. Beliau banyak melakukan sharing dan memotivasi untuk mahasiswa agar tidak takut terjun dibidang kewirausahaan. Beliau juga memberikan tips agar menguasi bahasa inggris. Karna itu adalah salah satu bentuk kesuksesan. Walaupun beliau sendiri tidak bisa berbahasa inggris.

Pemilik PGM ini juga menyampaikan bahwa pentingnya ilmu Administrasi. “Bisnis sangat berhubungan dengan administrasi. Yang bukan lulusan administrasi saja bisa sukses. Apalagi lulusan administrasi dan berbisnis. Keuntungannya bisa 10x lipat.” tutupnya.

Tentang Penulis

Sugi Safitri

Indoensia asli. Berusia 21 tahun. Bertempat tinggal di Palu, Sulawesi Tengah. Pecandu koneksi internet kecepatan tinggi.
"you're the apple off my eyes, my babby blue eyes" - ss.