Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini

Info Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2020

Ditulis Oleh Nurhakiki B

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) serta Selesai Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk PTN berdasar nilai akademik saja atau nilai akademik ditambah prestasi lain yang ditetapkan oleh PTN. Seleksi SNMPTN dibiayai oleh pemerintah.

Pendaftaran SNMPTN kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, yakni peserta wajib memiliki akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Oleh karena itu, calon peserta terlebih dahulu melakukan registrasi akun.

Registrasi akun ini telah dibuka mulai Senin, 02 Desember 2019 sampai 07 Januari 2020.
Registrasi akun LTMPT harus dilakukan sekolah dan siswa untuk mengikuti SNMPTN 2020.

Sementara itu pendaftaran akun untuk SBMPTN dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilaksanakan pada 7 Februari 2020 hingga 5 April 2020.

Cara Registrasi Akun LTMPT

Sekolah dan siswa harus mengunjungi situs web :

portal.ltmpt.ac.id.

Syarat awal yang diperlukan untuk sekolah adalah dengan menginput Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan kode registrasi Dapodik/EMIS. Sementara itu syarat awal pendaftaran akun peserta adalah mengisikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

Alur Pendaftaran

  1. Membuat  akun LTMPT bagi semua calon pendaftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).
  3. Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah
  4. Pengumuman Peserta yang berhak untuk mendaftar SNMPTN
  5. Pemilihan PTN dan Program Studi dengan ketentuan : Pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN. Pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau Masing-masing satu prodi dalam dua PTN.
  6. Mengunggah Portofolio bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga.

Syarat Sekolah

  1. Memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
  2. Ketentuan pemeringkatan siswa SMA/MA/SMK menggunakan basis akreditasi dengan ketentuan: Akreditasi B : 25% terbaik di sekolahnya. Akreditasi C dan lainnya : 5% terbaik di sekolahnya
  3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

Syarat Siswa

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di PDSS Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS Peserta yang memilih program studi bidan seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
  3. Pemilihan Program Studi Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN Disarankan untuk tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Jadwal SNMPTN 2020

Berikut adalah jadwal pendaftaran SNMPTN 2020, dikutip dari laman LTMPT :

Peluncuran sistem PMB 2020 (jumpa pers) : 15 November 2019
Registrasi Akun LTMPT : 02 Desember 2019 sampai 07 Januari 2020
Pengisian PDSS, pemeringkatan siswa oleh sekolah : 13 Januari sampai 06 Februari 2020
Pengumuman siswa yang berhak untuk daftar SNMPTN : 13 Januari sampai 06 Februari 2020 (setelah sekolah melakukan finalisasi pengisian PDSS)
Pendaftaran SNMPTN : 11-25 Februari 2020
Pengumuman hasil SNMPTN : 04 April 2020 pukul 15.00 WIB
Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN lihat di laman masing-masing PTN.

Baca juga : Puisi : Selamat Hari Guru

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Nurhakiki B

Menulis adalah salah satu obat yang efektif menyembuhkan luka akibat patah hati karena dapat mengeluarkan emosi yang ada dalam pikiran.
Teruslah menulis apapun itu! Jangan takut jika tulisanmu tidak dibaca orang-orang, karena suatu saat pasti akan berguna.