Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini

Sosialisasi Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Program Kerja KKN

Rabu (21/10) bersama pemerintah desa, masyarakat, pemuda dan mahasiswa ikut serta dalam sosialisasi berbasis ekonomi kreatif.

Pada momentum kuliah kerja nyata (KKN), salah satu mahasiswa Universitas Tadulako, Andi Hardianti Nur melaksanakan sosialisasi pengembangan ekonomi kreatif sebagai langkah awal untuk meningkatkan perekonomian desa.

Di desa Soni sendiri mempunyai sumber daya alam yang melimpah seperti Kelapa. Maka dari itu untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mengelolah SDA tersebut, perlu adanya sosialisasi dan pendampingan dalam pelatihan pengelolaan sumber daya alam yang ada.

Andi Hardianti Nur, juga mensosialisasikan mengenai produk yang bernilai ekonomi yang telah ia buat yaitu fermentasi santan kelapa yang menghasilakan VCO (Virgin Coconut Oil). Fermentasi itu menyisakan sari santan yang selanjutnya dikelolah menjadi minyak kelapa murni. Setelah minyaknya jadi akan tersisa ampas yang bisa dikelolah menjadi sambal yang tentunya menjadi nilai jual.

Dengan hal itu wawasan masyarakat setempat terbuka dan pemerintah desa pun sangat mengapresiasi serta mendukung produk yang memiliki nilai tersebut. Rencananya produk lokal itu akan menjadi buah tangan masyarakat setempat yang tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Setelah kegiatan sosialisasi tersebut kepala desa, masyarakat, pemuda dan mahasiswa akan membentuk komunitas yang akan menindaklanjuti hal tersebut nantinya.

“Selain untuk meningkatkan ekonomi kreatif, saya berharap di desa Soni ini tidak ada lagi masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan, karena tujuan utama saya untuk membuat kegiatan ini serta merta ingin memajukan desa dan mengurangi tingkat pengangguran masyarakat serta pemuda yang putus sekolah dengan membuka lapangan pekerjaan. Apabila ekonomi telah maju, dan tidak ada lagi pengangguran hal itu akan menekan tindak kriminal yang ada di daerah” ucap Andi Hardianti Nur.

Di masa pandemi covid-19 ini, kebutuhan semakin meningkat dan banyaknya korban PHK, sehingga tingkat angka pengangguran semakin meningkat. Hal ini merupakan salah satu cara untuk membuka lahan pekerjaan baru yang berbasih ekonomi kreatif lokal.

Baca Juga SAATNYA UNTAD MENDUNIA MEWAKILI INDONESIA DALAM WUDC 2021 DI SEOUL, KOREA SELATAN

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 

Tentang Penulis

ANDI HARDIANTI NUR