Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Kamu Harus Tau : Pentingnya Membuat Usaha sendiri

Ditulis Oleh Geby Lakaiah

Banyak permasalahan yang muncul di tengah kehidupan remaja terutama mahasiswa terkait keuangan. Ya, terkadang banyak kebutuhan yang wajib diadakan tapi tidak terpenuhi karna 90% mahasiswa masih bergantung pada perekonomian orang tua. Tentunya ini menjadi salah satu alasan permasalahan beberapa mahasiswa sehingga harus mempunyai penghasilan sendiri, dilihat dari naik turunnya atau tidak menentunya penghasilan orang tua.

Salah satu anjuran untuk memperbaiki keuangan dan melengkapi kebutuhan hidup ataupun kebutuhan pendidikan yaitu dengan membangun usaha, baik usaha kuliner, jasa, atau bidang properti. Sudah banyak yang terbukti bisa menjadi Pelaku usaha yang sukses diusia muda atau berinvestasi untuk masa depan.
  1. MENGAPA HARUS BERBISNIS DI USIA MUDA?

Banyak Keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menjadi seorang pelaku usaha. Tidak terbatasnya ruang gerak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terlebih jika sedang jauh atau tinggal berpisah dengan orang tua. Keuntungan lainnya yaitu memiliki persiapan sendiri ketika dihadapkan dengan kebutuhan sebagai mahasiswa yang sering tiba-tiba. Berikut beberapa hal yang menjadi keunggulan ketika kita berbisnis di usia muda :

– Berinvestasi untuk masa depan

Jika pada suatu negara jaminan sosial sudah terjamin, maka wajib bagi diri kita untuk menjamin masa tua. Mengapa demikian? karena dengan berbisnis sejak usia muda terlebih kita yang sekarang hidup pada era teknologi informasi, pastinya dengan berjalannya waktu ketika berbisnis kita pasti tahu untuk memilah keuntungan dari suatu produk atau usaha yang kita dirikan. Contohnya, 20% keuntungan dari suatu produk yang sudah ditargetkan untuk biaya masa tua.

– Sebagai wadah pembelajaran

Pembelajaran yang dimaksud yaitu kita bisa melatih diri sendiri dalam managemant waktu, managemant keuangan, teknik marketing dan melatih asa sesuai dengan bidang yang digeluti.

­­­- Membantu memenuhi kebutuhan keluarga

                Seperti  kita ketahui sendiri keuangan dalam rumah tangga tentunya tidak menentu dan terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. But, dengan berbisnis kita bisa membantu melengkapi kebutuhan rumah tangga ketika perekonomian rumah tangga tersebut sedang mengalami penurunan drastis.

– Membantu berkomunikasi dan bekerja sama dengan sangat baik

                Membangun bisnis di usia muda juga mengajarkan kita untuk belajar membangun relasi dan bekerja sama dengan orang lain. Usaha yang kita bangun tentu saja membutuhkan bantuan dari orang lain, dengan membangun relasi dan komunikasi yang baik tentu selain membantu mengembangkan usaha juga membantu pengembangan diri.

  1. KAPAN KITA BISA MEMULAI BISNIS?

Beberapa pebisnis muda berpendapat :

“ Keadaan yang memaksa saya harus berbisnis, sebab jika tidak, saya tidak bisa makan” 

“Menurut saya, bisnis adalah kewajiban. Semakin bertambahnya usia, saya semakin takut untuk meminta kepada orang tua saya”

Nah, jika dari diri sendiri kita sudah siap mental, siap untuk jatuh, siap untuk menerima kritikkan dan siap untuk sukses maka kita sudah siap untuk memulai bisnis.

Banyak yang takut memulai bisnis karna sama skali belum mempunyai modal. Satu yang harus kita ketahui berbisnis dengan menawarkan jasa tidak menggunakan modal yang banyak. Bahkan apa yang kita anggap sebagai kelebihan dari diri kita bisa kita kembangkan menjadi suatu usaha. Yang bisa kita jadikan sebagai pegangan dan modal besar pada diri kita yaitu karna kita punya rezeki yang sudah diatur sebelum kita ada didunia ini.

Jadi, apa kalian siap jadi pebisnis muda?

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 

Tentang Penulis

Geby Lakaiah