Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Bisnis Mahasiswa

5 Bisnis Modal Kecil Yang Cocok Di Era Pendemi

Ditulis Oleh Amaluddin

bisnis di era pendemi

Merebaknya COVID-19 di dunia tentu memukul perekonomian semua Negara tidak terkecuali Indonesia. Krisis ekonomi menimpa hampir semua negara yang ada di dunia. Seberapa buruk dampaknya? Kita dapat melihat dengan meningkatnya jumlah pengangguran dan pelaku usaha yang gulung tikar akibat pandemi COVID-19 ini.

PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menjadi salah satu solusi yang dikeluarkan pemerintah guna menghentikan penyaluran virus. Pandemi COVID-19 menuntut semua orang untuk cepat menyesuaikan diri dengan pola kebiasaan yang baru. Contohnya, seperti para pekerja yang harus merubah kegiatannya menjadi Work From Home (WFH) dan kegiatan belajar mengajar di sektor pendidikan yang harus dilakukan secara online.

Walaupun banyak kegiatan yang tidak dapat berjalan seperti biasanya. Namun, kita harus tetap optimis untuk mengambil peluang usaha untuk menopang kebutuhan sehari hari. Berikut adalah jenis-jenis bisnis kecil kecilan yang layak dicoba pada masa pandemi COVID-19 untuk membantu agar tetap bisa menghasilkan uang:

Baca Juga:
Muslimah Needs, Bisnis Barang Original Langsung dari Arab

1.  Menjual Aneka Jenis Bunga

Akhir-akhir ini di masa covid 19 hampir semua ibu-ibu baik itu di daerah kampung ataupun daerah perkotaan, memiliki hobi menanam bunga. Tingkat kegemaran terhadap bunga menjadi sangat meningkat sehingga banyak yang ingin mengoleksi untuk memperindah suasana di rumah. Oleh karena itu bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk dicoba.

aneka Jenis Bunga

2. Menjual Masker

Penggunaan masker kini telah menjadi sebuah bisnis kecil-kecilan yang populer. Bukan hanya untuk orang yang sakit, tapi juga orang sehat. Berangkat dari situasi ini, menjual masker kain pun bisa menjadi ide usaha yang potensial dijalankan selama masa pandemi. Masker kain dengan berbagai motif yang lucu dan menarik juga memiliki banyak peminat, terutama dikalangan muda.

 

3. Menjual Hand Sanitizier

Menjaga kebersihan dengan menggunakan hand sanitizer juga menjadi sebuah kewajiban saat ini. Penggunaan hand sanitizer dengan kadar alkohol tertentu diyakini ampuh membunuh kuman. Karena peminatnya yang tinggi, maka bisnis ini juga dinilai menguntungkan di masa saat ini.

Baca Juga :
Simak, 5 Strategi Menjaga dan Mengembangkan bisnis di Era Pendemi

handsenitaizer

4. Membuka Usaha Makanan

Semua orang membutuhkan makanan apapun kondisinya. Karenanya, sektor ini pun bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi. Terlebih selama pandemi, sektor usaha makanan tetap diizinkan beroperasi, asalkan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh Gubernur.

5. Menjadi Desain Grafis

Jasa desain grafis bisa memiliki peluang bagus untuk diterapkan selama pandemi. Banyak individu atau lembaga yang membutuhkan konten visual untuk berbagai kepentingan. Jika Anda memiliki skill yang mumpuni di bidang ini, Anda bisa menjadikannya peluang sebagai bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan.

Pandemi COVID-19 turut mengubah kebiasaan lama dalam dunia usaha dengan memaksa para pelaku usaha untuk membuat inovasi. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah membuka usaha kecil-kecilan atau putar haluan dengan melakoni bisnis berdasarkan demand yang ada di masyarakart. Jualan hand sanitizer, masker, dan bunga turut menjadi bukti bahwa inovasi harus terus berjalan karena keadaan yang tidak pasti.

Sumber Referensi:
10 Usaha Sampingan Paling Prospektif saat Pandemi Covid-19

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 

Tentang Penulis

Amaluddin