Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Info Event Media Partner

Membangun Ketangguhan Mahasiswa Bersama Rumahberbagi.id

Ditulis Oleh Muh. Afrizal Apok

Minggu, 08 September 2019 berlokasi di Gedung Pogombo jalan Jenderal Ahmad Yani, Rumahberbagi.id sukses mengadakan Launching sekaligus Seminar Berbagi Inspirasi dengan mengangkat tema “Membangun Ketangguhan Mahasiswa.”

Rumahberbagi.id merupakan Lembaga social enterprice dan bagian dari Sejenakhening.com yang berfokus di bidang Pendidikan, kesehatan mental dan industri kreatif. Hal yang menarik dimiliki oleh Rumahberbagi.id adalah kamu bisa berbagi rasa apa saja disini tanpa takut akan mendapat penghakiman dan kamu akan diterima apa adanya dirimu serta didengarkan oleh para penjaga waras di rumahberbagi.id. hal tersebut didukung dengan adanya beberapa layanan rumhberbagi.id yaitu adalah Klinik Psikologi Berbagi, Social Organizer (Ruang Kita), dan Phi Design.

Rumahberbagi.id pertama kali mengadakan sebuah event Seminar Berbagi Inspirasi yang bertemakan “Membangun Ketangguhan Mahasiswa”, dengan hastag #TangguhKamuBisa. Menurut data dari Sejenakhening.com pada tahun 2018, tingkat prevalensi gangguan kecemasan dan depresi pada mahasiswa kota Palu tergolong tinggi. Berdasarkan dari kekhawatiran dan kepedulian atas problem tersebut, maka rumahberbagi.id menggagas pelaksanaan Seminar Berbagi Inspirasi ini dan berfokus kepada ketangguhan mahasiswa.

Karena banyaknya problem masa perkuliahan seperti merasa salah jurusan, Lelah dengan tugas kuliah yang menumpuk, tidak nyaman dengan dosen killer, susah beradaptasi dilingkungan kampus, tuntutan lingkungan sekitar, dan masih banyak lagi. Maka muncullah pertanyaan, “Kalau saya Lelah dan terjatuh dalam perkuliahan, seberapa tangguh saya untuk bangkit lagi?” Rumahberbagi.id berharap melalui seminar ini para mahasiswa yang hadir dapat menemukan jawaban versi mereka sendiri. 

Kegiatan Seminar Berbagi Inspirasi ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah, dan acara dibuka secara langsung oleh Asisten bidang Administrasi Umum dan Organisasi yaitu bapak Mulyono, S.E., AK, mewakili Gubernur Sulawesi Tengah. Seminar ini menghadirkan 3 pembicara lintas bidang yang berbagi pengalaman, ilmu dan inspirasi mereka tentang ketangguhan. Ketiga narasumbernya, yakni Yuni Amelia, M.Pd ( Dosen IAIN Kota Palu), I Putu Ardika Yana, M.Psi (Psikolog Klinis BNNP Sulteng), dan Dias Khinanthi, M.Si (Diplomat RI).

Dalam event ini, seluruh pembicara memberikan berbagai motivasi hidup mereka, jatuh bangunnya selama menjadi seorang mahasiswa, bahkan sampai mereka memiliki pekerjaan dan menjadi seperti sekarang. Terdapat beberapan kutipan yang menarik, yakni “Jatuh itu biasa. Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Nilai itu mudah diperoleh sedangkan pengalaman belum tentu”. Tidak hanya motivasi saja, mereka juga membagikan seluruh pengalaman-pengalaman hidup mereka yang bisa dijadikan pelajaran dalam mencapai mimpi atau cita-cita.

Sepanjang sesi Seminar berlangsung peserta antusias mengikuti jalannya kegiatan ini. Sebanyak kurang lebih 343 peserta terdata dari beberapa kampus di kota Palu, diantaranya Universitas Tadulako, IAIN Palu, Stikes Widya Nusantara, STIK IJ, Akper BK, Akbid Cendrawasih, dan Universitas Muhammadiyah Palu.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa/i yang hadir pada event seminar berbagi inspiratif tersebut dan harapan banyak peserta, kegiatan ini dapat menjadikan kegiatan tahunan dengan persiapan yang lebih matang dari kemarin. Setelah mengikuti kegiatan ini semoga semakin banyak mahasiswa di kota Palu yang menyadari ketangguhannya dan mau untuk menjadi sosok mereka yang lebih tangguh!

Tentang Penulis

Muh. Afrizal Apok

Nama saya Muh. Afrizal Apok. Saya lahir di Batui, 25 Nopember 1999. Saya adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Ayah saya bernama Aminuddin Apok dan ibu saya bernama Rahma. Saya telah menyelesaikan sekolah dasar di SDN PEMBINA BATUI pada tahun 2011. Setelah itu, melanjutkan ke sekolah menegah pertama di SMPN 1 BATUI dan selesai pada tahun 2014. Kemudian melanjutkan kembali pendidikan saya ke sekolah menengah atas di SMAN 1 BATUI dan selesai pada tahun 2017. Dan sekarang, saya sedang melaksanakan pendidikan di salah satu perguruan tinggi negri yaitu Universitas Tadulako Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Kimia